Gejala Penyakit Raja Singa dan Ketahui Pencegahannya

Gejala Penyakit Raja Singa dan Ketahui Pencegahannya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penyakit raja singa (sifilis) bisa berkembang dalan beberapa tahapan dan gejala yang akan muncul tergantung dari tahapnya.

Baca Juga : Faktor Risiko yang Meningkatkan Terkena Kutil Kelamin

Akan tetapi tahapan ini bisa terjadi di saat bersamaan dengan munculnya tanda yang tidak selalu berurutan. Itulah mengapa, ada kemungkinan terinfeksi dan juga tidak merasakan gejalanya bertahun lamanya.

Gejala Penyakit Raja Singa (Sifilis)

Sifilis, atau penyakit raja singa, memiliki beberapa tahap dengan gejala yang berbeda-beda. Gejala sifilis dapat bervariasi tergantung pada tahap infeksi. Berikut adalah gejala yang umum terkait dengan setiap tahap sifilis:

1. Tahap Primer

Chancre, munculnya ulkus atau luka terbuka di tempat masuknya bakteri Treponema pallidum ke tubuh.

Chancre biasanya tidak menyakitkan dan dapat muncul di daerah kelamin, anus, atau mulut. Umumnya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

2. Tahap Sekunder

  • Ruam

Timbulnya ruam yang mungkin terlihat seperti bintik-bintik merah, kemerahan, atau lesi kulit yang melebar. Ruam ini biasanya tidak gatal dan dapat muncul di seluruh tubuh, termasuk telapak tangan dan kaki.

  • Lemas dan Kelelahan

Seseorang dapat merasakan kelelahan berlebih, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan penurunan berat badan.

3. Tahap Laten

Setelah tahap sekunder, penyakit raja singa dapat masuk dalam tahap laten, di mana seseorang mungkin tidak memiliki gejala yang terlihat.

Tahap ini bisa berlangsung selama beberapa tahun tanpa gejala yang terlihat. Namun, bakteri tetap aktif dalam tubuh dan dapat berkembang ke tahap selanjutnya.

4. Tahap Tersier

Komplikasi serius, jika sifilis tidak diobati, penyakit ini dapat berkembang ke tahap tersier. Melibatkan komplikasi serius pada organ dalam seperti jantung, otak, tulang, dan sistem saraf.

Gejala pada tahap ini sangat bervariasi tergantung pada organ yang terkena. Di antaranya bisa meliputi masalah neurologis, kelumpuhan, gangguan penglihatan, kerusakan jantung, dan gangguan mental.

Inilah Cara Aman untuk Pencegahan Sipilis

Ingin tahu seperti apa mencegah penyakit ini, simak cara-cara di bawah ini:

  • Melakukan aktivitas hubungan intim dengan baik
  • Hindari hubungan seksual yang berisiko dan jangan mengganti pasangan
  • Lakukan tes untuk PMS secara rutin
  • Mendengarkan edukasi dari dokter
  • Tingkatkan kesadaran agar tidak terinfeksi
Sifilis, atau penyakit raja singa, memiliki beberapa tahap dengan gejala yang berbeda-beda. Gejala sifilis dapat bervariasi tergantung pada tahap infeksi.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Sifilis (Raja Singa) Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Awasi Kutil Kelamin pada Pria dan Wanita

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta