Informasi Macam Penyakit Kelamin Saat Ini!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Macam penyakit kelamin, juga di kenal sebagai penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS). Ini merupakan kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi siapa saja dengan perilaku aktif secara seksual.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Penyakit Kelamin ISK

Pengetahuan tentang berbagai penyakit kelamin sangat penting untuk mencegah penularan, mengenali gejala, dan mencari pengobatan yang tepat. Artikel ini akan mengulas beberapa informasi mengenai macam atau jenis penyakit kelamin yang relevan saat ini.

Macam Penyakit Kelamin Klasik

Penyakit menular seksual klasik ini merujuk pada beberapa macamnya yang mungkin sudah seringkali di ketahui atau di dengar oleh banyak orang. Untuk itu, macam penyakit yang menyerang area kelamin pria dan  wanita ini dapat di klasifikasikan berdasarkan pada apa yang menjadi penyebab keluhan.

Berikut macam penyakit kelamin yang termasuk klasik antara lain adalah:

1. Infeksi Bakteri – gonore (kencing nanah), sifilis (raja singa), klamidia

2. Infeksi Virus HIV/AIDS, herpes genital, HPV (Human Papillomavirus)

3. Infeksi Parasit – trichomoniasis

4. Infeksi Jamur – kandidiasis (Jamur Candida)

Tentu beberapa di antara penyakit-penyakit tersebut sudah sering menjadi perbincangan umum. Namun, masih banyak pula yang masih belum bisa mengetahui dengan pasti akan ancaman infeksi atau transmisi penyakit kelamin.

Macam Penyakit Kelamin Non-Klasik

Selain ada macam jenis penyakit yang cukup umum atau klasik, perlu di ketahui juga ada macam lain dari penyakit kelamin yang juga berisiko. Meski penyakit kelamin non-klasik ini jarang, bukan berarti tidak bisa berkembang atau seseoang tidak berkesempatan untuk terinfeksi. Daftar penyakit kelamin non-klasik antara lain meliputi:

1. Molluscum Contagiosum

Penyakit ini disebabkan oleh virus Molluscum contagiosum dan ditandai oleh bintil-bintil kecil yang terasa gatal di area genital.

2. Granuloma Inguinale

Penyakit langka ini disebabkan oleh bakteri Calymmatobacterium granulomatis dan menyebabkan luka yang meradang pada organ kelamin.

3. LGV (Lymphogranuloma Venereum)

LGV adalah infeksi bakteri yang jarang terjadi. Gejalanya meliputi pembengkakan kelenjar getah bening dan luka di daerah genital.

Macam Penyakit Kelamin 2Macam Penyakit Kelamin dan Pilihan Obatnya

Penyakit kelamin mencakup berbagai kondisi seperti yang telah banyak di ketahui yaitu gonore, sifilis, herpes genital, dan kutil kelamin. Setiap penyakit memiliki karakteristik unik dan memerlukan pendekatan pengobatan yang sesuai.

Pilihan obat untuk penyakit kelamin dapat melibatkan pengobatan seperti:

1. Obat oral

2. Obat topikal

3. Obat intravena

4. Obat kombinasi

Dalam hal ini pemilihan mengenai bagaimana pengobatan tersebut akan di lakukan serta apa yang cocok untuk individu bisa di tetapkan melalui pemeriksaan. Oleh karena itu, seseorang dengan indkasi penyakit kelamin tidak sepatutnya melakukan pengobatan secara sembarang.

Catatan pentingnya adalah tentu di karenakan keluhan seperti penyakit kelamin bukanlah keluhan umum. Sehingga sangat memerlukan bantuan profesional medis dengan anjuran atau rekomendasi pengobatan secara jelas dan terarah.

Pemahaman tentang berbagai macam penyakit kelamin sangat penting untuk mencegah penularan dan mendapatkan pengobatan yang tepat waktu. oleh karena itu, praktik seksual yang aman, pemeriksaan rutin atau skrining, dan komunikasi terbuka dengan pasangan menjadi cara menjaga kesehatan seksual.

Jika Anda mencurigai adanya infeksi atau gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan profesional medis untuk mendapatkan perawatan yang di perlukan. Ingatlah bahwa pendidikan dan kesadaran adalah kunci dalam mengatasi penyakit kelamin secara efektif.

Baca Juga: Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Kelamin Klamidia

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta