Benarkah Kutil Kelamin Bisa Sembuh Permanen? Begini Penjelasan Dokter

kutil kelamin bisa sembuh 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Banyak individu yang bertanya, apakah kutil kelamin bisa sembuh secara permanen dan tidak kambuh lagi.

Ya, mungkin banyak individu yang bertanya-tanya terkait kondisi ini. Pasalnya, pada beberapa kasus kutil kelamin dapat kambuh kembali setelah menjalani pengobatan.

Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan secara akurat terkait pertanyaan, apakah kutil kelamin bisa sembuh secara permanen? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Kutil Kelamin?

Sebelum mengetahui apakah kutil kelamin bisa sembuh permanen, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu kutil kelamin.

Kutil kelamin, jengger ayam, atau kondiloma akuminata adalah penyakit menular seksual, yang dapat menyerang siapa saja yang aktif secara seksual.

Penyakit ini di sebabkan oleh virus Human Papillomavirus (HPV) tipe 6 dan 11, yang dapat menyerang area genital atau sekitar anus.

Kutil ini bisa berwarna kulit, putih, atau abu-abu, dan dapat berbentuk datar atau menonjol dengan permukaan yang terasa kasar.

Pada beberapa kasus, kutil kelamin tidaklah menimbulkan gejala apapun. Namun, jika menimbulkan gejala, penderitanya dapat merasakan beberapa gejala, seperti:

  • Satu benjolan kecil atau berkelompok yang muncul di area genital atau sekitar anus
  • Rasa gatal dan tidak nyaman di area yang terinfeksi
  • Perdarahan saat berhubungan seksual
  • Kutil menyebar ke area tubuh lain dan membesar

Jika mengalami beberapa kondisi tersebut, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Prosedur Pengobatan Kutil Kelamin

Pada umumnya, kutil kelamin bisa sembuh dengan beberapa prosedur medis yang hanya dapat di lakukan oleh profesional medis.

Berikut ini adalah beberapa prosedur pengobatan medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil kelamin, antara lain:

1. Pengobatan Topikal

Untuk mengatasi kutil kelamin ringan, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan topikal yang di oleskan langsung ke kutil.

2. Krioterapi (Pembekuan)

Prosedur ini di lakukan dengan menggunakan nitrogen cair untuk membekukan kutil, agar dapat dengan mudah di hancurkan.

3. Elektrokauter (Pembakaran)

Metode ini di lakukan dengan membakar kutil menggunakan arus listrik, yang mungkin akan menimbulkan rasa sakit.

4. Eksisi (Pengangkatan)

Jika kutil kelamin berukuran besar dan tidak merespon pengobatan lain, maka dokter mungkin akan melakukan prosedur eksisi (pengangkatan).

5. Sinar Laser

Prosedur ini biasanya akan lebih efektif untuk mengatasi kutil kelamin yang sulit dijangkau, atau tidak merespon pengobatan lain.

Penting untuk di ketahui bahwa kutil kelamin bisa sembuh tergantung pada kondisi masing-masing individu, termasuk ukuran kutil, lokasi, dan jumlah kutil yang muncul.

kutil kelamin bisa sembuh 2

Apakah Kutil Kelamin Bisa Sembuh Secara Permanen?

Dokter Klinik Utama Sentosa menjelaskan bahwa prosedur pengobatan hanya akan membantu menghilangkan kutil dan membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan.

Namun, infeksi virus Human Papillomavirus yang menyebabkan kutil kelamin, tidak dapat disembuhkan dan akan tetap berada di dalam sel-sel tubuh dalam keadaan tidak aktif.

Sehingga, pada waktu-waktu tertentu kutil kelamin dapat kambuh kembali, dan mungkin disertai dengan gejala yang ringan atau bahkan lebih parah.

Meskipun begitu, pengobatan tetap akan sangat diperlukan untuk mencegah penularan dan mengatasi ketidaknyamanan yang muncul akibat kutil kelamin.

Baca Juga: 5 Ciri Kutil Kelamin Anda Butuh Ditangani Segera, Jangan Ditunda!

Jalani Pengobatan Kutil Kelamin dengan Bantuan Dokter Terpercaya di Klinik Utama Sentosa

Meski kutil kelamin tidak bisa sembuh, tetapi pengobatan sangatlah di perlukan untuk mencegah penularan dan masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter dan menjalani pengobatan yang tepat di Klinik Utama Sentosa.

Dokter akan membantu memberikan saran pengobatan yang tepat, guna mencegah kutil kelamin kambuh kembali dan masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia melalui kontak Whatsapp yang tersedia.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tidak perlu khawatir atau ragu, layanan ini tersedia untuk memudahkan Anda mendapatkan informasi pengobatan yang akurat.

Selain itu, layanan ini juga dapat di akses selama 24 jam dan gratis, tanpa pungutan biaya apapun!⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, selalu pastikan dan percayakan kesehatan Anda dengan mendapatkan informasi akurat dari sumber yang tepat ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta