Cari Tahu Cara Mencegah Kencing Berdarah

Cari Tahu Cara Mencegah Kencing Berdarah

Cara mencegah kencing berdarah berarti Anda akan mengambil tindakan pencegahan terhadap penyakit yang menyebabkan darah muncul di urin Anda.

Baca Juga : Banyak Pilihan Pengobatan Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Hematuria terbagi menjadi dua, yaitu hematuria mikroskopis dan hematuria gross. Pada hematuria mikroskopis, penderita tidak dapat melihat darah dalam urin.

Sedangkan penderita gross hematuria dapat melihat warna urinnya kemerahan atau coklat karena adanya darah.

Hematuria umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jika darah berupa gumpalan, saluran kemih bisa tersumbat sehingga menimbulkan rasa sakit.

Untuk mencegah komplikasi berbahaya, periksakan ke dokter jika Anda mengalami kencing berdarah.

Kapan harus ke dokter

Periksa dengan dokter Anda jika Anda melihat darah dalam urin Anda, terutama jika Anda memiliki gejala lain, seperti sakit perut dan mual.

Perlu mengingat bahwa perubahan warna urine tidak selalu mengindikasikan hematuria. Namun, pemeriksaan ke dokter tetap lakukan agar penyebabnya dapat Anda ketahui dan mencegah terjadinya kondisi yang serius.

Diagnosis Hematuria

Untuk mendiagnosis hematuria, dokter akan melakukan tanya jawab seputar penyakit yang dialami pasien dan keluarga, serta mengonsumsi obat-obatan. Dokter juga akan menanyakan tentang warna urin, frekuensi buang air kecil, dan apakah ada nyeri dan gumpalan darah.

Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Selanjutnya, dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosa, yaitu:

1. Tes urin

Tes ini melakukannya dengan mengambil sampel urine pasien untuk dianalisis di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat darah pada urin, dan mendeteksi kemungkinan adanya infeksi atau kristal pembentuk batu saluran kemih.

2. Melakukan pemindaian

Pemindaian pada penderita hematuria bertujuan untuk memeriksa kondisi saluran kemih. Pemindaian dapat dilakukan dengan metode MRI, CT scan, atau USG.

3. Sistoskopi

Sistoskopi melakukannya dengan cara memasukkan tabung kamera melalui uretra. Tujuannya untuk melihat kondisi uretra dan kandung kemih lebih detail.

Hematuria terbagi menjadi dua, yaitu hematuria mikroskopis dan hematuria gross. Pada hematuria mikroskopis, penderita tidak dapat melihat darah dalam urin.
Beginilah Cara Untuk Mencegah Kencing Berdarah

Cara Mencegah Kencing Berdarah

Sulit untuk mencegah hematuria karena penyebabnya bervariasi. Namun secara umum, tindakan pencegahan berikut dapat Anda lakukan untuk menghindari penyakit penyebab hematuria:

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Berolahraga secara teratur
  • Makanlah makanan dengan gizi lengkap dan seimbang
  • Batasi konsumsi makanan asin
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi suplemen
  • Minumlah air yang cukup
  • Tidak menahan buang air kecil
  • Membersihkan alat kelamin setelah berhubungan badan
  • Jangan merokok

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Jika mengalami Kencing berdarah dan ingin mengetahui bagaimana cara mencegah hal tersebut, anda bisa tanyakan dengan dokter spesialis kelamin.

Maka carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Baca Juga : Berbagai Macam Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional dengan pelayanan ramah dan memuaskan untuk pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta