Kenali Jenis Herpes Pada Kulit

Kenali jenis herpes kulit

Ada berbagai jenis herpes kulit yang dapat menginfeksi kulit manusia. Herpes adalah jenis virus yang bisa menyebabkan infeksi.

Virus ini dapat meyerang pria juga wanita dari segara usia. Penyakit yang ditandai dengan gejala kulit kering, adanya luka bakar sampai melepuh juga berair.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang virus menular yang satu ini!

Baca Juga : Pengobatan Untuk Penyakit Menular Herpes

Jenis Herpes Pada Kulit

Ditemukan ada lebih dari 100 jenis virus herpes didunia. Namun beberapa diantaranya dapat menginfeksi manusia. Beberapa diantaranya adalah:

  • Virus Herpes Simpleks (VHS)

Biasa dikenal dengan Herpes Virus Hominis (HVH) yang bisa dibagi mejadi 2 jenis lainnya. Yaitu tipe 1 dan tipe 2.

VHS tipe 1 bisa menyebabkan infeksi pada bagian tubuh sekitar mulut. Dan jenis lainnya yaitu HSV tipe 2, yang dapat menyebabkan infeksi pada daerah kelamin. Atau biasanya disebut herpes kelamin.

Jika tidak segera ditangani oleh dokter ahli, maka penyakit ini akan menyebar pada kulit bagian tubuh lainnya dan memperparah keadaan pasien.

  • Virus Varicella-Zoster

Jenis virus ini dapat menyebabkan cacar air. Dengan gejala yang sama yaitu adanya ruam lepuhan yang berisi air.

Parahnya, virus ini dapat tinggal dan menetap didasar tulang tengkorak atau disekitar tulang belakang. Sehingga dapat kembali aktif dan menyebabkan herpes zoster.

  • Virus Herpes Manusia 6 dan 7

Lain lagi dengan human herpes virus 6 (HHV 6) ialah virus yang dapat menyebabkan roseola. Umumnya menyerang bayi berusia 6-24 bulan yang diawali dengan gejala demam tinggi dan ruam.

Penyebaran virus ini melalui cairan dari saluran pernapasan.

  • Virus Herpes Manusia 8

Walaupun virus ini lebih banyak terjadi diluar Indonesia, namun kita harus tetap mewaspadainya. Karena virus HHV 8 dapat menyebabkan kanker pada para pengidap AIDS.

  • Virus B

Virus ini menyebar lewat gigitan monyet yang telah terinfeksi. Disamping itu akibat yang ditimbulkan oleh virus ini cukup fatal untuk manusia yang menderitanya, yaitu radang otak

Pada umumnya, penyakit herpes kulit ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli.
Banyak jenis herpes kulit yang harus diwaspadai. Segeralah konsultasikan ke dokter ahli.

Apakah Herpes Pada Kulit Bisa Sembuh?

Pada umumnya, penyakit herpes kulit ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli. Namun bila tidak segera ditangani, dapat menimbulkan beberapa komplikasi.

Segera lakukan pemeriksaan jika anda mengalami gejala yang disebutkan diatas. Infeksi pada bayi dan daya tahan tubuh melemah dapatmembuat virus herpes berkembang dan menyebar lebih cepat.

Baca Juga : Herpes Simpleks Virus Tipe 2 Apakah Berbahaya?

Klinik Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kulit yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staf medis yang handal dalam bidangnya.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta