Keputihan Seperti Keju dan Menggumpal, Apakah Tanda IMS? Temukan Jawabannya Disini

keputihan seperti keju 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan seperti keju dan menggumpal, bisa menjadi sumber ketidaknyamanan bagi banyak wanita.

Pasalnya, kondisi ini juga bisa disertai dengan berbagai ketidaknyamanan, mulai dari rasa gatal hingga rasa perih.

Namun, apakah kondisi ini bisa menjadi tanda dari infeksi menular seksual? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Keputihan Seperti Keju dan Menggumpal

Keputihan yang nampak seperti keju dan menggumpal, adalah keputihan yang biasanya disebabkan oleh infeksi jamur, terutama jamur Candida albicans.

Infeksi jamur ini dikenal juga sebagai kandidiasis, atau infeksi jamur vagina. Penyebab infeksi jamur ini dapat meliputi:

  • Penggunaan antibiotik dalam waktu lama
  • Kehamilan
  • Diabetes
  • Sistem imun yang lemah
  • Kelembapan berlebih pada area genital

Apakah Keputihan Seperti Keju dan Menggumpal Tanda IMS?

Meskipun keputihan seperti keju dan menggumpal biasanya disebabkan oleh infeksi jamur, tetapi pada beberapa kasus infeksi menular seksual juga dapat menyebabkan keputihan ini.

Infeksi menular seksual seperti trikomoniasis atau klamidia, dapat menyebabkan perubahan pada keputihan, yang biasanya di sertai dengan ketidaknyamanan lainnya.

Namun, untuk memastikan penyebab keputihan dan menentukan apakah itu tanda IMS, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan medis.

Klinik Utama Sentosa, menyediakan layanan pemeriksaan dan pengobatan untuk berbagai kondisi kesehatan reproduksi, termasuk infeksi jamur dan infeksi menular seksual.

Gejala yang Perlu Diwaspadai

Selain keputihan seperti keju dan menggumpal, ada beberapa gejala lain yang perlu Anda waspadai, antara lain:

  • Gatal-gatal yang parah di area vagina dan vulva
  • Kemerahan dan bengkak di area vagina
  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Ketidaknyamanan di area vagina

Jika mengalami salah satu atau beberapa gejala keputihan tersebut, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan saran pengobatan yang akurat.

keputihan seperti keju 2

Langkah Tepat Mengatasi Keputihan Seperti Keju dan Menggumpal

Seperti yang telah di ketahui, keputihan seperti keju dan menggumpal dapat terjadi akibat infeksi jamur atau infeksi menular seksual.

Namun, tidak perlu cemas, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Konsultasi dengan Dokter

Langkah pertama yang paling penting adalah berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan diagnosis serta saran pengobatan yang tepat.

2. Menjalani Pengobatan Hingga Tuntas

Jika keputihan disebabkan oleh infeksi jamur, dokter mungkin akan memberikan antijamur berupa obat oral maupun topikal untuk mengatasinya.

Sedangkan, keputihan yang di sebabkan oleh infeksi menular seksual, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat, sesuai dengan IMS yang menyebabkannya.

3. Menjaga Kebersihan Vagina

Penting untuk menjaga kebersihan area vagina, dengan mencucinya dengan air hangat setiap hari dan menghindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi.

4. Menghindari Pakaian yang Ketat dan Lembap

Hindarilah memakai pakaian dalam yang ketat dan lembap, karena ini dapat menyebabkan kelembapan berlebih pada area vagina, yang memudahkan jamur berkembang biak.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Jagalah sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur.

Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi keputihan seperti keju dan menggumpal.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Kemaluan Wanita? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya Disini!

Temukan Pengobatan Keputihan Seperti Keju dan Menggumpal yang Efektif di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa menyediakan layanan komprehensif, untuk mengatasi keputihan yang terlihat seperti keju dan menggumpal, akibat infeksi jamur maupun infeksi menular seksual.

Dengan tim medis yang berpengalaman dan fasilitas medis yang lengkap, kami dapat memberikan:

  • Diagnosis yang akurat
  • Pengobatan yang tepat
  • Edukasi kesehatan yang akurat

Selain itu, kami juga akan memberikan layanan kesehatan yang berstandar tinggi, dan selalu mengutamakan kesehatan, kenyamanan, kebutuhan, dan privasi setiap pasien.

Jadi, tidak perlu ragu untuk bertanya dan berkonsultasi dengan tim medis kami, karena Anda dapat berkonsultasi melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat digunakan dengan mudah, dengan mengakses kontak Whatsapp yang tersedia selama 24 jam, gratis!⇒ [WhatsApp Dokter</a

Jangan pernah ragu atau malu untuk mendapatkan kesehatan reproduksi Anda ya, segera temui tim medis kami dan dapatkan saran yang tepat!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta