Pengobatan Untuk Penyakit Menular Herpes

Pengobatan Herpes

Pengobatan herpes dilakukan harus dengan diagnosis dokter yang tepat. Agar langkah penyembuhannya bisa dengan efektif terhadap si penderita.

Penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes Simplex Virus (HSV) atau Herpes Virus Hominis (HVH). Dengan gejala awal yang khas tentang penyakit ini adalah timbulnya ruam atau luka pada jaringan kulit.

Baca Juga : Beberapa Pantangan Dalam Masa Pengobatan Herpes

Dalam proses penyembuhannya, pasien diharapkan bisa mematuhi aturan dari dokter sewaktu menjalani terapi pengobatan untuk mengurangi herpes genital menjadi penyakit yang kronis bagi pasien.

Pengobatan Penyakit Herpes

Fokus pengobatan untuk penderita herpes adalah untuk mencegah penyebaran virus lebih parah dan menghilangkan bekas luka lepuh pada kulit.

Sedangkan untuk mengurasi rasa sakit dan nyeri yang disebabkan virus herpes dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri sesuai dengan resep dokter
  • Mandi menggunakan air hangat
  • Kompres bagian yang sakit dan nyeri dengan air hangat. Pada bagian luka terbuka bisa dikompres dengan air dingin
  • Menjaga luka ruam lepuh agar tetap kering dan bersih dan memberi krim obat sesuai dengan resep dokter

Khusus penderita ibu hamil, disarankan untuk melakukan pemeriksaan diri secara rutin. Guna mencegah penularan kepada bayi dalam kandungan atau selama persalinan yang sedang berjalan.

Pengobatan secara dini bisa mengurangi perluasan penyakit ini kebagian tubuh lainnya.
Pengobatan utuk penyakit menular sejenis herpes haruslah didiagnosis dengan tepat oleh dokter.

Komplikasi Herpes

Jika gejala yang menandakan tubuh terserang virus herpes dan tidak segera ditangani akan menyebabkan komplikasi yang cukup serius pada tubuh pasien.

Berikut adalah beberapa contoh komplikasi penyakit herpes:

  • Penyebaran infeksi virus herpes kebagian tubuh lainnya seperti mulut dan kelamin
  • Radang selaput dan saraf otak
  • Radang paru-paru
  • Hepatitis
  • Kematian jaringan retina (kebutaan)

Pengobatan secara dini bisa mengurangi perluasan penyakit ini kebagian tubuh lainnya. Untuk konsultasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit ini, bisa segera dikonsultasikan ke Klinik Sentosa Jakarta. Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online secara gratis.

Baca Juga : Inilah Penyebab Penyakit Menular Herpes

Klinik ini adalah klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staff medis yang handal dalam bidangnya. Selain itu juga biaya pengobatannya sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta