Cara Dokter Spesialis Kelamin Menangani Keputihan – Klinik Sentosa

Cara Dokter Spesialis Kelamin Menangani Keputihan - Klinik Sentosa

Keputihan merupakan kejadian yang sangat normal. Namun, ternyata bisa mengalami keputihan yang abnormal akibat tidak menjaga kebersihan vagina. Lantas gimana caranya agar keputihan abnormal dapat sembuh. Periksakan langsung pada klinik kelamin jika anda mengalami keputihan yang abnormal.

Lalu dokter spesialis kelamin akan melakukan pemeriksaan guna mencari tahu penyebab keputihan abnormal. Jika dokter SpKK sudah mengetahui penyebabnya, barulah menentukan pengobatannya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan Yang Gatal

Maka dari itu, cara terbaik untuk mengatasi keputihan dengan berkunjung ke klinik keputihan, agar bisa mengobati dengan tepat.

Keputihan

Klinik Keputihan

Apakah Keputihan Normal atau Tidak?

Keputihan adalah masalah yang paling sering terjadi dan mengganggu untuk sebagian besar wanita. Keputihan akan terjadi pada saat keluarnya cairan atau lendir vagina atau leher rahim.

Yang sebenarnya cairan atau lendir yang dikeluarkan secara alami merupakan bentuk dari tubuh menjaga vagina agar selalu bersih dan lembab, serta melindungi dari infeksi. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang membuat keputihan dalam kondisi abnormal.

Oleh karena itu, sangat penting para wanita untuk mengenali tanda keputihan normal dan abnormal supaya lebih peduli lagi akan menjaga kebersihan pada area kewanitaan.

Ciri ciri keputihan normal dan abnormal

Keputihan yang sering terjadi itu merupakan hal yang normal, tetapi ada beberapa keputihan yang dapat berbahaya bagi wanita. Seperti apa tandanya?

Normal

Keputihan merupaka kondisi normal atau yang bahasa dokter menyebutnya fisiologis yang sering terjadi pada tiap bulannya. Keputihan yang normal akan muncul pada saat menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi atau masa subur. Ciri-ciri keputhian normal ialah:

  • Keputihan yang normal berwarna bening dan transparan, atau bisa juga cair seperti air dan lengket.
  • Keputihan yang normal tidak berbau atau berbau menyengat.
  • Munculnya keputihan sangat dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga keputihan atau banyaknya keputihan alias cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan.
  • Selain itu, kondisi lainnya seperti hamil, menyusui, terangsang, minum pil KB, masa ovulasi, dan kondisi psikologis seperti stres bisa membuat keputihan lebih banyak keluar.

Abnormal

Sementara itu keputihan abnormal atau dokter menyebutnya keputihan patologis umum terjadi yang mengakibatkan infeksi oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit. Jika keputihan sudah dalam kondisi tak wajar, maka akan terjadi tanda seperti:

  • Menyebabkan gatal pada vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar.
  • Cairan kuning atau hijau
  • Konsistensi lebih kental
  • Menimbulkan bau tidak sedap

Baca Juga : Pilihan Obat Keputihan Gatal Berdasarkan Penyebabnya

Jenis keputihan abnormal ini merupakan salah satu tanda dari infeksi trikomoniasis yang pada umumnya menyebar lewat hubungan seksual. Jika membiarkan kondisi ini terlalu lama, maka akan membuat daerah vagina menjadi sangat tidak nyaman karena basah atau terasa basah.

Agar anda tidak merasa cemas dengan keputihan abnormal segeralah berobat pada klinik sentosa untuk peninjauan yang lebih maksimal.

Cara mengatasi keputihan

Beberapa langkah mengatasi keputihan abnormal, agar pengobatan dari dokter bisa cepat sembuh.

  • Bersihkan area kewanitaan dengan menggunakan air hangat dan sabun lembut. Lalu keringkan vagina dari vagina menuju anus untuk menghindari berpindahnya bakteri dari anus ke vagina.
  • Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat.
  • Hindari penggunaan produk pembersih vagina atau sabun yang mengandung pewangi. Penggunaan produk tersebut dapat membasmi bakteri baik pada vagina yang berfungsi melindungi vagina dari infeksi.
  • Hindari berendam atau mandi dengan air panas yang terlalu lama dan sering.
  • Segera ganti celana dalam atau celana saat basah, misalnya saat banyak berkeringat atau setelah berenang.
  • Ganti pembalut secara teratur selama menstruasi.
  • Menunda hubungan seksual sampai keputihan benar-benar hilang
  • Gunakan detergen tanpa pewangi untuk mencuci pakaian dalam dan bilas sampai bersih

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Sudah tahukan fakta mengenai Cara Dokter Spesialis Kelamin Menangani Keputihan – Klinik Sentosa agar anda dapat membedakan keputihan normal dan keputihan abnormal supaya jika terjadi akan langsung mendapatkan penanganan secepatnya.

Di Klinik Kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional yang melayani dengan ramah dan baik supaya pasien yang berobat merasa nyaman dan puas akan pelayanan yang kami berikan, serta alat medis yang lengkap.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Kelamin pada nomor yang tertera di atas karena kami memiliki fitur layanan konsultasi gratis secara online dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta