5 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang Berbahaya

5 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) Yang Berbahaya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Apa saja gejala umum infeksi saluran kemih, mulai dari gejala awal hingga gejala yang berujung pada komplikasi?

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah gangguan umum pada saluran kemih akibat infeksi bakteri yang biasanya berasal dari kulit atau rektum.

Bila anda mengalami gejala ISK segera periksakan pada dokter spesialis kelamin terdekat anda.

Definisi ISK

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu kondisi dimana infeksi terjadi pada organ yang termasuk dalam sistem kemih yaitu ureter, ginjal, kandung kemih, dan uretra.

Umumnya infeksi menyerang dua bagian, yaitu uretra dan kandung kemih. Selain itu, infeksi ini dapat menyerang bagian yang lebih dalam dan yang paling umum adalah infeksi kandung kemih (cystitis).

Gejala umum Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih menyebabkan lapisan saluran kemih menjadi merah dan meradang (radang).

Kandung kemih memiliki beberapa sistem untuk mencegah infeksi. Namun, terkadang tubuh Anda tidak dapat melawan bakteri, yang mengakibatkan infeksi.

Jenis bakteri yang paling sering menginfeksi saluran kemih adalah Escherichia coli yang berasal dari saluran pencernaan.

Bakteri penyebab ISK pada pria dan wanita juga bisa berasal dari sekitar alat kelamin dan anus. Infeksi bakteri pada saluran kemih dapat menyebabkan gejala umum berikut.

Dorongan untuk buang air kecil terus-menerus

Saat terjadi infeksi, kandung kemih tidak dapat menampung urin secara optimal.

Kandung kemih akhirnya menjadi cepat penuh, membuat Anda merasakan keinginan untuk buang air kecil terus-menerus. Normalnya, frekuensi buang air kecil adalah 4-8 kali sehari.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan sering buang air kecil termasuk sistitis interstisial (radang kronis pada saluran kemih), dan sindrom kandung kemih yang terlalu aktif.

Kencing terasa panas dan perih (anyang-anyangan)

Nama medis untuk kondisi ini adalah disuria. ISK menyebabkan disuria yang dapat menyebabkan rasa sakit, terbakar, atau ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Nyeri juga bisa berasal dari kandung kemih, uretra, atau area antara alat kelamin dan anus. Oleh karena itu, kondisi ini disebut juga dengan anyang-anyangan atau sakit kencing.

Urin berdarah, berbau tajam, dan keruh

Jika urin berwarna keruh tanpa gejala lain, ini bisa menjadi tanda dehidrasi.

Namun, jika air seni Anda keruh di sertai rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil dan memiliki bau yang menyengat, ini bisa menjadi gejala infeksi saluran kemih.

Mengutip Cleveland Clinic, gejala infeksi saluran kemih juga bisa di sertai dengan munculnya darah dalam urin atau hematuria.

Darah dalam urin dapat di lihat dengan mata telanjang (hematuria kotor) sehingga air toilet berubah menjadi merah muda atau merah cerah.

Namun, darah dalam urin juga bisa tidak terlihat (hematuria mikroskopis) dan hanya bisa di deteksi melalui tes urin.


Kandung kemih memiliki beberapa sistem untuk mencegah infeksi. Namun, terkadang tubuh Anda tidak dapat melawan bakteri, yang mengakibatkan infeksi.
Ilustrasi Jika Terkena ISK

Kebocoran urin

Saat sistem kemih bekerja dengan lancar, biasanya Anda punya waktu untuk ke kamar mandi sebelum buang air kecil.

Namun, selama ISK Anda mungkin mengalami gejala inkontinensia urin. Kondisi ini bisa terjadi karena otot-otot yang menopang organ panggul melemah akibat pembengkakan.

Hal ini menyebabkan urin bocor atau Anda kesulitan menahan air seni.

Nyeri panggul pada wanita

Nyeri panggul adalah nyeri yang di rasakan pada perut bagian bawah, tepatnya daerah di bawah pusar (umbilikus).

Kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada salah satu organ reproduksi, yaitu di daerah panggul wanita.

Tidak hanya terjadi pada wanita, nyeri panggul juga bisa di alami oleh pria. Ini bisa menjadi gejala infeksi pada panggul atau organ dalam lainnya.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai 5 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) Yang Berbahaya yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

Referensi :

  • Halodoc, 2022 https://www.halodoc.com/kesehatan/infeksi-saluran-kemih
  • Hellosehat, 2022 https://hellosehat.com/urologi/infeksi-saluran-kemih/gejala-infeksi-saluran-kemih/
| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta