Gonore di Mulut dan Infeksi Tenggorokan

gonore di mulut

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Meskipun biasanya di kaitkan dengan infeksi pada alat kelamin, perlu di ketahui bahwa gonore di mulut dan tenggorokan juga bisa terjadi. Ya, ini adalah kasus yang sama dengan gonore atau yang Anda kenal dengan kencing nanah.

Baca Juga: Masa Inkubasi Gonore Pria Wanita dan Faktornya

Dalam artikel ini kita akan menjelajahi penyebab gonore di mulut. Manifestasi klinis mungkin terjadi yang berhubungan dengan area mulut dan tenggorokan hingga bisa menyebabkan infeksi.

Fakta Gonore di Mulut, Gonore Faringitis

Infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae ini di tularkan melalui kontak seksual oral dengan pasangan yang terinfeksi. Perlu di garis bawahi juga bahwa sebenarnya gonore juga bisa di transmisikan melalui aktifitas ciuman intim.

Dalam kondisi ekstrim penularan juga bisa melalui alat makan (kasus jarang atau langka). Hal ini di karenakan media penularan bakteri gonore adalah melalui cairan tubuh. Ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang gonore faringitis ini, yaitu:

1. Identik pada Praktik Seks Oral

Praktik seks oral, baik memberikan maupun menerima dapat menjadi jalur penularan utama untuk gonore di mulut. Kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi seperti air mani, vagina, atau anus yang terinfeksi, dapat menyebabkan penularan gonore ke mulut.

2. Bersifat Asimptomatik

Penting untuk di catat bahwa seseorang dapat menjadi pembawa gonore faringitis tanpa menunjukkan gejala apapun. Hal ini dapat menyebabkan penularan tanpa di sadari, karena orang yang tidak memiliki gejala mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi.

3. Risiko Lebih Tinggi

Orang yang terlibat dalam seks oral memiliki risiko lebih tinggi terkena gonore di mulut. Risiko juga dapat meningkat jika seseorang memiliki pasangan seksual yang sering berganti-ganti atau memiliki riwayat infeksi gonore sebelumnya.

gonore di mulut 2Manifestasi Klinis Gonore di Mulut

Gejala gonore faringitis tentu akan berbeda dengan gonore di kelamin, namun setiap orang dengan gonore faringitis bisa mengindikasikan adanya infeksi gonore pada kelaminnya. Gejaja infeksi gonore pada area mulut dan tenggorokan dapat berupa:

  1. Nyeri atau sakit tenggorokan
  2. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  3. Perubahan suara
  4. Luka pada mulut atau tenggorokan
  5. Produksi dahak berwarna kuning kehijauan

Jenis infeksi gonore ini dapat menyebabkan penularan infeksi tanpa di sadari. Karena orang yang tidak memiliki gejala mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi dan dapat menginfeksi pasangan seksual mereka.

Gonore di mulut adalah penyakit menular seksual yang sama seriusnya dengan gonore kelamin. Deteksi dini, pengobatan yang tepat, dan praktik seksual yang aman adalah kunci dalam pencegahan penyebaran gonore di mulut dan infeksi tenggorokan.

Pemeriksaan fisik dan uji laboratorium dengan swab tenggorokan dapat di gunakan untuk mendiagnosis gonore faringitis. Peradangan parah akibat bakteri gonore bisa melibatkan kerusakan area mulut dan tenggorokan yang dapat menyebabkan komplikasi.

Segera cari dan hubungi penyedia layanan kesehatan yang tepat untuk penanganan keluhan tersebut. Waspada jika Anda mungkin termasuk orang yang berisiko terkena gonore faringitis dengan gejala sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh. Pastikan diagnosa dan pengobatannya dengan melakukan pemeriksaan langsung dokter.

Baca Juga: Berapa Biaya ke Dokter untuk Mengobati Gonore

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta