Ketahui Penyebab Keputihan Abnormal pada Wanita

Ketahuilah Penyebab Keputihan Abnormal

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Definisi keputihan abnormal bisa dan berbeda dari keputihan dari biasanya. Penyebab dari keputihan abnormal karena adanya infeksi bakteri trikomoniasis yang penyebarannya bisa melalui aktivitas seksual.

Baca Juga : Terdiagnosa Keputihan Abnormal? Segera Periksa Ke Klinik Terdekat

Dari perbedaan keputihan normal dan abnormal bisa terlihat dari segi warna, aroma, serta konsistensinya. Seperti contoh perubahan warna, bernanah, maupun bau yang busuk.

Pada kondisi keputihan abnormal ini sering mengkaitkannya dengan gejala. Misalnya pruritus vulva, nyeri ketika berhubungan intim, mengalami anyang-anyangan, sehingga nyeri di bagian bawah perut.

Jika seseorang mengalami keputihan yang tidak normal, ada baiknya untuk kunjungi klinik spesialis penyakit kelamin dan periksakan terlebih dahulu ke dokter spesialis kelamin agar bisa mengetahui penyebanya dan tidak asal sembarangan memberikan pengobatan.

Apa itu Keputihan Abnormal?

Keputihan abnormal mengacu pada perubahan dalam keputihan normal wanita, baik dalam jumlah, warna, tekstur, atau bau yang tidak biasa.

Keputihan normal adalah cairan yang terproduksi oleh kelenjar dalam vagina untuk membersihkan dan melumasi organ reproduksi wanita.

Masalah ini dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan atau infeksi pada sistem reproduksi wanita.

Penyebab dari Keputihan Abnormal

Keputihan abnormal dapat di picu oleh berbagai faktor, termasuk infeksi, perubahan hormonal, iritasi, atau kondisi medis tertentu.

Berikut adalah beberapa penyebab umum keputihan abnormal pada wanita:

Infeksi Jamur (Kandidiasis)

Infeksi jamur oleh spesies Candida, terutama Candida albicans, merupakan penyebab umum keputihan abnormal. Kondisi ini dapat terjadi ketika pertumbuhan jamur yang berlebihan terjadi di dalam vagina, biasanya akibat perubahan keseimbangan flora vagina.

Keputihan yang terkait dengan infeksi jamur biasanya berwarna putih, seperti keju cottage, dan juga gatal-gatal yang parah.

Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis adalah ketidakseimbangan bakteri alami dalam vagina, di mana jumlah bakteri “sehat” seperti Lactobacillus menurun dan jumlah bakteri berbahaya seperti Gardnerella vaginalis meningkat.

Keputihan yang terkait dengan vaginosis bakterialis cenderung berwarna abu-abu atau kekuningan, dan mungkin memiliki bau yang tidak sedap, seperti bau ikan.

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa infeksi menular seksual, seperti klamidia, gonore, atau trikomoniasis, dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Keputihan yang terkait dengan IMS mungkin memiliki warna, bau, atau tekstur yang berbeda dan sering disertai dengan gejala lain seperti gatal, nyeri, atau perdarahan.

Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal, seperti yang terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause, dapat mempengaruhi keputihan.

Pada beberapa wanita, fluktuasi hormon dapat menyebabkan perubahan dalam jumlah dan konsistensi keputihan.

Reaksi Alergi atau Iritasi

Penggunaan produk kesehatan yang mengandung bahan kimia atau pewangi, seperti sabun, pengharum, tisu toilet, atau pantyliner, dapat menyebabkan iritasi pada vagina dan menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Beberapa wanita juga mungkin mengalami reaksi alergi terhadap lateks kondom atau bahan-bahan tertentu dalam produk perawatan intim.

Kondisi Medis Lainnya

Beberapa kondisi medis, seperti diabetes, gangguan tiroid, atau gangguan kekebalan tubuh, dapat mempengaruhi keseimbangan flora vagina dan menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Untuk diketahui bahwa diagnosa yang akurat dan pengobatan yang tepat dapat ditentukan oleh dokter melalui pemeriksaan fisik dan mungkin tes tambahan seperti tes laboratorium.

Jika mengalami keputihan yang tidak normal atau mengkhawatirkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dari perbedaan keputihan normal dan abnormal bisa terlihat dari segi warna, aroma, serta konsistensinya. Seperti contoh perubahan warna, bernanah, maupun bau yang busuk.

Ciri-ciri Keputihan Abnormal

Keputihan abnormal atau bahasa lain keputihan patologis sering terjadi akibat infeksi bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Bila keputihan sudah masuk dalam kondisi yang tak wajar. Beberapa ciri-ciri gejala keputihan abnormal meliputi:

  • Perubahan Warna: Keputihan yang abnormal dapat memiliki warna yang berbeda, misalnya putih, kekuningan, kehijauan, abu-abu, atau bahkan berdarah.
  • Perubahan Tekstur: Keputihan yang tidak normal mungkin memiliki tekstur yang tidak biasa, seperti encer, berbusa, berat, atau menggumpal.
  • Bau yang Tidak Sedap: Keputihan yang tidak normal sering kali beserta dengan bau yang tidak sedap, seperti bau ikan atau bau yang lebih kuat dari biasanya.
  • Gatal atau Sensasi Terbakar: Keputihan yang tidak normal dapat menyebabkan gatal-gatal atau sensasi terbakar pada area vagina.
  • Nyeri atau Ketidaknyamanan: Beberapa wanita mungkin mengalami nyeri atau ketidaknyamanan pada area vagina atau selama hubungan seksual.

Bila kondisi ini sering terabaikan, akan bisa membuat area vagina jadi tidak nyaman akibat terlalu lembab dan sering basah.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam

Jika mengalami Keputihan Abnormal dan ingin mengetahui apa penyebabnya, anda bisa tanyakan dengan dokter spesialis kelamin.

Maka carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin dan penyakit menular seksual dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Baca Juga : Jangan Cemas, Lakukan Pengobatan Pada Keputihan – Klinik Sentosa

Klinik untuk penyakit kelamin kami memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional dengan pelayanan ramah dan memuaskan untuk pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera di atas.

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta, memiliki dokter spesialis dan juga tenaga ahli profesinal serta didukung oleh fasilitas medis yang lengkap, canggih dan modern.

Bila Anda mempunyai masalah seputar kelamin atau penyakit menular seksual lainnya, segera konsultasikan dengan tenaga medis profesional kami secara online gratis 24jam untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

 

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta