Infeksi Klamidia: Pengertian, Penyebab dan Gejala

infeksi klamidia

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi Chlamydia ialah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum menyerang banyak jutaan orang di dunia. Infeksi ini dapat menularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seks tanpa kondom.

Berikut merupakan pengetian, penyebab, dan gejala dari infeksi klamidia, pada penjelasan berikut jika anda merasa mengalami gejala yang dijelaskan dibawah. Sebaiknya segera konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin terdekat anda

Pengertian Infeksi Klamidia

Infeksi Chlamydia ialah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum menyerang banyak jutaan orang di dunia. Infeksi ini dapat menularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seks tanpa kondom.

Biasanya infeksi ini ditemukan pada pria atau wanita di bawah usia 30 tahun, terutama yang suka berganti-ganti pasangan. Infeksi tersebut merespon dengan baik terhadap antibiotik jika terdeteksi dan diobati sejak dini.

Namun, sering kali sulit untuk di diagnosis pada tahap awal karena kebanyakan pasien menunjukkan gejala apa pun. Akhirnya, dapat mengkhawatirkan karena infeksi klamidia dapat menyebabkan komplikasi serius ketika menyebar ke sistem reproduksi.

Siapa saja yang bisa terkena Infeksi klamidia

Dalam kasus yang paling parah, infeksi ini dapat membahayakan wanita untuk hamil. 

Selain dari hubungan seksual, seorang ibu juga dapat menularkan infeksi ini kepada bayinya saat melahirkan. Bayi dengan klamidia sering menderita pada masalah paru-paru dan mata.

Karena klamidia sangat sulit didiagnosis pada tahap awal, dokter mendorong individu untuk memeriksakannya setahun sekali.

Penyebab dan Gejalanya

Penyebab Infeksi Chlamydia

Menurut Pusat Pengendalian Infeksi Amerika Serikat, klamidia adalah infeksi menular seksual yang paling sering melaporkan pada negara ini. 50 kali lebih banyak dari sifilis dan tiga kali lebih banyak dari gonore.

Klamidia dapat menular melalui dua cara. Pertama, melakukan hubungan seks tanpa pengaman baik oral, vaginal, maupun anal. Bakteri tersebut dapat menginfeksi penis, vagina, uretra, leher rahim, anus, tenggorokan, dan mata.

Kedua, ibu yang menderita klamidia menularkannya kepada anak-anak mereka saat melahirkan. Bayi yang terinfeksi berisiko terkena infeksi mata dan pneumonia.

Individu yang berisiko tinggi terkena klamidia adalah mereka yang aktif secara seksual, memiliki lebih dari satu pasangan, dan tidak menggunakan kondom atau jenis perlindungan lain selama hubungan seksual.

Klamidia tidak dapat ditularkan melalui:

  • Berada di sauna dan kolam renang yang sama dengan penderita klamidia
  • Menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita klamidia
  • Menyentuh benda yang tidak sengaja tersentuh atau terkena bersin dari individu yang menderita klamidia

Gejala Utama Infeksi Chlamydia

Gejala Infeksi Klamidia

Banyak orang yang menderita infeksi ini, tetapi tidak menunjukkan gejala apapun. Inilah alasan mengapa infeksi klamidia dapat menyebutnya sebagai infeksi menular seksual secara diam. Namun, jika gejala memang muncul, termasuk:

  • Pendarahan tidak normal
  • Keluar cairan dari vagina dan penis
  • Demam
  • mual
  • Sakit di perut bagian bawah
  • Sakit saat buang air kecil atau berhubungan seks
  • Nyeri rektal
  • Pembengkakan serviks

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

    | |

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Reservasi Online

    Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
    Chat Dokter
    Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta