Beginilah 5 Ciri Luka Herpes Genital, Lihat!

Ciri Luka Herpes Genital 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Ciri luka herpes genital muncul sebagai infeksi menular seksual (IMS) yang di sebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) atau tipe 2 (HSV-2). Penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang tidak nyaman dan dapat kambuh secara periodik.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Virus Herpes Kelamin, Simak!

Penting untuk dapat mengenali 5 ciri utama luka herpes yang muncul di area genital maupun sekitarnya agar Anda dapat segera mendapatkan perawatan tepatnya. Dan berikut adalah pembahasan lebih lanjut terkait kondisi tersebut.

5 Ciri Luka Herpes Genital

Setidaknya ada 5 ciri khas luka herpes genital yang perlu di waspadai oleh pria maupun wanita yaitu:

1. Luka Berair atau Berkubah

Luka pada area genital yang di sebabkan oleh herpes biasanya berbentuk kubah atau gelembung dan berisi cairan. Mereka dapat terasa gatal dan nyeri.

2. Rasa Gatal dan Panas

Sebelum luka muncul, banyak penderita herpes genital mengalami sensasi gatal atau panas di daerah genital. Ini dapat menjadi tanda awal bahwa infeksi sedang berkembang.

3. Luka Terbuka yang Melepuh

Ciri luka herpes genital umumnya juga terlihat seperti melepuh dan berisi cairan. Melepuh ini dapat pecah dan membentuk luka terbuka yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

4. Nyeri atau Terbakar saat Buang Air Kecil

Salah satu ciri khas herpes genital adalah nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Hal ini di sebabkan oleh iritasi pada luka yang terbentuk di sekitar area genital.

5. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Infeksi herpes genital juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha. Pembengkakan ini merupakan respons tubuh terhadap infeksi dan dapat di rasakan sebagai benjolan yang teraba di area tersebut.

Perhatikan dan cek area genital Anda, jika ada luka yang mengarah pada ciri-ciri seperti di atas atau Anda mencurigai infeksi herpes. Segeralah berkonsultasi dengan dokter berkompeten Klinik Utama Sentosa Jakarta guna diagnosa akuratnya.

Ciri Tambahan pada Herpes Genital

Selain memiliki ciri luka herpes genital yang terlihat secara fisik, gejala tambahan lain yang akan di rasakan oleh penderitanya juga bisa berupa:

1. Sakit Tubuh dan Demam

Beberapa orang dengan herpes genital dapat mengalami gejala flu ringan, seperti sakit tubuh dan demam, ketika sedang mengalami serangan herpes yang aktif.

2. Lesu dan Lemah

Infeksi herpes genital dapat membuat penderitanya merasa lelah dan lemah secara umum. Ini mungkin disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh terhadap virus.

3. Gejala Sistemik Lainnya

Beberapa penderita herpes genital juga melaporkan gejala sistemik seperti sakit kepala, nyeri otot, dan gangguan pencernaan.

Saat gejala telah berlangsung dalam jangka panjang dan menjadi kondisi yang mengganggu aktivitas keseharian Anda seperti di atas. Pastikan untuk tidak menunda konsultasi medis dokter kelamin di Klinik Utama Sentosa guna penanganan cepat dan tepat sesegera mungkin.

Ciri Luka Herpes Genital 2Pentingnya Pemeriksaan dan Pengobatan

Penting untuk di ingat bahwa tidak semua orang yang terinfeksi herpes genital akan mengalami gejala yang sama. Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi karena terdapat pada area yang tersembunyi dan tidak mengalami gejala yang nyata.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pemeriksaan adalah langkah penting guna tegaknya diagnosa dan pengobatan yang sesuai. Bagi yang mengalami ciri luka herpes genital, segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan Klinik Utama Sentosa menjadi solusi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan Anda perlukan.

Baca Juga: Berapa Lama Herpes Sembuh dan Apa Faktor Pengaruhnya?

Konsultasi Herpes Genital Dokter Kelamin Gratis

Perlu di catat bahwa herpes genital bersifat menular, tindakan pencegahan dan pengobatan dokter kelamin yang tepat hingga tuntas dapat membantu mengurangi risiko penularan. Dokter-dokter spesialis kelamin berpengalaman di Klinik Utama Sentosa siap memberikan perawatan komprehensif dan holistik bagi setiap pasiennya.

Dengan begitu, langkah penanganan akan jauh lebih tepat dan sesuai dengan kondisi serta kebutuhan pasien. Prioritas kepercayaan, kenyamanan, privasi pasien hingga biaya yang terjangkau juga menjadi bagian dari aspek layanan yang kami tawarkan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk berkonsultasi dengan dokter kami dan mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perawatan yang sesuai jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan.

Klik link yang tersedia untuk langsung terhubung dengan dokter secara pribadi melalui live chat maupun WA gratis 24 jam. Jangan tunggu sampai parah! Silahkan konsultasikan sekarang disini. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta