Hematuria Kencing Berdarah Tanda Masalah Kemih

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Hematuria atau kencing berdarah, adalah kondisi medis yang seringkali memicu kekhawatiran mendalam. Ketika darah terlihat dalam urine, dapat menjadi tanda peringatan bahwa ada masalah serius pada saluran kemih atau organ-organ terkait.

Baca Juga: Tanda Gejala ISK, Tidak Boleh di Abaikan!

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang hematuria yang menyebabkan adanya keluhan kencing berdarah. Serta pentingnya diagnosis dan pengelolaan medis secara tepat yang di butuhkan.

Jenis-Jenis Hematuria Kencing Berdarah

Hematuria dapat di bagi menjadi dua jenis utama yang seringkali mungkin tidak banyak di ketahui oleh banyak orang. Berikut adalah 2 jenis klasifikasi pada keluhan hematuria, yaitu:

1. Hematuria Makroskopis

Pada jenis ini, darah terlihat dengan mata telanjang. Urine bisa berubah menjadi warna merah muda atau merah pekat, yang menjadi tanda jelas adanya perdarahan dalam sistem kemih.

2. Hematuria Mikroskopis

Jenis ini lebih sulit di kenali karena darah hanya terdeteksi melalui pemeriksaan mikroskop. Meskipun tidak terlihat oleh mata, adanya darah dalam urine masih bisa menandakan masalah kesehatan yang serius.

Indikasi Keluhan Hematuria atau Kencing Berdarah

Ya, tentu saja jika Anda menemukan kondisi seperti kencing yang di sertai dengan campuran darah maka perlu mewaspadainya. Hal ini di karenakan hematuria bisa menjadi gejala dari berbagai kondisi dan masalah kesehatan serius yang perlu perhatian medis.

Beberapa indikasi keluhan yang dapat menimbulkan kondisi seperti kencing berdarah antara lain:

1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi pada saluran kemih seperti kandung kemih atau ginjal dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan perdarahan.

2. Batu Ginjal

Batu yang terbentuk dalam ginjal atau saluran kemih dapat merusak jaringan dan menyebabkan darah muncul dalam urine.

3. Kanker Ginjal atau Kandung Kemih

Kanker pada ginjal atau kandung kemih dapat mengakibatkan perdarahan dalam urine.

4. Penyakit Ginjal Polikistik

Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan kista-kista di ginjal yang bisa merusak jaringan dan menyebabkan perdarahan.

5. Cedera Fisik

Trauma atau cedera pada area perut atau punggung dapat menyebabkan perdarahan dalam saluran kemih.

Indikasi keluhan-keluhan tersebut tentunya bukanlah masalah kesehatan ringan, karena kondisi seperti kencing berdarah tidak harus di biarkan dalam jangka panjang. Perlu adanya bantuan medis guna memastikan penyebab hingga diagnosa dan pengobatan yang di butuhkan.

Hematuria Kencing Berdarah 2Diagnosis dan Pengelolaan Hematuria

Ketika mengalami hematuria dengan adanya percampuran darah dalam urin, langkah pertama yang perlu di ambil adalah berkonsultasi dengan dokter.  Selanjutnya akan di lakukan pemeriksaan dan diagnosis.

Dalam diagnosis ini perlu di pahami bahwa dokter Anda mungkin akan melibatkan beberapa pertimbangan dalam penetapannya, misalnya:

1. Riwayat Medis dan Gejala

2. Pemeriksaan Fisik

3. Uji Laboratorium

4. Pemeriksaan Pencitraan

Pengelolaan hematuria akan tergantung pada penyebabnya. Pengobatan bisa mencakup pemberian obat-obatan untuk infeksi, prosedur untuk menghilangkan batu ginjal, atau terapi kanker jika kondisinya mengarah pada keluhan terkait.

Tindakan mandiri seperti menghidrasi tubuh dengan cukup konsumsi air dalam hal ini sangatlah penting. Selain mencegah kemungkinan ISK hal ini juga membantu dalam menjaga kesehatan sistem saluran kemih.

Kencing berdarah atau hematuria adalah tanda yang tidak boleh di abaikan begitu saja. Jika Anda mengalami hematuria, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengelolaan medis yang tepat.

Deteksi dini dan tindakan yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah masalah kronis lebih lanjut. Jangan tunda pemeriksaan atau segera konsultasi dengan dokter ahli urologi Anda di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Penyakit Kelamin ISK

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta