Kencing Nanah dan Darah? Awas, Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini Lho!

kencing nanah dan darah 1_11zon

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Kencing nanah dan darah, merupakan salah satu gejala yang tidak boleh diabaikan atau dianggap sepele.

Kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi serius pada saluran kemih, baik disebabkan oleh bakteri menular maupun tidak.

Lantas, penyakit apa saja yang bisa menyebabkan gejala kencing nanah dan darah? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Kencing Nanah dan Darah

Kencing nanah dan darah umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Bakteri ini sering kali menular melalui hubungan seksual yang tidak aman. Namun, selain gonore, ada beberapa kondisi medis lain yang juga bisa menyebabkan gejala serupa, seperti:

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK terjadi pada bagian mana pun dari sistem kemih, mulai dari ginjal hingga uretra. Infeksi ini bisa menyebabkan peradangan dan keluarnya nanah, disertai darah saat berkemih.

2. Batu Ginjal

Batu ginjal yang bergerak di dalam saluran kemih dapat mengiritasi dan melukai dinding saluran kemih, menyebabkan perdarahan, atau bahkan keluarnya nanah akibat infeksi.

3. Kanker Saluran Kemih

Tumor ganas pada saluran kemih juga dapat menyebabkan perdarahan atau keluarnya nanah, terutama jika tumor tersebut menimbulkan infeksi atau luka pada jaringan sekitarnya.

Gejala kencing nanah dan darah tidak boleh di anggap remeh, dan sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar penanganan yang tepat bisa segera di lakukan.

Gejala Lain yang Perlu Diwaspadai

Selain gejala kencing nanah dan darah, ada beberapa gejala lain yang mungkin muncul akibat infeksi pada area kelamin, antara lain:

  • Nyeri saat buang air kecil yang intens
  • Frekuensi buang air kecil yang terus meningkat
  • Rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah
  • Demam dan menggigil
  • Nyeri pada punggung bawah

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera konsultaikan dengan dokter yang terpercaya, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Penanganan yang tepat dan cepat, sangatlah penting untuk mencegah masalah kesehatan atau komplikasi yang lebih serius.

kencing nanah dan darah 2_11zon

Langkah Tepat Mengatasi Kencing Nanah dan Darah

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kencing darah dan nanah adalah gejala yang serius dan membutuhkan penanganan medis segera.

Jika di biarkan, infeksi dapat menyebar ke organ lain dan menyebabkan komplikasi serius, seperti penyakit radang panggul, abses, hingga masalah kesuburan.

Untuk itu, ada beberapa langkah yang tepat jika Anda mengalami gejala ini. Berikut di antaranya:

1. Konsultasi dengan Dokter

Segera temui dokter guna mendapatkan diagnosis dan pengobatan infeksi yang tepat. Penting untuk tidak abai terhadap gejalanya, karena bisa picu komplikasi yang lebih serius.

2. Pemeriksaan Medis

Untuk mengetahui penyebab pastinya, dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan, mulai dari pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan lanjutan, seperti:

  • Tes urine
  • Kultur urine
  • Tes darah

3. Pengobatan Medis

Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan memberikan obat-obatan yang tepat, termasuk antibiotik yang sesuai, obat pereda nyeri, dan obat-obatan lain yang di butuhkan.

Jangan sembarangan membeli obat tanpa resep dokter. Alih-alih menyembuhkan, bakteri yang tidak diobati dengan tepat bisa terus menginfeksi, bahkan kebal terhadap antibiotik.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dan bertanya dengan dokter terpercaya jika Anda mengalami gejala-gejala yang mencurigakan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Kencing yang Tak Diinginkan

Dapatkan Pengobatan Kencing Nanah dan Darah yang Tepat di Klinik Utama Sentosa

Sekali lagi, kencing nanah dan darah bukanlah kondisi yang umum dan perlu ditangani dengan pengobatan yang tepat segera.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat, sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Jangan cemas! Dokter spesialis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, bisa membantu Anda dalam menangani masalah ini.

Dokter akan melakukan pemeriksaan hingga memberikan pengobatan yang sesuai, dengan di bantu oleh tim medis berpengalaman, serta fasilitas medis berstandar tinggi.

Selain itu, kami juga akan selalu memberikan pelayanan kesehatan terbaik, dengan mengutamakan kebutuhan, kenyamanan, kesembuhan, dan privasi setiap pasien.

Untuk itu, jangan tunda pengobatan, segera dapatkan saran medis yang tepat dari tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini disediakan untuk memudahkan Anda berkonsultasi secara fleksibel dan lebih efektif, karena tersedia melalui Chat Whatsapp selama 24 jam, gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, segera dapatkan penanganan medis yang tepat, dan cegah berbagai masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta