Ketahui Penyebab Kencing Berdarah Pada Wanita

Ketahui Penyebab Kencing Berdarah Pada Wanita

Hematuria atau Kencing berdarah merupakan kondisi dimana terdapat darah pada urine seseorang, hal ini bisa wanita.

Baca Juga : Klinik Sentosa – Tempat Untuk Mengatasi Sakit Kencing Terpercaya

Bila perempuan berkemih dan terdapat darah tetapi diluar menstruasi ada baiknya anda perlu bertanya dengan dokter.

Pada dunia medis, tanda dari kencing berdarah bisa jadi karena adanya masalah pada saluran kencing, ginjal, maupun prostat.

Penyebab kencing berdarah pada wanita

Darah yang keluar bersamaan dengan urine, tidak selalu berasal dari saluran kemih. Pada wanita, darah bisa keluar dari vagina, serviks, atau rahim yang muncul bersamaan dengan kencing.

Terdapat 2 jenis pada hematuria yaitu, makroskopis dan mikroskopis. Untuk hematuria jenis makroskopis dapat terjadi ketika seseorang melihat darah pada urine nya secara langsung.

Sedangkan untuk hematuria mikroskopis ketika seseorang berkemih tidak terlihat darah, harus meemeriksanya menggunakan mikroskop.

Beberapa penyebab diantaranya yang terjadi pada wanita adalah:

1. Infeksi saluran kemih

Wanita sangat berisiko terinfeksi saluran kemih lebih tinggi daripada pria. Ada sekitar 40 hingga 60 persen wanita mengalami ISK dalam hidupnya. ISK terjadi saat bakteri masuk ke dubur lalu ke uretra.

Saat bakteri jalan menuju uretra akan menginfeksi saluran kemih yang lainnya seperti ureter, ginjal, dan kantung kemih. Selain itu, gejala lain yang terjadi pada wanita ialah nyeri saat berkemih, bau urine tak sedap, serta nyeri pada sekitar panggul atau perut.

2. Batu kandung kemih

Mineral yang berlebihan pada tubuh akan menumpuk dan membentuk batu di kandung kemih atau ginjal. Batu tersebut bisa menyebabkan luka pada dinding saluran kencing maupun organ lain yang berkaitan.

Bila perempuan berkemih dan terdapat darah tetapi diluar menstruasi ada baiknya anda perlu bertanya dengan dokter.
Penyebab Kencing Berdarah pada Wanita

Akibat luka itu, akan menjadi penyebab kluarnya darah bersamaan dengan urine, sehingga menghasilkan kencing darah secara makroskopis atau mikroskopis.

3. Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih juga merupakan salah satu penyebab kencing berdarah. Kerena umumnya orang tidak menyadari karena tidak menimbulkan rasa sakit.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Jika mengalami Kencing berdarah dan ingin mengetahui penyebabnya, anda bisa tanyakan dengan dokter spesialis kelamin.

Maka carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Baca Juga : 5 Macam Penyebab Sakit Kencing Serta Gejalanya

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional dengan pelayanan ramah dan memuaskan untuk pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| | |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta