Gonore Kencing Bernanah, Ancam Kesehatan Reproduksi!

Gonore Kencing Bernanah-min

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Salah satu IMS yang umum adalah gonore atau kencing bernanah, Ini mempengaruhi pria dan wanita di segala kalangan. Gonore sendiri dapat memiliki ancaman serius terhadap kesehatan reproduksi.

Bakteri gonore akan mudah di temukan pada bagian tubuh penderitanya seperti area kelamin, tenggorokan, bahkan area rektum. Penyakit ini umumnya akan menginfeksi bagian saluran kemih terlebih dahulu sebelum akhirnya menyebar pada area bagian dalam organ reproduksi.

Baca Juga: Kondom Sebagai Pencegahan Gonore Terbaik

Artikel ini akan menjelaskan mengenai gonore yang menjadi penyebab kencing bernanah sebagai ancaman bagi kesehatan reproduksi.

Gonore Menyebabkan Kencing Bernanah

Gonore biasanya di tularkan melalui hubungan seksual berisiko dengan seseorang yang terinfeksi, baik dari transmisi langsung kulit ke kulit juga perilaku berganti pasangan.

Karena menyerang area saluran kemih biasanya penderita akan merasakan segala bentuk gejala infeksi saluran kemih (ISK).

Tentu saja gejala bertambah dengan adanya pengeluaran sekresi berwarna putih keruh maupun kuning kehijauan (nanah) pada saluran kemih. Untuk wanita pengeluaran sekresi biasa berbentuk keputihan yang tidak normal.

Haruskah Diagnosis dan Pemeriksaan?

Pengujian dan diagnosa gonore kencing bernanah melibatkan proses yang memang harus di jalani guna menentukan pengobatan apa yang tepat. Dokter akan memeriksa gejala yang muncul dan memeriksa sampel cairan dari uretra pria atau serviks wanita.

Sampel di dapat dari daerah yang terinfeksi pada pria di ambil dari uretra dengan cara menyisipkan swab kecil ke dalam saluran kemih. Pada wanita, sampel dapat di ambil dari serviks atau uretra.

Sampel yang di ambil akan di periksa secara mikroskopik di laboratorium untuk mendeteksi keberadaan bakteri Neisseria gonorrhoeae. Jika hasil pengujian menunjukkan positif infeksi, selanjutnya dokter akan merekomendasikan pengobatan yang tepat, biasanya dengan antibiotik.

Gonore Kencing Bernanah2-minAncaman Kesehatan Gonore (Kencing Bernanah)

Keluhan gonore atau kencing bernanah memang dapat di obati dengan antibiotik yang tepat. Karena obat jenis ini dapat di katakan mampu membunuh perkembangan bakteri dalam tubuh. Tapi pastikan jika Anda mengikuti instruksi dokter dan menyelesaikan seluruh dosis antibiotik yang diresepkan, meskipun gejala sudah hilang.

Ini untuk memastikan eradikasi bakteri dan mencegah perkembangan resistensi antibiotik. Kondisi terbalik tentu bisa menyebabkan ancaman keseshatan serius, misalnya:

Pada Pria:

  1. Epididimitis- peradangan pada epididimis, yakni saluran yang menghubungkan testis dengan vas deferens. Epididimitis dapat mengakibatkan nyeri dan pembengkakan pada skrotum. Jika tidak di tangani dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan dan infertilitas
  2. Prostatitis- peradangan pada prostat. Prostatitis akut dan kronis dapat menyebabkan nyeri panggul, nyeri saat buang air kecil, dan masalah seksual yang mempengaruhi kualitas sperma.

Pada Wanita:

  1. Penyakit Radang Panggul (PID) – Keluhan kencing bernanah yang naik ke saluran reproduksi wanita dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Mempengaruhi rahim, saluran tuba, dan ovarium meningkatkan risiko kehamilan ektopik dan infertilitas.
  2. Kehamilan Ektopik – Kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang di buahi menempel di luar rahim, biasanya di saluran tuba (hamil anggur). Ini berbahaya dan memerlukan perhatian medis segera, karena dapat menyebabkan pecahnya saluran tuba dan perdarahan internal yang mengancam nyawa.
  3. Infeksi Menurun Pada Bayi – ibu hamil dengan infeksi gonore juga dapat menyebabkan komplikasi pada janin. Termasuk peningkatan risiko persalinan prematur, infeksi pada bayi saat lahir, atau pengaruh perkembangan kondisi kesehatan yang serius pada bayi.

Penting untuk di ingat bahwa gonore atau penyakti kencing bernanah ini bisa di obati dengan tepat dan penanganan segera. Dengan begitu banyak komplikasi kesehatan reproduksi yang dapat di cegah.

Jika Anda mengalami gejala atau berisiko terkena infeksi gonore, segeralah berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat di Klinik Utama Sentosa Jakarta.

Baca Juga: Penyebab Gonore dan Komplikasi yang Timbul

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta