Gejala Keputihan Trikomoniasis: Informasi Penting!

Gejala Keputihan Trikomoniasis 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering di alami oleh wanita, terlebih jika gejala keputihan trikomoniasis adalah yang terjadi. Karena beberapa jenis keputihan dapat menjadi pertanda adanya infeksi yang perlu di waspadai seperti kasus trikomoniasis.

Baca Juga: Mengatasi Trikomoniasis Pria dengan Tepat

Sebab itu dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa keputihan trikomoniasis perlu di waspadai gejalanya serta memberikan informasi penting seputar kondisi ini.

Apa itu Gejala Keputihan Trikomoniasis?

Keputihan adalah salah satu kondisi umum yang di alami oleh wanita. Meskipun keputihan biasanya merupakan hal yang normal dan sehat. Terdapat situasi ketika keputihan yang tidak biasa dapat menjadi pertanda adanya infeksi atau masalah kesehatan tertentu.

Salah satu infeksi yang perlu di perhatikan adalah trikomoniasis. Yang mana trikomoniasis ini adalah infeksi menular seksual (IMS) yang di sebabkan oleh parasit protozoa negatif bernama Trichomonas vaginalis. Infeksinya dapat mempengaruhi area genital wanita dan pria, tetapi gejala seringkali lebih jelas pada wanita dalam bentuk keputihan.

Keluhan seperti trikomoniasis biasanya menyebar melalui aktivitas seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Fakta penting yang perlu Anda ketahui juga adalah infeksi trikomoniasis akan memiliki kemiripan dengan infeksi Non-gonoccocal bahkan Gonoccocal (Gonore).

Tanda dan Gejala Keputihan Trikomoniasis

1. Keputihan yang Berubah

Salah satu tanda utama trikomoniasis adalah perubahan drastis dalam keputihan. Keputihan yang muncul akibat trikomoniasis seringkali sangat encer, berbusa, berwarna kuning atau hijau, dan memiliki bau yang tidak sedap.

2. Iritasi dan Gatal

Infeksi trikomoniasis dapat menyebabkan iritasi dan gatal pada area genital. Sehingga tidak jarang juga jika area labia akan mengalami kemerahan atau ketidaknyamanan.

3. Nyeri saat Buang Air Kecil

Beberapa wanita mungkin merasakan nyeri atau ketidaknyamanan berlebih saat buang air kecil.

4. Nyeri pada Hubungan Seksual

Hubungan seksual dapat menjadi menyakitkan atau tidak nyaman bagi wanita yang terinfeksi trikomoniasis.

Untuk kondisi keluhan trikomoniasis pada pria memang akan lebih bersifat asimtomatik, dimana gejalanya bisa sangat minim hingga tak terlihat. Hanya saja, bukan berarti kondisi ini bisa di abaikan dan hanya berisiko untuk penderita wanita.

Gejala Keputihan Trikomoniasis 2Mengapa Harus Mengenali Gejala Keputihan Trikomoniasis?

Mengenali tanda dan gejala trikomoniasis penting di lakukan, terlebih jika tandanya terkait dengan adanya keputihan abnormal pada wanita. Karena dengan mendeteksi trikomoniasis lebih awal. Wanita dapat menghindari komplikasi yang mungkin terjadi dengan mengobatinya tepat waktu.

Kedua, jika terinfeksi dan mengetahuinya maka akan membantu untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang di perlukan. Serta potensi masalah kesehatan reproduksi lain pada wanita juga bisa di hindari.

Hal ini terkait dengan komplikasi dan dampak kesehatan akibat trikomoniasis yang begitu nyata, seperti:

1. Penyakit Radang Panggul (PID)

Jika terinfeksi trikomoniasis yang tidak di obati dapat menyebabkan PID, yang dapat mengganggu kesehatan reproduksi wanita.

2. Infertilitas

Saat PID yang di sebabkan oleh trikomoniasis telah terjadi, artinya seorang wanita dapat mengalami masalah kesuburan.

3. Peningkatan Risiko Infeksi HIV

Individu yang terinfeksi trikomoniasis memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular HIV maupun penyakit kelamin lainnya.

Trikomoniasis dapat diobati dengan obat medis yang di resepkan oleh dokter. Penting untuk mengikuti petunjuk pengobatan dengan teliti dan melanjutkannya hingga selesai, meskipun gejalanya telah mereda.

Keputihan yang tidak biasa, terutama jika di sertai dengan gejala seperti keputihan yang berubah harus di waspadai sebagai infeksi trikomoniasis. Segera konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapat pemeriksaan dan pengobatan tepat dan efektif.

Baca Juga: Inkubasi Trikomoniasis, Dari Awal Infeksi Hingga Gejala

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta