Ketahui Bakteri Treponema Pallidum Penyebab Sifilis

Ketahui Bakteri Treponema Pallidum Penyebab Sifilis

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Apakah bakteri treponema pallidum merupakan penyebab dari penyakit sifilis (raja singa)?

Baca Juga : Tangani Penyakit Sifilis Jangan Sampai Salah Pengobatan

Lalu bagaimana penularan dari penyakit ini? Apakah berbahaya atau tidak bila terinfeksi. Simak penjelasan berikut untuk kejelasannya.

Salah satu dari jenis infeksi menular seksual yang penularannya juga sama seperti IMS lainnya yaitu adanya hubungan intim tanpa pengaman. Untuk pernyataan lebih lanjut, simak pada artikel ini!

Benarkah Bakteri Treponema Pallidum Penyebab Sifilis?

Memang benar penyakit sifilis (raja singa) di picu oleh bakteri yang memiliki nama Treponema pallidum. Selain itu ini merupakan penyakit yang bisa menyerang pada organ reproduksi pada pria dan wanita.

Bila seseorang melakukan hubungan intim dengan sang penderita. Sudah di pastikan akan terinfeksi bakteri ini dan akan menyebar ke area yang lembab seperti genital, dubur hingga leher rahim.

Masalah ini akan memiliki tanda seperti timbul luka yang tidak terasa nyeri dan tidak di sadari oleh penderita. Luka ini akan muncul di area yang lembab dan basah contohnya area kelamin, rektal, hingga mulut.

Apabila tidak mendapatkan pengobatan sesegera mungkin, makan akan menimbulkan komplikasi yang serius pada organ tubuh. Tak hanya merusak organ tubuh, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Meski tidak menimbulkan gejala, penderita tetap bisa menyebarkan infeksinya hanya dengan kontakan fisik pada lukanya.

Faktor risiko sifilis (raja singa)

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena infeksi sifilis. Berikut adalah beberapa faktor risiko yang perlu diperhatikan:

1. Aktivitas seksual tanpa pengaman

Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, termasuk hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa kondom, meningkatkan risiko penularan sifilis.

2. Pasangan seksual yang terinfeksi

Jika Anda memiliki hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi sifilis, risiko penularan menjadi lebih tinggi.

3. Perilaku seksual berisiko tinggi

Berhubungan seks dengan banyak pasangan atau berpartisipasi dalam perilaku seksual berisiko tinggi.

Seperti hubungan seksual dengan pekerja seks komersial atau pengguna narkoba suntik, meningkatkan risiko terinfeksi sifilis.

4. Riwayat infeksi menular seksual

Jika Anda pernah terinfeksi infeksi menular seksual sebelumnya. Seperti gonore atau klamidia, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena sifilis.

5. Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan

Konsumsi alkohol berlebihan dan penyalahgunaan obat-obatan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dan mengarah pada perilaku seksual. Ini sangat berisiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena sifilis.

6. Homoseksualitas

Pria yang berhubungan seks dengan pria (homoseksual) memiliki risiko lebih tinggi terkena sifilis dibandingkan dengan populasi umum.

Ini karena hubungan seksual antara pria dapat memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap infeksi menular seksual.

7. Wanita hamil

Sifilis dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada janin selama kehamilan atau saat melahirkan. Ini dapat menyebabkan komplikasi serius pada bayi yang belum lahir atau yang baru lahir.

Memang benar penyakit sifilis (raja singa) di picu oleh bakteri yang memiliki nama Treponema pallidum. Selain itu ini merupakan penyakit yang bisa menyerang pada organ reproduksi pada pria dan wanita.

Bila seseorang melakukan hubungan intim dengan sang penderita. Sudah di pastikan akan terinfeksi bakteri ini dan akan menyebar ke area yang lembab seperti genital, dubur hingga leher rahim.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Sifilis (Raja Singa) Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Hati-Hati Inilah Faktor Risiko dari Penyakit Sifilis

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta