Gejala Penyakit Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Kelamin Pria

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Gejala infeksi saluran kemih pada pria cenderung datang tiba-tiba. Infeksi saluran kemih pada pria juga bisa terkena sehingga perlu di ketahui penyebab dan gejalanya untuk meminimalisir risiko tersebut.

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri menginfeksi sistem kemih, seperti ginjal, kandung kemih, uretra, dan ureter. Kondisi ini memang lebih rentan menyerang wanita, tapi pria juga perlu waspada, ya!

ISK pada pria juga dapat menyerang prostat (di sebut prostatitis). Ini bisa terjadi jika bakteri berasal dari kandung kemih atau berasal dari aliran darah dan menetap di prostat.

Bakteri juga dapat berpindah ke salah satu ginjal, menyebabkan infeksi serius. Berikut sejumlah gejala ISK pada pria yang perlu Anda ketahui.

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Di kutip dari Harvard Health Publishing, gejala infeksi saluran kemih pada pria cenderung datang tiba-tiba dan menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil
  • sering buang air kecil
  • dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil (urgensi urin)
  • Nyeri di perut bagian tengah bawah, tepat di atas tulang kemaluan
  • Darah muncul dalam urin.

Jika tidak di obati, ISK dapat mempengaruhi ginjal dan menyebabkan rasa sakit di samping atau punggung yang tidak akan berubah bahkan jika Anda mengubah posisi. Gejala lain yang bisa muncul adalah demam, menggigil, mual, dan muntah.

Penyebab

Sebagian besar penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. coli) yang hidup secara alami di dalam tubuh. Bakteri ini dapat masuk ke saluran kemih melalui uretra, yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih melalui penis.

ISK pada pria jarang di sebabkan oleh hubungan seksual. Infeksi biasanya berasal dari bakteri yang ada pada saluran kemih pria. Infeksi saluran kemih pada pria lebih sering terjadi di usia yang lebih tua.

Salah satu alasannya adalah bahwa pria yang lebih tua berisiko mengalami pembesaran kelenjar prostat non-kanker yang di sebut hiperplasia prostat jinak. Prostat membungkus leher kandung kemih, di mana uretra terhubung ke kandung kemih.

Kelenjar prostat yang membesar dapat memberi tekanan pada leher kandung kemih, sehingga membuat urin lebih sulit mengalir dengan bebas.

Faktor lain yang juga meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih meliputi:

  • Tidak bergerak untuk waktu yang lama
  • Tidak minum cukup cairan
  • Pernah menjalani operasi saluran kemih
  • menderita diabetes
  • Tidak di sunat
  • Memiliki inkontinensia tinja
  • Melakukan seks anal yang membuat uretra mudah masuknya bakteri.

Cara mengobati infeksi saluran kemih pada pria

ISK yang menyebabkan disfungsi ereksi pada pria terjadi karena infeksi bakteri. Itu sebabnya, Anda membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya.

Obat penurun demam atau pereda nyeri juga dapat di berikan tergantung dari gejala yang muncul. Perlu di ketahui bahwa penentuan jenis antibiotik sebagai obat infeksi saluran kemih pada pria akan di sarankan oleh dokter ahli kulit kelamin.

Anda harus mengikuti anjuran dokter ahli kulit kelamin dalam mengonsumsi antibiotik. Sebab, mengonsumsi antibiotik secara sembarangan dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi antibiotik.

Namun, keduanya masih membutuhkan penelitian yang lebih luas. Anda sebaiknya tidak mengganti pengobatan dari dokter ahli kulit kelamin dengan obat herbal untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih pada pria.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Gejala Yang Di Dapat Pada Penyakit Infeksi Saluran Kemih Pada Pria yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

Referensi :

  • Halodoc, 2022 https://www.halodoc.com/artikel/gejala-infeksi-saluran-kemih-pada-laki-laki
| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta