Karakteristik Bentuk Penyakit Jengger Ayam

Bentuk Penyakit Jengger Ayam 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pengenalan akan karakteristik bentuk penyakit jengger ayam ini memang perlu pembahasan lebih lanjut guna informasi yang akurat. Memang sudah banyak yang tahu bahwa penyakit tersebut adalah hasil infeksi Human papilloma virus (HPV).

Baca Juga: Identifikasi Ciri Penyakit Jengger Ayam, Perlu Tahu!

Salah satu dampak dari infeksi HPV yang sering di temukan adalah timbulnya penyakit jengger ayam. Atau yang di kenal dengan istilah medis kondiloma akuminata. Dan pembahasaan di bawah ini akan lebih memberikan pemahaman mendalam mengenai karakteristik bentuk penyakit tersebut.

Bentuk Umum Penyakit Jengger Ayam

Virus HPV merupakan kelompok virus yang dapat menginfeksi kulit dan selaput lendir tubuh. Penularan utama terjadi melalui kontak langsung kulit ke kulit, terutama melalui hubungan seksual. Ada banyak subtipe HPV, dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan penyakit jengger ayam.

Jengger ayam atau kutil kelamin adalah pertumbuhan yang tidak normal pada area genital maupun sekitarnya. Mereka bisa berbentuk seperti benjolan kecil atau kelompok benjolan daging yang menyerupai kutil.

Gejala umum lanjutannya meliputi gatal, nyeri, dan tidak nyaman pada area yang terinfeksi. Ingat bahwa gejala kutil tidak menyebabkan rasa sakit. Namun berbahaya jika pertumbuhannya meluas dan bertambah banyak pada area genital.

Subtipe Bentuk Penyebab Penyakit Jengger Ayam

Beberapa subtipe HPV yang menjadi penyebab penyakit jengger ayam yang paling umum berhubungan dengan kutil kelamin termasuk HPV tipe 6 dan 11. Masing-masing tipe virus HPV dapat menyebabkan karakteristik kutil kelamin yang berbeda.

Subtipe dari HPV yang menimbulkan penyakit berbentuk jengger ayam tersebut adalah strain yang memiliki risiko terendah. Dengan kata lain, subtipe HPV lain adalah strain yang dapat di katakan berisiko tinggi atau berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu, tidak heran jika pada wanita infeksi HPV juga memberikan efek kesehatan serius seperti kanker serviks. Sedangkan pada pria, infeksi HPV dapat berkembang menjadi kanker kulit atau kanker kemaluan.

Lokasi umum di mana kutil kelamin muncul dan tumbuh adalah area genital yang lembab, anus, selangkangan, hingga  mulut. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan jengger ayam termasuk aktivitas seksual yang tidak aman.

Seseorang yang memiliki banyak pasangan seksual, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu, penyakit ini tidak hanya memiliki dampak fisik, tetapi juga dampak psikologis dan sosial bagi penderitanya.

Bentuk Penyakit Jengger Ayam 2Karakteristik dan Bentuk Penyakit Jengger Ayam

Ada banyak variasi dalam bentuk fisik dari penyakit jengger ayam yang dapat terlihat, misalnya seperti:

1. Benjolan atau bintil kecil (spotted)

2. Terlihat datar dan halus

3. Terasa kasar dan menonjol

4. Terlihat seperti kelopak bunga dan bergerombol

Diagnosis kutil kelamin umumnya di dasarkan pada pemeriksaan fisik oleh tenaga medis. Pengobatan dapat mencakup pemberian obat topikal, krioterapi (pembekuan kutil), pembedahan, atau penggunaan laser.

Tindakan-tindakan pengobatan tersebut di lakukan untuk menghilangkan bentuk fisik penyakit tersebut. Namun, anjuran skrining rutin dapat membantu mencegah penyebaran virus HPV dan kemungkinan kambuhan di masa mendatang.

Edukasi, pencegahan, dan skrining rutin merupakan langkah-langkah penting dalam mengurangi risiko infeksi HPV yang berdampak pada gejala jengger ayam. Dengan pengetahuan yang tepat, kita dapat berkontribusi pada kesehatan seksual yang lebih baik.

Lakukan pemeriksaan atau konsultasikan dengan dokter ahli, jika Anda mungkin mencurigai kemungkinan perkembangan penyakit jengger ayam di area genital. Jangan biarkan kondisinya dalam jangka panjang meski tidak menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: Penyakit Jengger Ayam Wanita di Miss V, Waspada!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta