Kencing Berbusa, Benarkah Tanda ISK Parah? Intip Penjelasan Ahlinya Disini!

kencing berbusa 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pernahkah Anda memperhatikan kencing Anda berbusa? Ya, kondisi ini tentu akan membuat banyak penderitanya merasa khawatir.

Ditambah lagi ada pernyataan yang mengatakan bahwa urine berbusa saat buang air kecil adalah tanda infeksi saluran kemih (ISK) yang sudah parah.

Namun, benarkah demikian? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih dalam mengenai penyebab kencing berbusa dan sejauh mana kaitannya dengan ISK.

Penyebab Kencing Berbusa

Kencing berbusa bisa terjadi karena berbagai alasan, dan tidak selalu menandakan kondisi yang serius. Berikut adalah beberapa kondisi yang umum menyebabkannya, antara lain:

1. Kecepatan Aliran Urine

Jika buang air kecil dengan cepat, urine dapat bercampur dengan udara dan menghasilkan busa. Ini adalah kondisi yang normal dan tidak perlu di khawatirkan.

2. Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, urine yang keluar akan lebih pekat dan berpotensi untuk berbusa.

3. Obat-Obatan Tertentu

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan perubahan pada urine, termasuk membuat urine menjadi berbusa.

4. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Meski tidak selalu menjadi penyebab utama, ISK dapat menyebabkan urine berbusa, dan di sertai dengan gejala lain yang cukup mengganggu.

5. Proteinuria

Kondisi ini ditandai dengan tingginya kadar protein di dalam urine. Proteinuria bisa menjadi tanda penyakit ginjal atau kondisi medis lainnya.

Meskipun kencing berbusa tidak selalu menandakan masalah kesehatan yang lebih parah seperti ISK, tetapi penting juga untuk memperhatikan perubahan yang ada.

Hubungan Kencing Berbusa dan ISK

ISK memang dapat menyebabkan kencing berbusa, tetapi tidak selalu. Urine berbusa hanyalah salah satu dari banyaknya gejala ISK.

Berikut adalah beberapa gejala infeksi saluran kemih yang lebih khas, antara lain:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil, tetapi hanya sedikit urine yang keluar
  • Urine berwarna keruh dan berdarah
  • Demam dan menggigil
  • Nyeri pada perut dan punggung bawah

Jika Anda mengalami kencing berbusa bersamaan dengan gejala ISK tersebut, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Dokter berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, dapat melakukan penanganan medis yang tepat untuk mengetahui penyebab pasti dan memberikan pengobatan yang sesuai.

kencing berbusa 2

Mencegah Kencing Berbusa dan ISK

Kencing berbusa dan infeksi saluran kemih adalah dua kondisi yang seringkali berkaitan, meski ISK tidak selalu menimbulkan gejala ini.

Namun, keduanya dapat di cegah dengan beberapa langkah pencegahan yang tepat, seperti berikut:

1. Minum air putih yang cukup setiap hari

2. Perhatikan pola makan yang di konsumsi

3. Menjaga kebersihan area genital dengan baik dan benar

4. Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan tidak ketat ataupun lembap

5. Kontrol berat badan yang bisa picu berbagai masalah kesehatan, termasuk ISK

6. Buang air kecil segera setelah berhubungan seksual

7. Hindari produk pembersih yang dapat mengiritasi

Meskipun upaya pencegahan telah di lakukan, tetapi ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter jika kencing berbusa disertai dengan gejala ISK yang mengganggu.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri ISK Sudah Parah yang Bisa Merusak Ginjal, Jangan Abaikan!

Konsultasikan Masalah Kencing Berbusa dan ISK dengan Dokter Terbaik di Klinik Utama Sentosa

Kencing berbusa dapat menjadi gejala ISK, tetapi juga bisa terjadi akibat kondisi lain yang mungkin berbahaya.

Sehingga, berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman seperti di Klinik Utama Sentosa, adalah langkah yang tepat untuk mengatasi kedua kondisi ini.

Tidak perlu khawatir, karena pemeriksaan hingga pengobatan akan diawasi langsung dengan dokter dan tim medis yang kompeten.

Selain itu, peralatan medis yang di gunakan telah berstandar tinggi, modern, dan lengkap. Sehingga, hasil pemeriksaan akan akurat.

Ingat! Meski terkadang tidak berbahaya, tetapi kondisi ini juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih bserbahaya, seperti penyakit ginjal.

Oleh karena itu, jangan ragu dan segera konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis terpercaya kami, melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini tidak dipungut biaya alias gratis, dan dapat diakses selama 24 jam, melalui Chat Whatsapp yang tersedia.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, pastikan Anda mendapatkan perawatan medis yang tepat untuk mengatasi kondisi ini dari ahli yang terpercaya langsung ya!

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta