Kasus Trikomoniasis Laki Laki juga Sering Terjadi!

Kasus Trikomoniasis Laki Laki juga Sering Terjadi!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tidak hanya wanita, kasus trikomoniasis laki laki juga cukup sering terjadi saat ini. Jadi keluhan ini tidak hanya di kaitkan pada wanita, namun juga mempunyai potensi yang sama besarnya bagi seorang laki laki.

Dan yang tentu Anda perlu ketahui bahwa infeksi trikomoniasis juga termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS), sehingga siapun memiliki kesempatan untuk mengalami keluhan tersebut ketika Anda termasuk dalam pelaku seksual secara aktif.

Baca Juga: Arti Trikomoniasis, Bisa Menunjukan PMS loh!

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang trikomoniasis pada pria. Sehingga bisa lebih memahami kondisinya tanpa ada kesalahan.

Gejala dan Manifestasi Trikomoniasis Laki Laki

Trikomoniasis sendiri adalah infeksi yang di sebabkan oleh parasit dengan nama Trichomonas vaginalis. Parasit ini di tularkan melalui segala bentuk kontak seksual. Ingat bahwa laki laki dapat menjadi manifestasi pembawa parasit tersebut tanpa menunjukkan gejala, sehingga dengan mudah menyebarkan infeksi kepada pasangan seksualnya.

Pada sebagian besar laki laki infeksi ini akan terlihat samar, tapi ada juga yang mengalami gejala terkait misalnya:

  1. Rasa tidak nyaman atau nyeri saat buang air kecil
  2. Peradangan pada penis
  3. Peningkatan cairan atau lendir dari penis
  4. Rasa gatal atau terbakar di sekitar area genital

Gejala dan manifestasi trikomoniasis dapat bervariasi, terkhusus pada laki laki. Karena bisa saja laki laki dengan infeksi trikomoniasis terlihat sangat normal. Tidak jarang juga kondisinya mirip dengan gejala infeksi menular seksual lain seperti non-gonococcal atau penyakit lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendeteksi dan mengobati trikomoniasis laki laki sedini mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi dan komplikasi yang lebih serius. Dapatkan diagnosis yang akurat dari profesional medis yang berkompeten.

Trikomoniasis Laki Laki 2Mengapa Trikominiasis Laki Laki Terjadi?

Kasus laki laki dengan infeksi penyakit trikomoniasis bisa terjadi karena adanya faktor pendukung, dan beberapa di antaranya yang termasuk adalah:

  1. Perilaku seksual – laki laki lebih cenderung berkemungkinan memiliki perilaku seksual yang berisiko di banding wanita.
  2. Sebagai pembawainfeksi – laki laki yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi bisa menjadi sumber penularan infeksi pada pasangan seksual mereka.
  3. Tidak terdeteksi – saat laki laki tidak bisa menyadari kondisinya maka mengakibatkan infeksi tetap yang tidak terdeteksidan mungkin tidak mencari perawatan medis.
  4. Berisiko tinggi resistensi parasit – vagina bersifat asam, sedangkan penis bersifat basa. Paparan parasit trikomoniasis lebih baik bertahan di lingkungan basa sehingga mudah berkembang di lingkungan terkait organ reproduksi laki laki.

Dengan kata lain infeksi pada laki laki juga perlu di perhatikan. Karena dapat menyebabkan komplikasi dan berkontribusi besar menjadi sumber penyebaran infeksi kepada pasangan seksual.

Untuk mendiagnosis trikomoniasis pada laki laki, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mengambil sampel cairan dari uretra untuk dianalisis di laboratorium. Metode lain yang digunakan adalah tes polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi DNA parasit.

Kesadaran akan risiko dan gejala trikomoniasis pada laki laki penting di ketahui agar dapat mengidentifikasi dan mengobati infeksi dengan tepat waktu serta mencegah bahaya lanjut. Karena pada laki laki infeksi ini dapat mempengaruhi kesuburan, dan menyebabkan prostatitis (peradangan prostat).

Cari segera bantuan medis jika mengalami gejala atau memiliki kekhawatiran mengenai trikomoniasis maupun keluhan lain seputar organ reproduksi pria di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Penanganan Trikomoniasis untuk Pasangan Anda!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta