Kencing Disertai Nanah, Gejala ‘Silent Infection’

Kencing Disertai Nanah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kencing disertai nanah, yang lebih terkenal sebagai gonore, merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang cukup umum akhir-akhir ini. Namun, ada bentuk yang lebih sulit terdeteksi dan sering terabaikan oleh banyak orang yaitu ‘silent infection’ atau infeksi tanpa gejala jelas.

Baca Juga: Jadi Begini Metode Pengobatan Kencing Nanah

Dalam artikel berikut, kita akan membahas lebih lanjut tentang ‘silent infection’ pada kencing nanah atau gonore agar di ketahui cara penanganan tepatnya.

Gejala Umum Kencing Disertai Nanah

Salah satu alasan mengapa ‘silent infection’ sulit terdeteksi adalah karena gejala yang muncul seringkali tidak jelas. Dan mirip dengan gejala infeksi saluran kemih biasa maupun infeksi lain. Beberapa orang mungkin mengalami rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil, sedangkan yang lain mungkin tidak merasakan gejala apa pun.

Gejala khas gonore seperti nanah pada urine atau keluarnya cairan dari alat kelamin sering tidak muncul pada periode ‘silent infection’. Kondisi tersebut membuatnya sulit teridentifikasi tanpa pemeriksaan medis.

Fase ini terjadi karena adanya perbedaan kondisi kesehatan, sistem imun, hingga banyaknya jumlah organisme yang masuk ke dalam tubuh orang tersebut. Dengan kata lain, tidak semua orang yang tidak memiliki gejala berarti negatif dari kemungkinan infeksi kencing nanah.

Apa Itu Silent Infection pada Kencing Nanah?

Kencing nanah atau gonore merupakan infeksi penyebab oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan umumnya menyerang saluran reproduksi serta organ panggul. ‘Silent infection’ pada gonore adalah bentuk infeksi yang terjadi tanpa gejala yang khas.

Ketika seseorang terinfeksi gejala sering tidak muncul atau sangat ringan sehingga sulit untuk di kenali oleh penderitanya. Sehingga penderitanya sering tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi.

Karena bakteri akan tetap aktif dalam tubuh, penderitanya dapat dengan mudah menularkan infeksi kepada pasangan seksual mereka tanpa tersadari. Periodenya juga di ketahui sangat mudah menular antara satu orang dengan orang lainnya.

Akibatnya penderita mungkin tidak mencari pengobatan atau pemeriksaan medis karena mereka tidak merasa sakit atau mengalami gejala yang mengganggu. Kondisi itu dapat menyebabkan infeksi aktif berlanjut serta berpotensi menyebabkan komplikasi serius di masa depan.

Kencing Disertai Nanah 2Deteksi dan Diagnosis Kencing Disertai Nanah

Deteksi dan diagnosis ‘silent infection’ pada keluhan kencing disertai nanah merupakan tantangan, mengingat adanya gejala yang samar atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Beberapa langkah yang dapat Anda ambil antara lain:

1. Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin menjadi kunci dalam mengidentifikasi ‘silent infection’. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat seksual yang berisiko tinggi. Menjalani pemeriksaan secara berkala akan membantu mendeteksi infeksi sejak dini dan mencegah penyebarannya.

2. Tes Laboratorium

Tes laboratorium seperti tes urin atau swab dari alat kelamin dapat di gunakan untuk mengidentifikasi keberadaan bakteri kencing nanah dalam tubuh. Memeriksa adanya DNA bakteri atau materi genetiknya dalam sampel yang di ambil dari penderitanya.

3. Pengujian Bersama

Dalam beberapa kasus, ketika ada dugaan ‘silent infection’ pada salah satu pasangan seksual, pengujian bersama juga perlu di lakukan. Melibatkan pemeriksaan dan pengobatan pada pasangan seksual tanpa memerlukan adanya gejala yang jelas.

Komunikasi terbuka antara pasangan seksual tentang status kesehatan sangat penting. Apabila salah satu pasangan memiliki infeksi, pasangan lainnya harus segera mencari pemeriksaan untuk memastikan kondisi masing-masing.

Perlu ingat bahwa hanya profesional medis yang dapat memberikan diagnosis yang akurat dan tepat. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau mencurigai terkena infeksi dengan kencing disertai nanah.

Baca Juga:

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta