Hati-Hati Ternyata Ini Faktor Risiko Penyakit Sistitis

Hati-Hati Ternyata Ini Faktor Risiko Penyakit Sistitis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sistitis atau cystitis yang di alami perempuan aktif secara seksual atau menggunakan pengaman diagfragma merupakan salah satu contoh faktor risiko yang bisa terjadi.

Baca Juga : Beda Sistitis Wanita dan Pria, Perhatikan!

Bakteri E.coli adalah penyebab utama pada penyakit ini, padahal bakteri ini sebenarnya normal dan tidak berbahaya bila berada di usus. Berbeda cerita lagi bila masuk ke kandung kemih.

Kenapa bakteri ini mudah masuk ke kandung kemih wanita? Karena ukuran uretra pada perempuan lebih pendek di banding dengan pria bahkan letaknya hampir berdekatan dengan rektal.

Faktor Risiko serta Komplikasi yang Terjadi pada Sisititis

Sistitis adalah infeksi pada kandung kemih yang biasanya di sebabkan dari bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih.

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan bila seseorang mengalami sistitis adalah:

1. Jenis kelamin

Wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami sistitis karena uretra mereka lebih pendek di bandingkan dengan pria. Sehingga bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih.

2. Aktivitas seksual

Aktivitas seksual yang aktif juga bisa meningkatkan risiko sistitis karena bakteri dapat masuk ke dalam kandung kemih melalui uretra selama aktivitas seksual.

3. Kehamilan

Selama kehamilan, perubahan hormonal dapat membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih termasuk sistitis.

4. Obstruksi saluran kemih

Jika saluran kemih terhalang, seperti karena batu ginjal atau pembesaran prostat pada pria. Selain itu juga dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih.

5. Penyakit kencing manis

Diabetes dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih, termasuk sistitis.

6. Sistem kekebalan yang lemah

Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pada kondisi HIV atau setelah transplantasi organ. Dapat lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih termasuk sistitis.

7. Kandung kemih tidak dapat kosong sepenuhnya

Jika kandung kemih tidak dapat di kosongkan sepenuhnya. Seperti pada kasus pembesaran prostat pada pria, dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih termasuk sistitis.

Komplikasi Sistitis

Penyakit ini terkadang bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Terutama jika bakteri masuk ke dalam ginjal. Hal tersebut bisa menjadi pemicu jenis infeksi yang sangat serius.

Kenapa bakteri ini mudah masuk ke kandung kemih wanita? Karena ukuran uretra pada perempuan lebih pendek di banding dengan pria bahkan letaknya hampir berdekatan dengan rektal.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Sistitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Mari Kita Mengenal Sistitis Lebih Dalam

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta