Deretan Pengobatan untuk Penyakit Herpes

Deretan Pengobatan untuk Penyakit Herpes

Pengobatan herpes sangat perlu Anda lakukan supaya penyakit tersebut tidak berubah menjadi komplikasi yang berbahaya.

Baca Juga : Yuk, Lakukan Pengobatan Herpes di Klinik Terdekat!

Pasti kalian akan bertanya-tanya apakah penyakit herpes dapat sembuh? Jawabannya adalah sampai sekarang ini belum menemukan obat untuk membunuh virus ini.

Pasalnya, virus dari penyebab dari penyakit herpes akan tetap hidup dan tidak bisa sembuh secara total.

Diagnosis

Melakukan diagnosis bisa berdasarkan gejala dan temuan klinis yang ada. Tetapi, beberapa kasus yang bisa menjadi ragu, contohnya adalah penampakan klinis sudah tidak terlihat jelas lagi.

Maka dari itu perlu sekali melakukan tes di laboratorium. Umumnya dokter akan mengambil jaringan dan cairan vesikel kulit.

Apabila melakukan pemeriksaan laboratorium gagal menemukan, maka pemeriksaan lain yang bisa penderita lakukan adalah pemeriksaan antibodi virus herpes simpleks.

Virus bisa terdiagnosis melalui pemeriksaan fisik, yaitu dengan mengecek bentuk luka serta menanyakan gejala yang muncul.

Tak hanya itu, untuk membantu proses diagnosis herpes supaya lebih akurat, bisa melakukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti:

1. Kultur herpes simpleks virus

Pemeriksaan ini dokter akan melakukannya dengan cara mengusap area kulit atau genital yang terkena infeksi.

Lalu, kemudian akan mengambil cairan genital atau cairan tubuh untuk di periksakan ke laboratorium.

2. Tes antibodi

Dengan mengambil sampel darah dari tubuh, yang kemudian dianalisis di laboratorium untuk memeriksaan keberadaan antibodi.

Metode Pengobatan untuk Penyakit Herpes

Pengobatan penyakit herpes bisa Anda lakukan hanya dengan berfokus untuk menghilangkan bekas lepuhan serta mencegah penyebaran virus.

Meski luka dan lepuhan bisa hilang dengan sendirinya, pengobatan bisa Anda lakukan untuk mengurangi komplikasi.

Melakukan diagnosis bisa berdasarkan gejala dan temuan klinis yang ada. Tetapi, beberapa kasus yang bisa menjadi ragu, contohnya adalah penampakan klinis sudah tidak terlihat jelas lagi.
Melakukan Pengobatan untuk penyakit herpes sedini mungkin sangat bagus untuk mengurangi risikonya

Sedangkan langkah untuk mengurangi nyeri yang timbul akibat virus tersebut, berikut adalah langkahnya, antara lain:

  • Minum obat pereda nyeri
  • Mandi menggunakan air hangat
  • Kompres kulit yang terinfeksi dengan air hangat atau air dingin
  • Memakai pakaian atau dalaman berbahan katun
  • Menjaga area luka tetap kering dan bersih

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Mengalami penyakit herpes, yuk ketahui untuk pengobatannya. Segeralah kunjungi klinik spesialis penyakit kelamin terdekat, serta menjalani beberapa pemeriksaan pada bakteri tersebut.

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Baca Juga : Biaya Pengobatan Herpes di Jakarta Utara

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |
Meuthia Lathifa menggemari dunia media sosial, telah berkecimpung dalam bidang penulisan dalam beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar kesehatan sebagai Content Writer di Klinik Sentosa. Kepoin IG Meuthia di @yxmthifa
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta