Waspadai Komplikasi dari Herpes Simplex Virus

Wapadai Komplikasi dari Herpes Simplex Virus  

Komplikasi Herpes Simplex Virus dapat membahayakan tubuh dengan menyebabkan beberapa dampak yang tidak menyenangkan pada organ-organ yang telah terinfeksi.

Herpes genital termasuk dalam jenis penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual (IMS). Penyakit ini banyak ditemukan pada usia remaja sampai dewasa.

Penyakit ini juga memiliki tingkat penularan tertinggi di Indonesia. Memang diperlukan tes medis yang cukup cepat dan tepat dalam menangani semua jenis PMS atau IMS termasuk Herpes Simplex Virus.

Baca Juga : Penjelasan Mengenai Herpes Simplex Virus

Apa yang dimaksud Herpes Simplex Virus?

Herpes Simplex Virus (HSV) atau bisa juga disebut Herpes Virus Hominis (HVH) adalah virus yang dapat menyebabkan tubuh mengalami penyakit yang dinamakan herpes.

Gejala awal yang khas tentang penyakit ini adalah timbulnya ruam atau luka pada jaringan kulit. Jika tidak segera ditangani oleh dokter ahli, maka penyakit ini akan menyebar pada kulit bagian tubuh lainnya dan memperparah keadaan pasien.

Jenis Herpes Simplex Virus

Ditemukan ada lebih dari 100 jenis virus herpes didunia. Namun hanya ada beberapa jenis virus yang dapat menginfeksi manusia. Beberapa diantaranya adalah:

Herpes Simplex Virus (HSV) yang bisa dibagi mejadi 2 jenis lainnya. Yaitu tipe 1 dan tipe 2.

  • HSV tipe 1 bisa menyebabkan infeksi pada bagian tubuh sekitar mulut.
  • Dan jenis lainnya yaitu HSV tipe 2, yang dapat menyebabkan infeksi pada daerah kelamin. Atau biasanya disebut herpes kelamin.

Penyakit ini ditandai dengan gejala kulit kering, adanya luka bakar sampai melepuh juga berair.

Komplikasi Herpes Simplex Virus

Baik tipe 1 ataupun tipe 2, Herpes Simplex Virus dapat menyebabkan ada rasa ketidaknyamanan untuk para penderitanya. Berikut bahasan lengkap tentang komplikasi yang disebabkan oleh HSV ini:

  • Komplikasi Herpes Oral (HSV Tipe 1)

Luka lepuhan yang diakibatkan oleh penyakit herpes bisa saja hilang, namun tidak menutup kemungkinan akan muncul kembali.

Adanya komplikasi yang disebabkan oleh herpes oral sangat jarang terjadi. Tetapi ensefalitis adalah komplikasi yang umum menyerang penderita herpes oral. Yaitu adanya infeksi yang menyebar ke otak dan dapat menyebabkan peradangan pada otak.

Dan ketika HSV tipe 1 menyebar ke area mata. Akan terjadi pembengkakan atau bahkan peradangan pada daerah sekitar kelopak mata.

Bagi penderita yang mengalami komplikasi diarea mata. Segeralah atasi agar tidak menyebar sampai bagian kornea.

Pada umumnya, penyakit herpes ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli. Namun bila tidak segera ditangani, dapat menimbulkan beberapa komplikasi.
Jika terjadi adanya komplikasi yang disebabkan oleh herpes, segera konsultasi dengan dokter ahli.
  • Komplikasi Herpes Kelamin (HSV Tipe 2)

Meskipun terbilang jarang, masih banyak keluhan komplikasi yang disebabkan HSV tipe 2 ini. Peradangan disekitar kemaluan menjadi keluhan umum.

Karena menyebabkan penderita merasakan adanya ketidaknyamanan seperti merasakan nyeri dan sakit sekitar daerah kandung kemih dan anus.

Komplikasi lainnya adalah penyakit meningitis. Yaitu adanya peradangan pada selaput yang mengellingi otak dan sumsum tulang belakang.

Pengobatan Medis

Pada umumnya, penyakit herpes ini bisa disebuhkan bila pasien segera ditangani oleh dokter ahli. Namun bila tidak segera ditangani, dapat menimbulkan beberapa komplikasi.

Baca Juga : Kenali Jenis Herpes Pada Kulit

Segera lakukan pemeriksaan jika anda mengalami gejala yang disebutkan diatas. Infeksi pada bayi dan daya tahan tubuh melemah dapatmembuat virus herpes berkembang dan menyebar lebih cepat.

Klinik Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kulit dan kelamin yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staf medis yang handal dalam bidangnya.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta