Impotensi Pada Pria: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Impotensi Pada Pria - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Impotensi yang terjadi pada pria adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan ereksi dan mempertahankan ereksi yang cukup kuat dalam berhubungan intim.

Namun, jika impotensi itu terjadi akan menyebabkan stress, memengaruhi kepercayaan diri, dan berkontribusi pada masalah hubungan.

Bagi penderita impotensi akan mengalami kesulitan untuk meraih ereksi atau mempertahankan ereksi saat berhubungan intim.

Selain itu, penderita impotensi juga dapat menurunkan gairah seksual dan mengalami kesulitan dalam mencapai klimaks pada saat berhubungan intim, juga tidak dapat ejakulasi.

Penyebab Impotensi Pada Pria

Penyebab impotensi dapat dari berbagai hal, mulai dari penuaan diri, gaya hidup tidak sehat, gangguan terhadap psikologis, cedera, hingga efek samping dari obat-obatan, serta kecemasan terhdapat mempertahankan ereksi.

Berikut adalah kecemasan yang dapat menyebabkan impotensi atau memperburuk impotensi.

1. Penyebab Fisik Impotensi

Penyebab umum dari impotensi fisik yaitu penyakit jantung, pembuluh darah tersumbat (aterrosklerosis), kolestrol tinggi, tekanan darah yang tinggi, diabetes, dan obesitas.

2. Penyebab Psikologis Disfungsi Ereksi

Penyebab umum dari impotensi psikologis yaitu depresi, kecemasan, kondisi mental yang tidak stabil, masalah hubungan akibat stress, komunikasi yang buruk atau masalah psikologis lainnya.

Dan beberapa penyebab lainnya dari impotensi sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi obat-obatan antidepresan dan obat-obatan yangn mengobati tekanan darah tinggi, nyeri, atau kondisi prostat
  • Mengkonsumsi narkoba dan alkohol, terutama bagi pengguna narkoba jangka panjang dan peminum alkohol berat.

Gejala Impotensi Pada Pria

Gejala impotensi pada pria akan sulit untuk dikenali, namun beberapa gejala yang mudah untuk di kenali seperti :

  • Kesulitan untuk mendapatkan ereksi
  • Kesulitan untuk mempertahankan ereksi
  • Berkurangnya daya hasrat seksual

Selalu konsultasi pada dokter atau datang ke klinik kulit dan kelamin jika mengalami masalah seksual atau khawatir mengenai ereksi, seperti ejakulasi dini ataupun ejakulasi tertunda, menderita kencing manis (diabetes), penyakit jantung, atau kondisi penyakit lainnya yang dapat diketahui oleh impotensi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Impotensi?

Jika memiliki masalah kesehatan dalam kondisi kronis atau dokter akan menduga bahwa kondisi yang mendasar akan kemungkinan terlibat, maka perlu memerlukan beberapa tes berikut :

  • Pemeriksaan pada fisik
  • Tes darah
  • Tes urine
  • USG
  • Tes psikologi
Ilustrasi Seorang Pria sedang Konsultasi Masalah Impotensi – Credit Image: sentosaklinik.com

Pencegahan dan Pengobatan Impotensi

Impotensi dapat di obati dengan cara mengatasi penyebabnya, baik dengan obat-obatan, suntik hormon, atau dengan operasi.

Jika penyakit inpotensi itu disebabkan oleh psikologis, maka penanganannya adalah dengan cara ke psikoterapi yang akan di tangi oleh dokter atau psikolog.

Cara mencegah impotensi adalah dengan cara menjalani hidup yang sehat dan mengatasi yang dapat menyebabkan penyakit inpotensi. Berikut adalah contohnya :

  • Melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk penyakit diabetes, penyakit jantung, dan riwayat penyakit kronis lainnya
  • Konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan secara rutin dan tes skrinning medis
  • Berolahraga secara teratur
  • Lakukanlah kegiatan untuk mengurangi stress
  • Konsultasi dengan dokter untuk depresi, kecemasan, atau masalah kesehatan mental lainnya.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta