Luka Sifilis Chancre pada Mulut dan Tenggorokan

Luka Sifilis Chancre 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Salah satu manifestasi klinis dari penyakit ini adalah luka sifilis chancre yang dapat muncul di area kelamin, serta tidak terkecuali mulut dan tenggorokan.  Sifilis menjadi PMS yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum.

Baca Juga: Ketahui Bakteri Treponema Pallidum Penyebab Sifilis

Bakteri tersebut memasuki tubuh melalui luka kecil pada kulit atau selaput lendir. Kemunculan chancre ini selalu tidak bisa di sadari oleh sebagian besar penderitanya. Hal ini terkait dengan kemunculan gejalanya yang bisa tersembunyi dan tidak menyebabkan rasa sakit.

Luka Sifilis Chancre Mulut Tenggorokan

Kemunculan luka sifilis chancre pada mulut dan tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada individu dan tingkat infeksi. Gejalanya juga berbeda dengan luka di area lain. Namun, berikut adalah beberapa gejala umum yang sering terkait dengan luka sifilis chancre pada area ini:

1. Luka Sifilis chancre yang tidak nyeri

Pada mulut dan tenggorokan luka sifilis sama saja tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Luka ini seringkali terasa seperti benjolan atau bercak yang tidak terasa saat di sentuh.

2. Lesi berbentuk oval atau bulat

Luka pada mulut dan tenggorokan biasanya memiliki bentuk oval atau bulat yang terlihat sebagai luka terbuka dengan tepi yang terangkat. Lesi ini seringkali memiliki dasar yang bersih dan halus.

3. Lokasi di area mulut dan tenggorokan

Kemunculan luka pada area ini dapat di temukan pada bibir, lidah, gusi, tenggorokan, atau bagian dalam pipi. Mereka mungkin juga terletak di dekat atau di belakang amandel.

4. Pembesaran kelenjar getah bening

Beberapa individu dengan luka sifilis chancre pada mulut dan tenggorokan dapat mengalami pembesaran kelenjar getah bening di sekitar area yang terinfeksi. Kelenjar getah bening ini mungkin terasa kemerahan atau sebagai benjolan yang teraba.

Jika Anda mencurigai adanya luka atau gejala yang mencurigakan. Sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan guna evaluasi dan diagnosis yang tepat.

Luka Sifilis Chancre 2Cara Diagnosis Luka Sifilis

Untuk mendiagnosis luka sifilis chancre pada mulut dan tenggorokan, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan sejarah medis pasien. Tes darah akan di lakukan untuk mendeteksi keberadaan antibodi terhadap bakteri sifilis tersebut.

Opsi lainnya bisa dengan tes langsung pengambilan sampel cairan dari luka tersebut. Tidak mudah memang mengidentifikasi luka sifilis yang muncul di area mulut atau tenggorokan. Karena perlu di ingat bahwa munculnya luka sifilis pada mulut atau tenggorokan merupakan gejala awal penyakit tersebut.

Selain pengobatan, penting juga untuk menghindari kontak seksual selama periode pengobatan dan mengikuti petunjuk dokter tentang berhubungan seksual yang aman untuk mencegah penyebaran infeksi.

Anjurkan juga pasangan Anda untuk melakukan pemeriksaan atau pengujian sifilis guna pencegahan transmisi bakteri penyebab penyakit tersebut.

Jika tidak di obati, infeksi ini dapat berkembang menjadi tahap berikutnya yang lebih serius dan dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, pengobatan dini sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih parah.

Baca Juga: Peringatan! Kasus Infeksi Sifilis Meningkat

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta