Beda Sistitis Wanita dan Pria, Perhatikan!

Sistitis Wanita 1

Pembeda antara infeksi saluran kemih khususnya sistitis wanita dan pada pria adalah frekuensinya.

Ada lebih dari sekitar 50-60% kemungkinan terlahir sebagai seorang wanita meningkatkan kesempatan untuk mengalami infeksi saluran kemih (ISK) hingga sistitis setidaknya sekali dalam hidupnya.

Hal ini di karenakan faktor anatomi tubuh dari wanita itu sendiri, yang dimana saluran uretra wanita lebih pendek daripada pria, jarak antara anus dan pembukaan uretra wanita juga lebih dekat di banding pria.

Walau begitu, sebagian besar kasus penyakit ISK atau sistitis pada wanita masih bisa di sembuhkan dengan bantuan pengobatan dokter.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Vaginitis Wanita?

2 Penyebab Sistitis pada Wanita

Sistitis adalah penyakit kandung kemih yang dapat menganggu fungsi organ tersebut, dan penyakit tersebut dapat terjadi karena 2 hal yaitu:

  1. Infeksi

Paling sering infeksi di sebabkan oleh bakteri E. coli (bakteri yang ada di usus) masuk ke dalam kandung kemih melalui saluran uretra dan menyebabkan peradangan.

  1. Non-infeksi

Kerusakan fungsi atau iritasi terhadap kandung kemih dapat dapat menjadi faktor non-infeksi sistitis. Faktor lain juga berpengaruh misalnya konsumsi obat-obatan tertentu, radiasi, bahan kimia, aktifitas seksual, hingga penggunaan alat medis seperti kateter jangka panjang.

Pemeriksaan Sistitis untuk Pasien Wanita

Sebenarnya tidak akan jauh berbeda pemeriksaan sistitis untuk wanita dan pria, hanya saja ada beberapa pemeriksaan yang memang di lakukan dokter untuk pasien wanita adalah pemeriksaan panggul.

Dan pemeriksaan klinis lain yang bisa di lakukan antara lain:

  • Tes dan kultur urin
  • Hidrodistensi
  • Tes sensitivitas kalium
  • USG

Perawatan dokter akan di berikan tergantung pada tingkat keparahan dan penyebabnya. Karena terkadang sistitis dapat muncul dengan kondisi yang ringan hingga berat.

Jadi pastikan Anda bisa melakukan perawatan dokter disertai dengan perawatan berkala secara mandiri sesuai instruksi dokter ahli.

Sistitis Wanita 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Pengobatan Sistitis yang Dokter Lakukan

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta