Faktor Risiko Menentukan Akibat Cystitis Parah

Faktor Risiko Menentukan Akibat Cystitis Parah

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Akibat cystitis menimbulkan peradangan pada kandung kemih yang biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri. Meskipun biasanya tidak berbahaya, beberapa kasus cystitis dapat menjadi parah dan menyebabkan komplikasi serius.

Baca Juga: Obat Cystitis Pria Sesuai Prosedur Diagnostik

Pembahasan di bawah ini akan mengulas tentang faktor risiko yang dapat mempengaruhi tingkat keparahan cystitis dan dampaknya pada kesehatan.

Gejala Utama Akibat Cystitis

Gejala utama cystitis meliputi:

  1. Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  2. Frekuensi buang air kecil yang lebih sering
  3. Perasaan mendesak untuk buang air kecil walaupun jumlah urine yang dikeluarkan sedikit
  4. Urine yang berbau atau berwarna keruh

Cystitis adalah kondisi umum ISK yang terjadi ketika bakteri naik dan masuk ke dalam kandung kemih menyebabkan peradangan. Infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita karena anatomi uretra yang lebih pendek, memungkinkan bakteri lebih mudah masuk ke dalam kandung kemih.

Namun, pria juga dapat mengalami cystitis, terutama jika memiliki masalah prostat atau gangguan saluran kemih. Ketika bakteri masuk ke dalam kandung kemih dan berkembang biak, ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada dinding kandung kemih.

Perhatikan Akibat Cystitis Parah

Akibat cystitis dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan durasi infeksi. Beberapa akibat cystitis yang mungkin terjadi meliputi:

1. Infeksi Saluran Kemih Atas

Jika cystitis tidak di obati, infeksi dapat menyebar ke saluran kemih atas dan menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti pielonefritis, yaitu infeksi pada ginjal. Pielonefritis dapat menyebabkan gejala lebih parah (demam, mual, muntah, dan nyeri punggung).

2. Komplikasi pada Kehamilan

Pada wanita hamil, cystitis yang tidak terobati dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur atau komplikasi pada bayi.

3. Cystitis Hemoragik

Sebagian kecil kasus cystitis dapat menyebabkan perdarahan dalam urine, yang di kenal sebagai cystitis hemoragik. Kondisi ini dapat menyebabkan urin berwarna merah atau merah muda dan dapat menyebabkan anemia jika berlangsung lama.

4. Reaksi Alahan

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alahan terhadap infeksi bakteri yang menyebabkan cystitis. Reaksi ini dapat berupa gejala seperti ruam kulit, gatal, atau kesulitan bernapas.

5. Gangguan Kualitas Hidup

Cystitis berulang atau kronis dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berkepanjangan dan mengganggu kualitas hidup seseorang. Belum lagi gejala yang berulang dapat membuat seseorang merasa lelah, stres, atau cemas.

Akibat Cystitis 2Faktor Risiko yang Mempengaruhi Keparahan Cystitis

Berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat keparahan cystitis pada seseorang. Beberapa faktor risiko utama meliputi:

1. Usia dan Gender

Alasan wanita memiliki uretra yang lebih pendek di banding pria tentu dengan bukti klinis, akan tetapi setiap orang di segala usia berkesempatan untuk mendapat keluhan tersebut saat memiliki faktor risiko.

2. Riwayat Medis dan Kesehatan Umum

Individu dengan riwayat medis tertentu seperti diabetes, penyakit ginjal, atau gangguan sistem kekebalan tubuh, tentu dapat memiliki risiko lebih tinggi mengalami cystitis. Pengguna kateter urin juga berpotensi terkena cystitis.

3. Faktor-faktor Lingkungan

Kebiasaan buruk dalam perawatan pribadi seperti jarang mengganti pembalut saat menstruasi. Selain itu, paparan zat kimia atau radiasi tertentu juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih dan memicu cystitis.

Jika tidak terobati atau tidak di tangani dengan baik, cystitis yang parah dapat menyebabkan komplikasi serius. Misalnya penyebaran infeksi ke ginjal, pembentukan batu ginjal, rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gangguan pada kehidupan sehari-hari pasien.

Pengelolaan cystitis yang parah melibatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang efektif. Dokter akan melakukan sejumlah analisis dengan pemeriksaan fisik, tes urine. Dan jika perlu, tes penunjang seperti USG atau CT scan untuk menilai tingkat keparahan infeksi dan mencari tahu penyebabnya.

Secepatnya mencari perawatan medis jika mengalami gejala cystitis atau infeksi saluran kemih sangat di anjurkan. Pastikan berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Dampak Sistemik Cystitis Interstitial pada Tubuh

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta