Tanda Gejala ISK, Tidak Boleh di Abaikan!

Tanda Gejala ISK, Tidak Boleh di Abaikan!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – ISK dapat memengaruhi bagian saluran kemih mana pun, tetapi paling sering tanda gejalanya terjadi di kandung kemih dan uretra. Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah kondisi medis yang terjadi ketika organ-organ saluran kemih seperti kandung kemih, uretra, ureter, atau ginjal, terinfeksi oleh bakteri atau mikroorganisme lainnya.

Baca Juga: Mengetahui Gejala Infeksi Saluran Kemih yang Terjadi

Perhatikan Tanda Gejala ISK

Memang ISK dapat terjadi pada siapa saja, tetapi ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami infeksi saluran kemih. Seperti menjadi seorang wanita, aktivitas seksual, menopause, hingga gangguan sistem kekabalan tubuh.

Sesorang perlu memperthatikan ISK saat tanda dan gejalanya sudah meliputi:

1. Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil

Sensasi terbakar atau nyeri saat buang air kecil adalah gejala paling umum pada ISK. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada dinding saluran kemih akibat infeksi.

2. Frekuensi buang air kecil yang meningkat

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan dorongan untuk buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. Anda mungkin merasa perlu buang air kecil dengan frekuensi yang lebih tinggi, bahkan jika jumlah urine yang keluar sedikit.

3. Perubahan warna atau bau urine

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan perubahan pada urine. Biasanya, urine dapat berubah menjadi keruh, berbau tidak sedap, atau memiliki warna yang tidak biasa, seperti merah muda atau kecoklatan.

4. Nyeri atau tekanan di daerah panggul atau perut bagian bawah

Beberapa orang dengan ISK mengalami nyeri atau tekanan di daerah panggul atau perut bagian bawah. Rasa sakit ini dapat bersifat tumpul atau tajam, dan bisa menjalar ke daerah punggung bawah.

Selain tanda gejala yang telah di sebutkan di atas, ISK juga dapat disertai dengan gejala lainnya, seperti demam, menggigil, kelelahan, mual, dan muntah.

Gejala ini mungkin terjadi jika infeksi sudah menyebar ke ginjal atau menyebabkan infeksi yang lebih serius. Lebih spesifik, tanda gejala ISK yang muncul pada pria dan wanita juga mempunyai ciri khas di antaranya adalah:

Gejala Tambahan pada Wanita

  1. Nyeri pada daerah perineum atau saat berhubungan seksual
  2. Perubahan pada siklus menstruasi
  3. Gejala khusus selama kehamilan

Gejala Tambahan pada Pria

  1. Nyeri atau sensasi terbakar pada uretra
  2. Pembengkakan atau nyeri pada testis
  3. Gejala prostatitis

Tanda Gejala ISK 2Alasan ISK Tak Boleh di Abaikan

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) tidak boleh di abaikan karena dapat menyebabkan komplikasi serius jika tak  di obati hingga tuntas dan tepat waktu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa gejala ISK tidak boleh di abaikan:

  1. Penyebaran Infeksi- Terlambat pengobatan infeksi dapat menyebar dari saluran kemih bagian bawah ke saluran kemih bagian atas, termasuk ginjal.
  2. Bakteremia- ISK dapat menyebabkan bakteremia, yaitu adanya bakteri dalam darah dan dapat membahayakan kehidupan.
  3. Komplikasi pada Kehamilan- Meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan, seperti infeksi ginjal, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan risiko infeksi pada janin.
  4. Peningkatan Risiko Batu Ginjal- Infeksi yang berulang atau kronis dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.
  5. Perburukan Kondisi Penyerta: Infeksi saluran kemih yang tidak diobati dapat memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada. Misalnya, pada pasien dengan diabetes.

Penting untuk mencari perawatan medis segera jika Anda mengalami gejala ISK atau memiliki kecurigaan infeksi. Dokter dapat mendiagnosis ISK melalui pemeriksaan fisik, analisis urin. Dan jika di perlukan tes tambahan seperti kultur urine atau pemindaian radiologi.

Dengan mengobati ISK dengan cepat dan efektif, Anda dapat mencegah kemungkinan komplikasi yang serius dan memulihkan kesehatan saluran kemih sesegera mungkin.

Baca Juga: Tips Pencegahan Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diketahui

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta