Edukasi Kesehatan: Pahami Cara Penularan Klamidia

cara penularan klamidia 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Memahami cara penularan klamidia adalah langkah penting dalam mencegah penyebaran infeksinya. Saat ini klamidia menjadi salah satu IMS yang paling umum di dunia, dengan jumlah kasus yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Bahaya Komplikasi Penyakit Kelamin Klamidia

4 Cara Penularan Klamidia

Ketika gejala muncul, mereka mungkin termasuk rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil, keluarnya cairan tidak normal dari vagina atau penis, rasa sakit pada hubungan seksual, atau nyeri pada bagian bawah perut pada wanita. Namun, penting untuk di catat bahwa klamidia dapat bersifat asimptomatik atau menunjukkan gejala yang ringan.

Klamidia dapat menular melalui beberapa cara. Berikut adalah beberapa 4 cara penularan klamidia yang perlu di pahami:

  1. Hubungan seksual vaginal

Klamidia dapat di tularkan melalui hubungan seksual vaginal tanpa penggunaan kondom dengan pasangan yang terinfeksi. Bakteri dapat masuk ke saluran reproduksi wanita dan menyebabkan infeksi pada serviks (leher rahim) atau organ reproduksi lainnya.

  1. Hubungan seksual anal

Penularan klamidia juga dapat terjadi melalui hubungan seksual anal. Kontak antara penis, anus, atau jari yang terkontaminasi dengan bakteri klamidia dapat mengakibatkan infeksi pada rektum.

  1. Hubungan seksual oral

Walaupun lebih jarang, klamidia juga dapat menular melalui hubungan seksual oral. Jika pasangan memiliki infeksi klamidia pada tenggorokan, penis, atau vagina, maka bakteri klamidia dapat di tularkan saat melakukan seks oral.

  1. Penularan dari ibu ke bayi

Seorang ibu yang terinfeksi klamidia dapat menularkan bakteri kepada bayi saat proses persalinan. Klamidia dapat menyebabkan infeksi mata dan infeksi saluran pernapasan pada bayi yang baru lahir.

cara penularan klamidia 2Efek Kesehatan dari Infeksi Klamidia

Meskipun dapat tidak menimbulkan gejala atau bahkan menunjukkan gejala yang ringan, klamidia dapat memiliki dampak serius pada kesehatan seksual jika tidak diobati. Oleh karena itu, pemahaman tentang klamidia, termasuk cara penularannya, menjadi penting untuk mencegah dan mengatasi infeksi ini.

Hal ini membuat banyak orang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi dan dapat menjadi sumber penularan bagi orang lain. Selain itu bakteri Chlamydia trachomatis dapat menginfeksi dan memberikan efek pada saluran reproduksi seperti:

  1. Uretra (saluran kencing)
  2. Serviks (leher rahim)
  3. Uterus (rahim)
  4. Tuba falopi (saluran telur)
  5. Rektum dan tenggorokan

Karena klamidia salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) dengan cara penularan yang cukup umum belakangan ini. Edukasi tentang kesehatan seksual yang baik, komunikasi terbuka dengan pasangan seksual, dan pemeriksaan rutin adalah bagian penting dari upaya pencegahan klamidia.

Baca Juga: Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kelamin Klamidia

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta