Beda! Ada Kutil Kelamin Ringan dan Berat

Kutil Kelamin Ringan 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta –  Ada dua jenis kutil kelamin yang sering di bahas yaitu kutil kelamin ringan dan kutil kelamin berat. Kutil kelamin merupakan masalah kesehatan menular seksual yang di sebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus (HPV).

Kutil kelamin dapat muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk, terkadang mirip dengan kembang kol dan bisa pula datar. Meskipun ada lebih dari 100 jenis HPV, hanya tipe 6 dan 11 yang di ketahui menyebabkan penyakit kutil kelamin.

Baca Juga: Penanganan Kutil Kelamin Terbaik Oleh Ahli

Mengetahui perbedaan antara keduanya penting untuk memahami gejala, risiko, dan memilih pengobatan  mana yang tepat. Dan berikut adalah perbedaan antara kutil kelamin yang ringan dan berat serta bagaimana pengelolaan efektif dapat membantu mengatasi masalah ini.

Ciri-Ciri Kutil Kelamin Ringan

Kutil kelamin ringan cenderung berukuran kecil dan berjumlah sedikit bahkan bisa tidak terlihat dan tidak di sadari penderitanya. Mereka umumnya memiliki bentuk menyerupai kembang kol dan biasanya tumbuh dalam kelompok kecil yang terlokalisasi di satu area.

Kutil kelamin ringan juga cenderung tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan. Sehingga beberapa mungkin akan mengabaikan kemunculannya. Selain hal tersebut, ciri lain dari kutil kelamin yang ringan juga berupa:

1. Lokasi umum kutil kelamin

Kutil kelamin ringan dapat muncul di sekitar area genital termasuk pada penis, vulva, vagina, dan anus. Pada beberapa kasus, kutil kelamin juga bisa muncul di mulut atau tenggorokan akibat aktivitas seksual oral.

2. Gejala terasa ringan atau asimtomatik

Gejala kutil kelamin ringan seringkali tidak terlalu terasa atau bahkan bisa tidak menyebabkan gejala sama sekali (bersifat asimtomatik).

3. Risiko penyebaran

Kutil kelamin ringan memiliki risiko penyebaran yang lebih rendah daripada kutil kelamin berat karena jumlah dan ukurannya yang terbatas. Namun, mereka masih bisa menular melalui kontak kulit ke kulit selama hubungan seksual.

Perbedaan dari 2 Kondisi Kutil Kelamin

Kondisi kutil kelamin berat seringkali lebih besar dan berjumlah lebih banyak daripada kondisi yang ringan. Mereka dapat berkembang dalam kelompok besar yang menyebar ke berbagai bagian area genital dan dubur pada bagian dalam.

Kutil kelamin berat juga cenderung lebih menonjol dan kasar pada permukaannya. Gejala kutil kelamin berat bisa lebih mengganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan. Beberapa merasakan gatal, perih, atau bahkan pendarahan jika kutil teriritasi.

Kondisi yang terjadi secara ringan dan berat biasanya terjadi ketika keluhan seperti penyakit kelamin kutil ini sudah di rasakan dalam jangka panjang. Jika tidak terobati, kondisi dapat menyebar dengan cepat dan menjadi lebih sulit di atasi tingkat keparahannya.

Kutil Kelamin Ringan 2Faktor yang Mempengaruhi Keparahan Kutil Kelamin

Ingat bahwa ada banyak jenis atau tipe HPV, dan sebagian besar infeksi HPV adalah bersifat infeksi berat. Dengan kata lain, kondisi keringanan yang di alami oleh orang yang terinfeksi bisa saja menjadi tanda awal.

Faktor yang mempengaruhi tingkat keparahan kondisi penyakit kutil kelamin bisa terjadi karena 3 hal, yaitu:

1. Jenis HPV yang menginfeksi

2. Kekebalan tubuh

3. Perilaku seksual

Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi virus HPV dan bisa menyebabkan kutil kelamin berat. Sedangkan, orang yang sering berganti pasangan seksual atau memiliki riwayat seksual tidak aman berisiko lebih tinggi terinfeksi HPV.

Dan tentu berkembangnya penyakit seperti kutil kelamin dari tahap yang ringan hingga berat. Mengetahui dampaknya pada kesehatan dan kehidupan seksual akan infeksi kutil kelamin ini maka perlu kesadaran untuk segera mencari bantuan medis.

Jika Anda mungkin memiliki gejala atau tanda-tanda kutil kelamin. Segera konsultasikan dengan profesional medis Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Baca Juga: Obat Dokter Kutil Kelamin tanpa Bedah!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta