Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kelamin Klamidia

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kelamin Klamidia

Masyarakat Indonesia harus mengetahui pencegahan dan pengobatan penyakit kelamin klamidia. Agar dapat mencegah penyakit kelamin yang berbahaya seperti ini. Juga dapat mengobati penyakit ini untuk mencegah penularan kembali infeksi.

Pasien yang sudah membaik pun perlu melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan bahwa infeksi telah sembuh sepenuhnya. Hal ini sangat penting karena infeksi yang tidak sembuh sepenuhnya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Baca Juga : Faktor Risiko Klamidia pada Ibu Hamil

Penyakit Kelamin Klamidia

Klamidia adalah salah satu jenis infeksi kelamin yang penyebabnya adalah bakteri bernama Chlamydia trachomatis. Infeksi ini dapat menyebar melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang telah terinfeksi.

Klamidia dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius jika tidak mendapat pengobatan dengan tepat. Seperti penyakit radang panggul (PID), infertilitas, prostatitis, infeksi pada bagian kemaluan lainnya.

Penyebab

Bakteri Chlamydia trachomatis yang menyebar melalui hubungan seksual dengan seseorang yang telah terinfeksi. Bakteri ini dapat menyerang organ reproduksi pria dan wanita. Termasuk penis, vagina, rahim, saluran telur, dan prostat.

Gejala

Beberapa orang dengan infeksi klamidia mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Namun, tetap dapat menularkan infeksi ke pasangan seksual mereka.

Pada kasus yang jarang terjadi, infeksi klamidia dapat menyebar ke area lain dari tubuh. Hingga menyebabkan gejala seperti nyeri sendi, demam, dan sakit kepala.

Gejala pada Wanita

Namun, jika gejala muncul, gejala yang paling umum pada wanita termasuk:

  • Keputihan yang abnormal
  • Nyeri atau perdarahan saat berhubungan seksual
  • Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil
  • Perdarahan di luar periode menstruasi

Gejala pada Pria

Sedangkan pada pria, gejala klamidia meliputi:

  • Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil
  • Cairan dari penis
  • Nyeri atau pembengkakan pada testis   

Pencegahan Penyakit Kelamin Klamidia

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit klamidia, antara lain:

  • Menggunakan kondom saat berhubungan seks dapat membantu mencegah penularan infeksi klamidia dan infeksi kelamin lainnya.
  • Menghindari berganti-ganti pasangan seksual. Karena semakin banyak pasangan seksual yang Anda miliki, semakin tinggi risiko terkena infeksi klamidia dan infeksi kelamin lainnya.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur agar dapat mendeteksi infeksi klamidia sejak dini dan mencegah penyebaran infeksi.
  • Tidak berbagi alat kontrasepsi seperti kondom, diaphragma, atau spons spermisida dengan pasangan seksual lain karena dapat menyebarkan infeksi.
  • Mendorong pasangan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi infeksi dan mencegah penyebaran infeksi.

Pencegahan merupakan langkah yang lebih baik daripada pengobatan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan diri dan berprilaku seksual yang aman untuk mencegah terjadinya infeksi klamidia.

Klamidia dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius jika tidak diobati dengan tepat.
Terdapat banyak cara juga tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit kelamin klamidia.

Pengobatan Penyakit Kelamin Klamidia

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Dengan pergi ke dokter spesialis kelamin atau klinik khusus pengobatan penyakit kelamin.

Berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengobati infeksi klamidia dengan segera. Atau setelah dokter mendapatkan diagnosis untuk mencegah terjadinya komplikasi kesehatan yang lebih serius.

Infeksi klamidia dapat Anda obati dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati klamidia. Obat-obatan ini biasanya dokter berikan dalam bentuk pil atau kapsul yang diminum secara oral.

Pengobatan klamidia pada wanita hamil harus berada dalam pengawasan ketat oleh dokter. Karena beberapa antibiotik mungkin tidak aman untuk pasien konsumsi selama kehamilan.

Baca Juga : Bahaya Komplikasi Penyakit Kelamin Klamidia

Pada pasangan seksual yang terinfeksi klamidia, mereka juga harus dokter periksa dan mendapat obat untuk mencegah penularan kembali infeksi. Selama periode pengobatan dan hingga 7 hari setelahnya.

Dokter juga akan menyarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual untuk mencegah penularan infeksi. Silahkan berkonsultasi lebih lanjut ke Klinik Utama Sentosa yang berada di Jakarta.

Klinik yang berada di Kelapa Gading Jakarta Utara ini sudah berdiri sejak 2012 dan siap melayani keluhan seputar alat kelamin. Dengan bantuan dari tenaga medis ahli dan peralatan medis modern, klinik ini mampu menangani masalah organ reproduksi pasien.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta