Kelamin Keluar Nanah Setelah Seksual, Tanda Apa?

Kelamin Keluar Nanah-min

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Ketika seseorang mengalami kelamin keluar nanah setelah berhubungan seksual, hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran dan kebingungan. Kondisi ini umumnya terkait dengan infeksi menular seksual (IMS) tertentu.

Baca Juga: Mengobati Kencing Nanah Bersama Dokter Spesialis Kelamin

Memahami penyebab dan mencari solusi medis untuk keluhan seperti kelamin sakit kencing dan keluar nanah sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi serta mengobati kondisi yang mendasarinya.

Dan berikut adalah penjelasan singkat mengenai kemungkinan kondisi yang sedang Anda alami tersebut.

Apa itu Kelamin Keluar Nanah?

Kelamin keluar nanah berarti menandakan keluarnya cairan dari saluran kelamin, gejala ini mengindikasikan adanya masalah kesehatan terutama terkait dengan sistem reproduksi. Gejalanya dapat bervariasi termasuk keluarnya nanah, lendir, atau cairan yang berbeda dari saluran kelamin.

Penyebab kelamin keluar nanah setelah berhubungan seksual umumnya oleh infeksi menular seksual (IMS). Beberapa IMS yang paling umum terkait dengan kelamin keluar nanah adalah:

1. Gonore – Infeksi bakteri yang di tularkan melalui hubungan seksual. Gejalanya meliputi keluarnya nanah kuning atau kehijauan dari kelamin, nyeri saat buang air kecil, dan rasa sakit pada panggul.

2. Klamidia atau Trikomoniasis – Infeksi bakteri dan parasit yang juga menunjukan kelamin keluar nanah. Pada klamidia dan trikomoniasis biasanya tidak begitu terlihat, tetapi beberapa orang mungkin mengalami keluar nanah yang ringan (putih susu, keruh, atau kekuningan) serta keputihan abnormal.

Tanda Gejala yang Dirasa

Tentunya selain kelamin keluar nanah, ada beberapa gejala lain yang akan menyertai kondisi ini. Dab berikut adalah gejala yang perlu di waspadai meliputi:

  1. Nyeri saat buang air kecil
  2. Sensasi terbakar atau gatal di area genital
  3. Pembengkakan atau nyeri pada kelamin
  4. Perubahan siklus menstruasi pada wanita
  5. Sakitatau perasaan tidak nyaman saat berhubungan seksual
  6. Perubahan warna, bau, atau tekstur pada keluarnya nanah

Jika Anda mengalami salah satu gejala seperti yang telah di sebutkan di atas setelah berhubungan seksual. Maka penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis yang berwenang.

Mereka akan melakukan evaluasi dan mungkin melakukan tes pengujian untuk mendiagnosis mana penyebab pastinya. Hal ini di karenakan penanganan tergantung pada apa penyebab mendasarnya.

Kelamin Keluar Nanah2-minLangkah Pengendalian Infeksi Kelamin Bernanah

Dalam kasus ini, dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi yang di sebabkan oleh infeksi bakteri maupun parasit protozoa lain. Akan tetapi baiknya Anda juga melakukan langkah pengendalian dengan pencegahan.

Misalnya dengan menerapkan beberapa langkah yang dapat di ambil seperti:

  1. Praktik seks yang aman
  2. Vaksinasi
  3. Pemeriksaan rutin dan tes IMS

Mendeteksi dini dan mengobati infeksi yang mungkin tidak menunjukkan gejala persisten juga menjadi langkah yang baik. Jadi keluhan seperti kelamin yang mengeluarkan nanah apalagi setelah berhubungan seksual adalah gejala yang tidak boleh di abaikan.

Anda perlu mengambil tindakan guna menuntaskan keluhan dan mendapat kesembuhan secara total. Kondisi terbalik pun akan di rasakan dengan mulainya komplikasi kesehatan khususnya pada area organ reproduksi jika Anda biarkan.

Segera identifikasi dengan pemeriksaan dan obati infeksi yang mendasarinya. Berkonsultasilah dengan dokter atau tenaga medis yang berwenang untuk diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai.

Baca Juga: Penjelasan Faktor Kencing Nanah dari Dokter Ahli

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta