Identifikasi Ciri Penyakit Jengger Ayam, Perlu Tahu!

Ciri Penyakit Jengger Ayam 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Salah satu jenis IMS yang perlu di waspadai adalah ciri penyakit jengger ayam yang di sebabkan oleh virus Human Papilloma (HPV). Penyakit ini tentu tidak asing jika di sebut dengan kutil kelamin atau genital warts.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Jengger Ayam

Kesadaran akan ciri-ciri penyakit ini sangatlah penting untuk pencegahan dan penanganan tepat yang dapat di lakukan. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana ciri-ciri penyakit jengger ayam pada pria dan wanita yang perlu Anda ketahui dengan baik.

Penyebab dan Penularan Penyakit Jengger Ayam

Penyakit jengger ayam jelas di sebabkan oleh berbagai jenis virus HPV. Virus ini umumnya menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit selama aktivitas seksual. Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom tidak selalu mencegah penularan.

Alasannya tentulah karena penyakit tersebut dapat tumbuh di area yang tidak tertutup oleh kondom. Oleh karena itu, kesadaran akan ciri-ciri penyakit ini sangat penting bagi individu yang aktif secara seksual.

Hal ini di perlukan, mengingat bahwa penyakit jengger ayam tumbuh tanpa ada rasa sakit. Bahkan juga bisa berkembang pada area yang tidak terlihat, seperti area bagian dalam kelamin. Itulah yang menjadikan banyak terduga infeksi tidak bisa menyadari kondisinya dengan baik.

Ciri Penyakit Jengger Ayam pada Pria

Jengger ayam pada pria umumnya tumbuh di sekitar area genital. Mereka muncul sebagai benjolan kecil yang dapat memiliki tekstur kasar atau lembut. Kutil ini bisa berdiri sendiri atau tumbuh dalam kelompok yang lebih besar.

Pertumbuhan kutil mungkin berwarna daging atau kecoklatan dan kelamaan dapat menyebabkan rasa gatal atau tidak nyaman. Pada beberapa kasus, jengger ayam bisa sangat kecil sehingga sulit untuk di lihat dengan mata telanjang.

Area yang seringkali tumbuh kutil pada pria biasanya terletak pada skrotum atau pangkal kelamin, dan perineum. Area-area tersebut mungkin terasa di abaikan untuk kebersihannya, bahkan sering di anggap aman oleh pria.

Ciri Penyakit Jengger Ayam pada Wanita

Pada wanita jengger ayam biasanya tumbuh di area yang lebih luas cakupannya, termasuk di dalam vagina, vulva, atau sekitar anus. Mereka mungkin memiliki penampilan yang mirip dengan kutil pada pria, yaitu benjolan kecil atau berkelompok dengan permukaan kasar atau lembut.

Selain itu, kutil ini juga dapat menyebabkan perubahan pada kulit atau lendir di sekitar area genital. Penyakit jengger ayam wanita ini biasanya akan meliputi gejala tambahan seperti bengkak, merah, atau berdarah.

Hal tersebut terjadi karena area genital wanita lebih banyak memproduksi sekret vagina secara alami guna mempertahankan tingkat kelembabannya. Dengan kata lain, infeksi HPV pada wanita bisa di katakan lebih berisiko.

Ciri Penyakit Jengger Ayam 2Konsultasi Medis Atasi Jengger Ayam

Jika Anda mencurigai adanya ciri-ciri penyakit jengger ayam muncul, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan tenaga medis. Dokter atau profesional kesehatan akan dapat melakukan pemeriksaan dan diagnosis yang akurat.

Pemeriksaan ini mungkin melibatkan pemeriksaan fisik serta tes tambahan jika di perlukan. Jangan ragu untuk berbicara terbuka dengan dokter tentang gejala maupun keluhan yang di alami dan riwayat aktivitas seksual Anda.

Pencegahan merupakan langkah terbaik dalam menghindari infeksi HPV penyebab jengger ayam tumbuh di area genital. Namun pengobatan dan tindakan medis adalah yang paling di butuhkan.

Dalam kesimpulannya adalah kesadaran akan ciri jengger ayam di area genital sangatlah penting untuk pencegahan dan pengobatan di waktu yang tepat. Jika Anda terinfeksi, ingatlah bahwa upaya dan dukungan profesional medis akan membantu Anda dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Apakah Bahaya Penyakit Jengger Ayam Pada Pria?

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta