Kencing Berdarah pada Wanita, Apa Sebabnya? Cek Disini Yuk!

kencing berdarah pada wanita 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kencing berdarah atau kematuria, adalah kondisi medis yang dapat menyebabkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan pada wanita.

Hematuria dapat muncul dalam dua bentuk, yaitu darah yang terlihat jelas di dalam urine dan darah yang hanya dapat di lihat melalui mikroskop.

Kondisi ini bisa menandakan adanya kondisi yang berbahaya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab kencing berdarah pada wanita. Berikut penjelasannya.

Penyebab Kencing Berdarah pada Wanita

Kencing berdarah pada wanita (hematuria) adalah kondisi yang perlu ditangani segera. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan adanya kondisi yang serius, seperti:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih adalah penyebab paling umum kencing berdarah pada wanita. Bakteri dapat masuk ke dalam saluran kemih, dan menyebabkan iritasi dan peradangan.

Hal inilah yang menyebabkan urine bercampur dengan darah, dan disertai dengan gejala lain, seperti:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat
  • Nyeri atau kram di area perut bawah
  • Demam dan menggigil

2. Batu Kandung Kemih (Batu Ginjal)

Batu yang terbentuk di ginjal atau kandung kemih, dapat menyebabkan iritasi dan luka pada saluran kemih, yang menyebabkan kencing berdarah.

Gejala lain dari batu ginjal termasuk rasa nyeri yang tajam di punggung, mual dan muntah, dan tidak enak badan.

3. Infeksi Ginjal (Pielonefritis)

Infeksi pada ginjal dapat menyebabkan hematuria, yang disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri punggung, dan mual. Kondisi ini memerlukan penanganan medis segera.

4. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa jenis penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia, juga dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada saluran kemih, yang mengakibatkan hematuria.

Gejala lain dari penyakit menular seksual termasuk keputihan yang tidak biasa nyeri saat berhubungan seksual, dan gatal atau ketidaknyamanan di area genital.

5. Trauma atau Cedera

Cedera pada ginjal atau saluran kemih akibat benturan, jatuh, atau prosedur medis tertentu, dapat menyebabkan darah dalam urine.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kencing berdarah pada wanita. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami hematuria.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Pengobatan Medis untuk Mengatasi Kencing Berdarah pada Wanita

Kencing berdarah pada wanita tentu perlu ditangani dengan pengobatan medis yang tepat segera, untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa pengobatan medis yang dapat di lakukan sesuai dengan penyebabnya, antara lain:

1. Obat-Obatan Farmakologi

Beberapa jenis obat-obatan seperti antibiotik dan pereda nyeri, mungkin akan dokter berikan untuk mengatasi infeksi dan gejala yang dialami.

Namun, obat-obatan ini tentu akan di berikan sesuai dengan penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi masing-masing pasien.

2. Tindakan Medis

Dokter mungkin akan menyarankan beberapa tindakan medis yang tepat, jika pengobatan yang sebelumnya tidak dapat membantu mengatasi kondisi yang dialami.

3. Perubahan Gaya Hidup

Penting untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, untuk membantu pengobatan dan mempercepat proses penyembuhan.

Pengobatan kencing berdarah pada wanita, sangat bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Penting untuk tidak mengabaikan gejala ini, karena hematuria bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang serius.

Baca Juga: Miss V Gatal dan Perih? Jangan Abaikan, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Disini

kencing berdarah pada wanita 2

Dapatkan Pengobatan yang Tepat untuk Mengatasi Kencing Berdarah pada Wanita di Klinik Utama Sentosa

Berkonsultasi dengan tim medis yang berpengalaman, adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mengatasi kencing berdarah pada wanita.

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kencing berdarah bisa menandakan berbagai kondisi yang berbahaya.

Sehingga, pengobatan medis adalah langkah yang tepat untuk mengatasinya. Jadi, segera cari bantuan medis yang tepat seperti di Klinik Utama Sentosa, jika mengalaminya.

Dokter dan tim medis yang berpengalaman, akan memberikan pelayanan kesehatan terbaik dan berstandar tinggi.

Selain itu, pemeriksaan hingga pengobatan juga akan di bantu dengan peralatan medis yang lengkap dan modern.

Jadi, jangan ragu dan segera konsultasikan kondisi Anda dengan tim medis kami, melalui layanan Konsultasi Dokter Online yang tersedia secara gratis.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini juga dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi kapan dan di mana saja, melalui Whatsapp, selama 24 jam!⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, pastikan Anda menjalani pengobatan yang tepat dengan dokter yang berpengalaman, agar kondisi yang Anda alami bisa sembuh maksimal.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta