Penanganan Dokter Spesialis Infeksi Saluran Kemih

Penanganan Dokter Spesialis Infeksi Saluran Kemih

Sebelum kita mengetahui mengenai penanganan dokter spesialis infeksi saluran kemih, mari kita mempelajari tentang penyakitnya terlebih dahulu.

Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang paling sering terjadi di masyarakat Indonesia. Penyakit ini menjadi masalah kesehatan terbesar setelah infeksi saluran pernafasan.

Baca Juga : 5 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) Yang Berbahaya

Penderita penyakit ini berasal dari berbagai macam usia. Baik pria maupun wanita bisa saja mengalami ISK.

Biasanya, penyakit ini lebih banyak menyerang wanita. Karena letak uretra perempuan lebih pendek daripada laki-laki. Sehingga lebih mudah bagi mikroorganisme untuk mencapai kandung kemih lebih cepat.

Dokter Spesialis Infeksi Saluran Kemih

Dokter urologi atau urolog ialah dokter yang telah mengambil spesialis dan sudah mempelajari ilmu tentang sistem saluran kemih (urologi). Ilmu urologi ini adalah spesialis lain dari bidang kedokteran yang berfokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit saluran kemih.

Dokter spesialis urologi ini mengkhususkan diri dalam memberikan pengetahuan tentang cara merawat, mendiagnosis dan mengobati penyakit serta ganguan pada sistem saluran kemih.

Penanganan Dokter Spesialis

Dokter spesialis infeksi saluran kemih atau dokter urologi ini akan menangani pasien dengan memberikan antibiotik. Namun jika kondisi ISK cukup parah, dokter akan menyarankan pasien untuk rawat inap di rumah sakit demi mendapatkan penanganan efektif dan terapi obat-obatan lainnya.

Gejala ISK akan menghilang tidak lama setelah mengkonsumsi obat yang sesuai. Tetapi, kemungkinan kambuh penyakit akan terjadi apabila pasien tidak menghabiskan obat-obatan sesuai resep dokter.

Apabila, gejala ISK membuat pasien merasakan sakit dan nyeri yang amat sangat. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri. Segera periksakan kondisi Anda pada dokter ahlinya.

Penjelasan Mengenai Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah kondisi dimana terinfeksinya organ dalam manusia yang mana adalah saluran kemih. Saluran ini sendiri terdiri atas ginjal, ureter, uretra dan kandung kemih.

Umumnya, penyakit ini hanya menyerang uretra dan kandung kemih. Namun, tidak dapat dipungkiri kalau infeksi akan menyebar atau menyerang organ penting lainnya.

Penyebab terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) adalah masuknya bakteri ke saluran kemih melalui uretra dan tumbuh pada kandung kemih. Infeksi bisa jadi semakin parah jika Anda membiarkan bakeri tumbuh berkembang pada kandung kemih.

Dokter urologi atau urolog ialah dokter yang telah mengambil spesialis dan sudah mempelajari ilmu tentang sistem saluran kemih (urologi).
Penanganan dokter spesialis infeksi saluran kemih efektif untuk penyakit anyang-anyangan.

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Gangguan ini dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi pada saluran kemih. Sebelum hal itu terjadi, penderita akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut:

  • Rasa perih dan terbakar sekitar kemaluan saat buang air kecil
  • Anyang-ayangan atau merasa ingin sering buang air kecil
  • Nyeri pada bagian perut atau punggung bagian bawah
  • Urine terlihat berwarna gelap dan berbau tak sedap
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Demam dan sering merasa Lelah

Baca Juga : Banyak Pilihan Pengobatan Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Klinik Dokter Spesialis

Jangan ragu untuk mengunjungi dokter infeksi saluran kemih (dokter urologi) jika Anda mengalami masalah seperti yang seperti yang telah disebutkan. Dapatkan bantuan konsultasi secara gratis dari ahlinya melalui whatsapp.

Klinik Utama Sentosa Jakarta mempunyai dokter spesialis urologi dan staf yang berpengalaman dalam membantu pengobatan dan kesembuhan pasien. Kami akan membantu Anda dengan senang hati selama 24 jam.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta