Herpes di Bibir Memang Bisa, Yuk Cari Jawabannya!

Herpes di Bibir Memang Bisa, Yuk Cari Jawabannya!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Herpes di bibir merupakan penyakit infeksi yang terjadi karena adanya virus herpes simplex tipe 1. Penyakit ini memiliki tanda ada luka lepuh di sekitar bibir.

Baca Juga : Bagaimana Ciri Herpes Akan Sembuh?

Penyakit ini umumnya menyebar karena adanya kontakan seperti berciuman dan juga berbagi alat makan dengan penderita. Penyakit tersebut bisa menginfeksi pada bagian mulut, bibir, gusi, dan juga lidah.

Seseorang yang pernah mengidap masalah ini bisa terkena kembali di kemudian harinya. Alasannya karena virus ini akan bertahan hidup di tubuh manusia di sepanjang umur orang yang terinfeksi.

Penyebab Herpes di Bibir

Herpes bibir disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1). Virus ini dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan lepuh atau luka pada bibir atau area sekitarnya.

Berikut adalah beberapa penyebab utama herpes bibir:

1. Kontak Langsung dengan Orang yang Terinfeksi

Herpes bibir umumnya ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang memiliki infeksi aktif.

Virus dapat menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit. Seperti saat mencium, berbagi alat makan, sikut gigi, berciuman, atau berbagi barang-barang pribadi seperti sikat gigi atau lipstik dengan orang yang terinfeksi.

2. Air Liur

HSV-1 dapat ditemukan dalam air liur orang yang terinfeksi. Virus dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan air liur, seperti berbagi gelas, sedotan, atau peralatan makan dengan orang yang terinfeksi.

3. Paparan pada Flare-Up

Ketika seseorang memiliki flare-up atau gejala aktif herpes bibir. Virus dapat dengan mudah menular ke orang lain melalui kontak langsung dengan lepuh atau luka yang terbentuk pada bibir atau area sekitarnya.

4. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Ketika sistem kekebalan tubuh seseorang melemah. Misalnya karena stres, penyakit lain, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Hal ini dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi HSV-1 dan kemungkinan timbulnya herpes bibir.

Cara Pencegahan Herpes Di Bibir

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah penyebaran herpes di bibir (herpes bibir):

1. Hindari Kontak Langsung

Hindari kontak langsung dengan orang yang memiliki lepuh atau luka herpes di bibir atau area sekitarnya.

Jangan mencium, berbagi gelas, peralatan makan, atau barang-barang pribadi dengan orang yang memiliki flare-up penyakit ini.

2. Jaga Kebersihan

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air hangat, terutama setelah menyentuh area yang terinfeksi atau menyentuh luka pada bibir. Hal ini membantu mengurangi penyebaran virus dari tangan ke area sensitif lainnya.

3. Hindari Sentuhan Area Bibir

Hindari menggaruk, menyentuh, atau memegang area mulut sekitarnya Anda jika Anda memiliki flare-up herpes bibir. Ini dapat membantu mencegah penyebaran virus ke area lain atau ke orang lain.

4. Jaga Kekebalan Tubuh yang Sehat

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melawan infeksi dan mencegah flare-up.

Pastikan Anda menjaga gaya hidup yang sehat dengan pola makan seimbang, istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan mengurangi stres.

5. Hindari Faktor Pemicu

Jika Anda menyadari adanya pemicu yang memicu flare-up, usahakan untuk menghindarinya.

Beberapa faktor umum yang dapat memicu flare-up termasuk stres, paparan sinar matahari berlebihan, kurang tidur, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Menghindari faktor-faktor ini dapat membantu mengurangi kemungkinan flare-up.

6. Gunakan Pengaman Saat Berhubungan Seks

Jika Anda memiliki herpes genital, penting untuk menggunakan kondom atau pengaman lainnya saat berhubungan seks.

Hal ini berguna untuk mencegah penyebaran virus ke pasangan Anda atau untuk mencegah penularan HSV-2 ke area bibir Anda.

7. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Hindari berbagi barang-barang pribadi. Seperti sikat gigi, lipstik, handuk, atau alat makan dengan orang lain untuk mengurangi risiko penularannya.

Penyakit tersebut bisa menginfeksi pada bagian mulut, bibir, gusi, dan juga lidah.

Seseorang yang pernah mengidap masalah ini bisa terkena kembali di kemudian harinya. Alsannya karena virus ini akan bertahan hidup di tubuh manusia di sepanjang umur orang yang terinfeksi.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Herpes Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Pelajari Jenis Herpes dan Dampak Resiko

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta