Keputihan Warna Coklat di Luar Siklus Menstruasi, Tanda Apa? Intip Penjelasannya Yuk

keputihan warna coklat 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan warna coklat sering kali terjadi sebelum atau setelah menstruasi, tetapi bagaimana kalau kondisi ini terjadi di luar siklus menstruasi?

Kondisi ini tentunya dapat membuat para wanita merasa khawatir, terutama jika kondisi ini sering kali terjadi.

Lalu, apakah kondisi ini dapat menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu di waspadai, atau justru hal yang normal dalam siklus reproduksi wanita?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita bahas penjelasan mengenai penyebab dan dampak keputihan warna coklat yang terjadi di luar siklus menstruasi berikut.

Penyebab Keputihan Warna Coklat

Umumnya, keputihan warna coklat merupakan kondisi yang normal terjadi pada wanita, terutama pada masa menstruasi atau setelahnya.

Pada awal atau akhir periode menstruasi, darah yang teroksidasi dapat bercampur dengan cairan keputihan, sehingga memberikan warna merah gelap atau coklat.

Kondisi ini tentunya merupakan hal yang wajar dan tidak memerlukan perhatian medis yang lebih serius.

Selain itu, terdapat beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan wanita mengalami keputihan berwarna coklat, seperti:

  • Perubahan hormonal
  • Kehamilan
  • Stres atau ketegangan emosional yang berat
  • Aktivitas seksual

Namun, jika kondisi ini terjadi di luar siklus menstruasi atau di luar kondisi di atas, penting bagi setiap wanita mewaspadainya.

Ciri-Ciri Keputihan Warna Coklat yang Berbahaya

Meski merupakan hal yang normal, tetapi keputihan warna coklat yang terjadi di luar siklus menstruasi juga dapat menjadi tanda masalah kesehatan reproduksi.

Untuk itu, penting bagi setiap wanita memperhatikan beberapa ciri-ciri keputihan berwarna coklat yang berbahaya berikut ini:

1. Bau yang tidak sedap

2. Bertekstur seperti gumpalan, berbusa, atau berbuih

3. Disertai bercak darah yang terus menerus

4. Nyeri dan ketidaknyamanan pada area genital

5. Perubahan warna yang signifikan

6. Nyeri dan gatal pada area genital

7. Nyeri saat buang air kecil

Jika Anda mengalami beberapa atau salah satu ciri-ciri di atas, sebaiknya segeralah konsultasikan dengan dokter ginekologi yang tepat, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Bahaya Keputihan Warna Coklat di Luar Siklus Menstuasi

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa keputihan warna coklat yang terjadi di luar siklus menstruasi dapat menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu.

Apa saja masalah kesehatan reproduksi yang bisa memicu terjadinya keputihan ini? Berikut beberapa penyakit yang menyebabkannya:

1. Infeksi Menular Seksual

Pada beberapa kasus, infeksi menular seksual seperti gonore, klamidia, atau infeksi lainnya dapat menyebabkan keputihan abnormal yang berwarna kuning, hijau, atau kecoklatan.

2. PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome)

Salah satu jenis gangguan hormonal ini, dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, dan dapat menyebabkan keputihan abnormal.

3. Radang Panggul

Radang panggul adalah infeksi yang dapat terjadi pada organ reproduksi wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada panggul, demam, dan juga keputihan warna coklat.

4. Kanker Serviks atau Rahim

Kanker serviks atau rahim, adalah kondisi serius yang dapat mempengaruhi organ reproduksi wanita, yang ditandai dengan keputihan bercampur darah dan perubahan siklus menstruasi.

Banyaknya penyakit yang dapat menyebabkan keputihan abnormal ini, mendorong setiap wanita untuk memahami gejala yang mencurigakan dan mencari bantuan medis segera.

Baca Juga: Waspada! Miss V Bagian Dalam Gatal Bisa Terjadi Karena Penyakit yang Satu Ini Lho

keputihan warna coklat 2

Langkah-Langkah Pencegahan untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi

Mengingat keputihan warna coklat dapat di sebabkan oleh kondisi normal dan abnormal, maka penting untuk melakukan beberapa langkah pencegahan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang mungkin terjadi, dan menjaga kesehatan reproduksi Anda.

Berikut adalah langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita, seperti:

  • Menjalani praktik seksual yang aman
  • Rutin memeriksakan kesehatan reproduksi
  • Menjaga kebersihan area genital dengan baik
  • Menerapkan gaya hidup yang sehat
  • Memperhatikan perubahan menstruasi yang tidak biasa

Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat menjaga dan melindungi diri dari berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang keputihan warna coklat, atau beberapa gejala mencurigakan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi dokter di Klinik Utama Sentosa.

Dokter akan memberikan diagnosis yang akurat, dan meresepkan obat-obatan yang mungkin Anda perlukan dengan tepat.

Tidak perlu khawatir, karena biaya pemeriksaan dan pengobatan akan sangat terjangkau, sesuai dengan penyakit yang Anda alami.

Segera hubungi tim medis kami, melalui layanan Konsultasi Dokter Online yang dapat Anda akses melalui Chat Whatsapp.

Ingat! Jangan tunda untuk menjalani pengobatan dan perawatan yang tepat, semakin cepat di obati maka akan semakin cepat Anda mendapatkan kesehatan Anda kembali.

Silahkan hubungi dokter kami, melalui layanan yang tersedia selama 24 jam dan gratis! Mudah bukan?

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta