Komplikasi Gonore pada Pria Ini Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Ancam Kesuburan Lho!

komplikasi gonore 1

Klinik Utama Sentrosa, Jakarta – Tahukah Anda kalau komplikasi gonore bisa sangat berbahaya dan bahkan bisa mengancam kesuburan pria?

Ya, gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS), yang bisa menyerang siapa saja dan seringkali terbaikan.

Padahal, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, gonore dapat menyebabkan komplikasi serius yang bisa mengancam kesehatan, termasuk kesuburan pria.

Ingin tahu apa saja komplikasi yang bisa terjadi dan tidak boleh di abaikan? Mari kita simak beberapa komplikasi yang terjadi berikut ini.

Penyebab dan Gejala Gonore pada Pria

Gonore atau kencing nanah, merupakan salah satu penyakit menular seksual yang cukup umum dialami oleh pria.

Kondisi ini bisa di sebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang dapat menular melalui hubungan seksual yang berisiko.

Pada tahap awal, gonore mungkin tidak menimbulkan gejala yang jelas atau gejalanya sangat ringan sehingga seringkali di abaikan.

Namun, ada beberapa gejala gonore pada pria yang bisa terjadi, antara lain:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Keluar nanah atau cairan abnormal dari penis
  • Nyeri pada testis atau bengkak pada skrotum
  • Demam ringan

Jika mengalami salah satu atau beberapa gejala gonore pada pria tersebut, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk cegah komplikasi lebih lanjut.

Komplikasi Gonore pada Kesehatan Reproduksi Pria

Gonore dapat menginfeksi saluran reproduksi pria, termasuk uretra, epididimis, dan testis. Infeksi pada bagian-bagian ini dapat menyebabkan:

1. Epididimitis

Kondisi ini terjadi ketika infeksi bakteri telah menyebar ke epididimis, yaitu tabung yang terletak di belakang testis dan bisa menyebabkan peradangan.

Epididimitis dapat ditandai dengan berbagai ketidaknyamanan, termasuk nyeri pada skrotum, demam, dan pembengkakan.

2. Orkitis

Orkitis merupakan salah satu komplikasi gonore pada pria lainnya. Kondisi ini ditandai dengan peradangan pada testis, yang disertai rasa nyeri atau pembengkakan.

Jika tidak ditangani, orkitis dapat menyebabkan kerusakan permanen pada testis, dan mengurangi produksi sperma.

3. Infertilitas

Kerusakan pada saluran reproduksi akibat gonore, dapat menenyebabkan penyumbatan saluran sperma atau mengurangi jumlah dan kualitas sperma.

Hal ini dapat meningkatkan risiko infertilitas atau kesulitan untuk membuat pasangan hamil, atau mengandung.

Itulah beberapa komplikasi yang bisa terjadi pada pria, dan perlu segera ditangani dengan pengobatan yang tepat.

Jadi, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi atau bertanya lebih lanjut dengan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, guna mendapatkan saran yang tepat.

Jalani Pengobatan Gonore yang Tepat

Untuk mencegah berbagai komplikasi gonore yang bisa berbahaya, Anda perlu menjalani pengobatan yang tepat dan efektif.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat, sesuai dengan tingkat keparahan infeksi yang Anda alami.

Berikut adalah beberapa langkah pengobatan yang mungkin akan dokter lakukan, antara lain:

1. Pemeriksaan Fisik dan Wawancara Medis

Sebelum memberikan diagnosis dan pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksan fisik dan menanyakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gejala yang Anda alami.

2. Pemeriksaan Laboratorium

Untuk memastikan lebih lanjut, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan laboratorium, agar mengetahui dengan pasti apa penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi setiap pasien.

3. Pengobatan

Setelah mendapatkan diagnosis yang pasti, dokter mungkin akan memberikan antibiotik dengan dosis yang sesuai dengan tingkat keparahan dan kondisi masing-masing pasien.

Penting untuk tidak menghentikan pengobatan, meski gejala yang di rasakan sudah menghilang. Hal ini di lakukan untuk mencegah komplikasi gonore yang berbahaya.

Baca Juga: Berapa Lama Gonore Bisa Sembuh Total Setelah Pengobatan Medis? Simak Penjelasan Ahlinya Disini

komplikasi gonore 2

Cegah Komplikasi Gonore dengan Pengobatan yang Tepat di Klinik Utama Sentosa

Komplikasi gonore tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga bisa sebabkan infertilitas yang bisa sangat mempengaruhi penderitanya, baik fisik maupun psikologis.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak mengabaikannya dan segera berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Tidak perlu khawatir, Anda akan diawasi dan ditangani langsung oleh tim medis yang berpengalaman dan juga kompeten.

Selain itu, peralatan medis yang di gunakan juga telah berstandar tinggi, lengkap, dan modern, sehingga hasil pemeriksaan akan akurat.

Jadi, jangan ragu dan segera konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis kami yang berpengalaman.

Anda dapat berkonsultasi secara online melalui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia secara gratis.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Anda juga bisa menggunakan layanan ini melalui Whatsapp selama 24 jam, dan mendapatkan saran medis yang tepat.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Semakin cepat infeksi diobati, maka akan semakin minim risiko komplikasi berbahaya yang bisa terjadi.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta