Mari Kenali 2 Jenis Penyakit Epididimitis Pada Pria

Mari Kenali 2 Jenis Penyakit Epididimitis Pada Pria

Ada 2 jenis penyakit epididimitis yang kerap mengganggu kenyamanan pada pria. Masih banyak pria dewasa yang belum mengetahui tentang penyakit ini.

Kondisi ini bisa menyerang pria dari segala macam usia. Umumnya epididimitis menyerang pria berusia produktif, sekitar pria yang berusia 19-35 tahun.

Baca Juga : Penjelasan Mengenai Penyakit Epididimitis

Pengertian Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada penis dan testis yang disebabkan infeksi bakteri. Terlebih lagi bagi pria yang sering melakukan hubungan seksual.

Pada pria yang terinfeksi karena ditularkan oleh pasangan, disarankan untuk berkonsultasi bersama pasangan pada dokter terpercaya.

Jenis Epididimitis

Ada 2 jenis penyakit epididimitis yang harus diwaspadai

  1. Epididimitis Akut
  2. Epididimitis Kronis

Epididimitis Akut adalah jenis yang satu ini adalah peradangan pada saluran sperma yang terjadi dan berkembang dengan sangat cepat. Biasanya jenis yang satu ini dapat disembuhkan dengan cepat pula. Sekitar kurang dari 6 minggu.

Sedangkan, Epididimitis Kronis ialah jenis peradangan dengan perlahan dari segi penyebaran dan pertumbuhannya. Dengan gejala nyeri dan akan berlangsung lebih lama lebih dari 6 minggu.

Penyebab Epididimitis

Epididimitis bisa disebabkan oleh infeksi ataupun dari faktor lainnya. Berikut adalah penjelelasan penyebab penyakit epididimitis.

Faktor penyebab epididimistis oleh infeksi:

  • Infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore dan chlamydia
  • Infeksi yang disebabkan oleh virus adenovirus, enterovirus dan influenza
  • Infeksi yang bakteri e.coli
  • Tuberkulosis (TBC)
  • Penderita dengan riwayat gondongan

Faktor penyebab epididimistis oleh non-infeksi:

  • Prostat yang membesar
  • Memiliki cedera di area selangkangan akibat meregangkan otot secara berlebihan atau mengangkat beban berat
  • Menggunakan karteter urine dalam waktu lama
  • Pengaruh efeksamping obat-obatan
  • Komplikasi sehabis operasi pada kelamin, contohnya vasektom
Penanganan penyakit epididimitis bertujuan untuk mengatasi infeksi lebih parah dan meredakan gejala yang dialami oleh penderita.
2 Jenis Epididimitis harus diketahui dengan benar agar dapat mengobati dengan tepat

Penanganan Epididimitis

Segera lakukan pemeriksaan jika mengalami berbagai keluhan pada penis seperti diatas. Terutama bila muncul rasa nyeri dan sakit kurang lebih sekitar 4 hari pada area kemaluan.

Penanganan penyakit epididimitis bertujuan untuk mengatasi infeksi lebih parah dan meredakan gejala yang dialami oleh penderita.

Dokter akan menanyakan gejala apa saja yang dirasakan pasien guna mendiagnosis penyakit dengan tepat. Bila dangat diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan lainnya.

Untuk konsultasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit epididimis pada pria, bisa segera dikonsultasikan ke Klinik Sentosa Jakarta. Juga ada layanan konsultasi online gratis bagi anda yang ingin berkonsultasi kapan saja.

Baca Juga : Jangan Biarkan Penyebab Penyakit Epididimitis

Klinik ini adalah klinik spesialis kelamin yang berada di Jakarta. Pasien yang datang akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staff medis yang handal dalam bidangnya. Selain itu juga biaya pengobatannya sangat terjangkau.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta