Jangan Cemas, Lakukan Pengobatan Pada Keputihan – Klinik Sentosa

Jangan Cemas, Lakukan Pengobatan Pada Keputihan - Klinik Sentosa

Pengobatan pada keputihan sebenarnya bisa anda lakukan di rumah, beda jenis pengobatan lagi pada keputihan abnormal. Pengobatan terhadap keputihan abnormal bisa anda lakukan dengan cara mengunjungi klinik kelamin.

Wanita yang mengalami keputihan merupakan hal yang wajar karena akan terjadi pada tiap bulannya. Namun, jika wanita mengalami keputihan abnormal beda cerita lagi.

Baca Juga : Waspadai Dan Kenali Tanda Keputihan Terus Menerus

Pasalnya keputihan abnormal itu merupakan sebuah tanda tanya bagi seorang wanita. Karena keputihan abnormal penyebabnya bisa dari infeksi, jamur, virus, bahkan bakteri yang bisa termasuk dalam penyakit menular seksual.

Keputihan

Apa itu keputihan?

Wanita yang mengalami keputihan merupakan hal yang wajar karena akan terjadi pada tiap bulannya. Namun, jika wanita mengalami keputihan abnormal beda cerita lagi.
Klinik Pengobatan Keputihan

Keputihan merupakan cairan yang keluar pada vagina dari leher rahim bentuknya bukan berupa darah. Pada keadaan ini justru merupakan hal umum bagi para wanita karena merupakan bentuk dari pembersihan tubuh bagian dalamyang terjadi setelah atau sebelum menstruasi.

Namun, jika terdapat darah pada keputihan bentuknya tidak seperti darah menstruasi jangan mengabaikan terlalu lama. Karena keputihan abnormal dapat menyebabkan infeksi yang penyebabnya oleh virus dan jamur. Maka dari itu, perlu penanganan khusus pada jenis ini.

Penyebab dari keputihan tidak normal

Lalu, apa yang menyebabkan keputihan tidak normal? Berikut beberapa penyebabnya:

  • Kurangnya menjaga kebersihan vagina
  • Mengenakan celana dalam ketat yang terbuat dari bahan sintetis (bukan katun), sehingga mudah berkeringat dan memudahkan munculnya jamur
  • Terlalu sering memakai pakaian ketat
  • Membilas vagina dari anus ke arah depan vagina
  • Terlalu sering mandi dan berendam dengan air hangat dan panas. Jamur merupakan penyebab keputihan lebih cenderung tumbuh dalam kondisi hangat
  • Tidak menjalani gaya hidup sehat
  • Penderita penyakit tertentu seperti kanker serviks, diabetes, infeksi jamur vagina, vaginitis, radang panggul, penyakit menular seksual dari klamidia atau gonore
  • Minum pil KB dan obat kortikosteroid.
  • Penggunaan sabun atau lotion beraroma secara berlebihan, mandi busa, dan membersihkan vagina dengan semprotan air.
  • Semprotan vagina atau cuci vagina menggunakan cairan kalium permanganat murah atau cairan antiseptik dapat menyebabkan keputihan

Pengobatan pada keputihan abnormal

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada jenis keputihan, jika anda mengalami keputihan yang normal caranya hanya cukup menjaga kebersihkan area kewanitaan serta rutin membersihkan atau membilas lendir yang keluar sehingga tidak memerlukan tindakan medis dalam pengobatannya.

Sedangkan pada keputihan yang abnormal anda memerlukan tindakan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter spesialis kelamin, sehingga dokter dapat meresepkan obat yang diperlukan pada pengidap keputihan abnormal seperti contoh:

1. Obat anti jamur

Obat anti jamur yang dokter sarankan berguna untuk mengatasi keputihan yang penyebabnya adalah infeksi jamur. Tersedia dalam bentuk krim atau gel pada obat anti jamur, yang penggunaannya dengan cara cukup dengan mengoleskan saja pada bagian dalam vagina.

2. Obat antibiotik

Obat antibiik ini berguna untuk mengatasi keputihan yang penyebabnya oleh bakteri. Bentuk obat antibiotik ini berupa pil yang diminum atau obat oles yang bisa dokter sarankan sesuai dengan kebutuhan.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Inilah beberapa fakta mengenai Jangan Cemas, Lakukan Pengobatan Pada Keputihan – Klinik Sentosa yang perlu untuk ketahui agar selalu waspada bahwa bahaya penyakit menular seksual ini.

Di Klinik Kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional dan sangat mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Kelamin pada nomor yang tertera di atas karena gratis konsultasi online dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta