Jangan Lengah! Begini 5 Gejala Sifilis pada Pria

gejala sifilis pada pria 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Sifilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang di tandai dengan gejala yang bervariasi pada setiap tahap perkembanganya.

Namun, pada awal infeksi gejala yang timbul seringkali di abaikan karena hanya di anggap penyakit kulit biasa.

Sementara itu, jika penyakit ini tidak di obati, dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah dan dapat mengancam jiwa.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja gejala sifilis pada pria untuk mencegah terjadinya komplikasi yang dapat terjadi.

Apa Itu Sifilis?

Sifilis atau di sebut juga sebagai penyakit raja singa adalah salah satu penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum.

Bakteri ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui kontak langsung dengan luka terbuka pada kulit atau selaput lendir, terutama di area genital, anus, atau mulut.

Penularan bakteri ini juga bisa terjadi selama berhubungan seksual tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi.

Gejala Sifilis pada Pria

Sifilis memiliki empat tahap perkembangan, yaitu tahap primer, sekunder, laten, dan tahap lanjutan atau tersier, yang masing-masing di tandai dengan gejala yang berbeda-beda.

Gejala sifilis pada pria pada tahap primer dan sekunder dapat terasa sangat ringan, sehingga penderitanya seringkali tidak menyadari telah terinfeksi.

Namun, pada tahap lanjutan jika infeksi tidak di tangani, dapat berkembang dan menyebabkan kerusakan pada organ dalam yang dapat berakibat fatal.

Berikut ini beberapa gejala sifilis yang dapat di alami oleh pria:

1. Chancre (Luka Terbuka)

Gejala sifilis pada pria di tahap awal, biasanya akan menimbulkan chancre atau luka terbuka yang terletak di area genital, anus, atau mulut.

Meskipun luka tersebut seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi adanya luka tersebut dapat menandakan adanya infeksi penyakit sifilis.

2. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat terjadi di sekitar area luka, yang merupakan respons tubuh terhadap infeksi dan dapat terjadi pada tahap awal infeksi.

3. Ruam

Ruam kemerahan pada kulit yang dapat muncul di berbagai bagian tubuh, menjadi salah satu gejala sifilis pada pria di tahap sekunder.

Gejala ruam tersebut biasanya tidak gatal, dan pria mungkin tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi.

4. Gejala Flu

Beberapa pria yang terinfeksi sifilis juga mungkin mengalami gejala ringan seperti flu, yang meliputi demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri otot.

Gejala-gejala ini bisa tidak begitu spesifik, sehingga sering di abaikan atau di anggap sebagai infeksi biasa.

5. Kerusakan Organ Dalam

Jika sifilis tidak di obati, bakteri dapat menyebar ke organ-organ tubuh dan menyebabkan kerusakan serius.

Sifilis dapat memengaruhi otak, jantung, pembuluh darah, saraf, tulang, dan organ dalam lainnya, sehingga menyebabkan dampak kesehatan yang parah.

Penting untuk di ingat bahwa gejala sifilis dapat bervariasi pada setiap orang, dan tidak semua orang mengalami semua tahap gejala.

Deteksi dini dan pengobatan pada tahap awal sangat penting untuk mencegah perkembangan penyakit dan komplikasi serius.

Baca Juga: Cara Mengobati Penyakit Sifilis Pada Wanita Dan Pria

gejala sifilis pada pria 2

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Kulit Kelamin

Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan seperti gejala sifilis pada pria, segera konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit kulit kelamin yang terpercaya.

Dokter spesialis kulit kelamin yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, bisa menjadi pilihan pengobatan yang tepat dan terpercaya.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan terkini, untuk mendukung diagnosis sifilis.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, karena dokter kami siap membantu Anda untuk memberikan saran pengobatan yang tepat.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Gejala sifilis pada pria tidak boleh di abaikan, karena dapat memperparah infeksi dan dapat menularkan infeksi kepada pasangan seksual Anda.

Segera konsultasikan dengan dokter melalui layanan konsultasi online via live chat atau whatsapp secara gratis dan tersedia 24 jam!⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta