Fakta Tentang Hymenoplasty (Operasi Keperawanan Wanita)

Fakta Menarik Tentang Hymenoplasty di Klinik Sentosa Jakarta

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Secara umum hymenoplasty atau operasi keperawanan wanita sebagai perbaikan atau rekonstruksi selaput dara yaitu prosedur pembedahan untuk memperbaiki selaput dara yang halus.

Hymenoraphy atau Hymenoplasty salah satu proses restorasi bedah pada selaput dara. Setiap wanita memiliki berbagai alasan untuk memulihkan keperawanannya.

Meski menjadi isu kontroversial di banyak negara, namun rekonstruksi selaput dara kini menjadi tren yang sangat populer.

Dalam kebanyakan budaya, selaput dara merupakan simbol keperawanan wanita. Selama berhubungan seksual secara umum selaput dara akan mengalami robek. Namun demikian, selaput tipis ini juga dapat robek selama kegiatan olahraga seperti menunggang kuda, senam atau bahkan penggunaan tampon.

Rekonstruksi selaput dara adalah perawatan yang sering di lakukan oleh sebagian wanita. Prosedur ini melibatkan pemulihan selaput dara ke bentuk aslinya.

Mengapa Memilih Melakukan Prosedur Perbaikan Selaput Dara ?

Sebagian wanita harus melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan prosedur dan perawatannya. Perbaikan selaput dara yang di lakukan dengan benar membutuhkan waktu dan tidak bisa terburu-buru. Dokter spesialis ahli kelamin atau ahli bedah melakukan secara maksimal prosedur Hymenoplasty.

Kesiapan secara mental dan fisik yang baik sebelum melakukan hymenoplasty untuk mendapatkan hasil terbaik. Semua porsedur dari ahli bedah sangat penting untuk pencegahan atau meminimalkan komplikasi.

Manfaat Operasi Keperawanan 

Manfaat bagi wanita yang pernah mengalami kerusakan vagina akibat hubungan seksual atau aktifitas fisik yang berat dengan melakukan prosedur yang aman dan non invasif serta proses jahitan dengan pengurangan jaringan parut dapat membuat bentuk selaput dara seperti bentuk aslinya dan tidak mampu mengembalilkan selaput dara sepenuhnya.

Jahitan yang terlalu dalam dapat menyebabkan perdarahan dan pembekuan darah. Selain itu, juga bisa mengalami keputihan yang tidak normal dan dengan pengobatan antibiotik. Perubahan selaput dara dapat terjadi karena adanya faktor hormonal dan usia

Selaput dara bisa menjadi tipis, dalam beberapa kasus hampir transparan. Seseorang yang akan melakukan operasi keperawanan mengharuskan dalam keadaan sehat dan menjelaskan sesuai kondisi penyakit yang terjadi.

Hymenoplasty tidak di anjurkan untuk wanita yang berusia 18 tahun. Selama proses penyembuhan sebaiknya jangan melakukan hubungan seksual maupun merokok. 

Di samping itu, operasi selaput dara ini sangat ideal bagi wanita yang mengalami robek selaput daranya selama hubungan seksual atau aktifitas fisik berlebih. Operasi ini cocok untuk wanita yang belum pernah melahirkan secara normal dan yang belum pernah hamil. 

Persiapan Untuk Operasi Keperawanan 

Sebelum melakukan operasi keperawanan, seseorang yang terbiasa merokok sebaiknya berhenti terlebih dahulou setidaknya 2 minggu sebelum hymenoplasty.

Merokok memiliki efek merugikan pada mikrosirkulasi karena hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan luka. Di samping itu, hal tersebut juga dapat merusak pembekuan alami tubuh dan menyebabkan komplikasi perdarahan setelah operasi.

Ilustrasi Dokter Spesialis Kelamin Wanita – Credit Image: sentosaklinik.com

Operasi hymenoplasty di lakukan dengan hati-hati serta di bawah anestesi pribadi untuk keselamatan yang maksimal. Setelah area yang akan di operasi mengalami ‘mati rasa’ maka proses pengangkatan jaringan selaput dara dapat lebih mudah. Ujungnya kemudian di satukan dan di jahit membentuk cincin kecil yang meniru selaput dara asli.

Selaput dara adalah selaput yang terletak di bagian bawah vagina, sebagian menutupi lubang vagina eksternal dan biasanya memiliki beberapa bentuk.

Pemulihan Setelah Perbaikan Keperawanan

Pemulihan bisa memakan waktu dari 1 hingga 2 hari, tetapi kemungkinan membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk selaput dara agar sepenuhnya sembuh.

Selama proses pemulihan sebaiknya hindari aktifitas berat selama 3 hingga 4 minggu.

Operasi ini tidak dapat mengembalikan selaput dara yang robek tetapi membantu merekonstruksi agar seperti bentuk aslinya, namun dapat terjadi perdarahan jika mengalami robek dalam satu kali.

Biaya Perbaikan Keperawanan 

Ada sejumlah faktor yang akan menentukan biaya keseluruhan dari prosedur perbaikan selaput dara. Saat konsultasi dengan dokter spesialis kelamin wanita biasanya akan memberikan informasi lengkap dan detail operasi ini. Perbaikan selaput dara sendiri dapat di kombinasikan dengan Labiaplasty atau Vaginoplasty.

Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis megenai operasi hymenoplasty. Anda juga dapat menghubungi klinik kesehatan terdekat yang sudah berpengalaman menangani operasi keperewanan ini dengan tenaga medis dan dokter ahli profesional, salah satunya di Klinik Sentosa Jakarta, klinik spesialis kulit dan kelamin.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta