Memahami Vaginitis Wanita, Ada Perbedaan Infeksi!

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Vaginitis merupakan kondisi umum pada wanita yang melibatkan peradangan vagina. Penyebab umum vaginitis meliputi infeksi jamur, bakteri, dan parasit. Penting bagi wanita untuk memahami perbedaan di antara ketiganya, sehingga penentuan metode pengobatannya bisa sesuai.

Baca Juga: Obat Vaginitis Ampuh Tanpa Resep Dokter, Apa Benar?

Lebih lanjut, pembahasan kali ini akan terkait dengan perbedaan antara infeksi jamur, bakteri, dan parasit lain yang menyebabkan keluhan vaginitis wanita.

Penyakit Vaginitis Wanita

Vaginitis adalah istilah medis yang di gunakan untuk merujuk pada peradangan atau infeksi yang terjadi pada dinding dalam vagina. Kondisi ini dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi jamur, bakteri, parasit.

Tapi bisa juga di karenakan oleh faktor non-infeksi seperti iritasi kimia atau alergi. Hanya saja dalam konteks ini, vaginitis adalah masalah umum pada wanita yang lebih sering muncul akibat infeksi. Selain itu, gejalanya dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya.

Vaginitis Infeksi Jamur (Candidiasis)

Infeksi jamur atau candidiasis, umumnya di sebabkan oleh jamur Candida. Gejala umum meliputi gatal, keputihan berwarna putih seperti keju, dan ketidaknyamanan saat buang air kecil. Diagnosa vaginitis wanita akibat jamur biasanya di lakukan melalui pemeriksaan klinis dan tes laboratorium.

Pengobatan kondisi ini dapat melibatkan antijamur topikal atau oral. Pencegahannya juga melibatkan menjaga kebersihan area genital dan menghindari faktor risiko seperti antibiotik berlebihan.

Vaginitis Infeksi Bakteri (Bakterial Vaginosis)

Bakterial vaginosis atau BV di sebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri normal di vagina. Gejala vaginitis ini termasuk bau yang tidak sedap, keputihan berwarna abu-abu atau putih, dan rasa gatal di sekitar area kelamin wanita.

Diagnosis dapat di lakukan melalui pemeriksaan dokter dan tes laboratorium. Pengobatan biasanya melibatkan antibiotik resep sesuai dengan hasil pemeriksaan. Untuk pencegahan, wanita lebih di anjurkan untuk menjaga kebersihan dan menghindari sabun atau produk kimia yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri.

Vaginitis Infeksi Parasit (Trikomoniasis)

Jenis vaginitis trikomoniasis ini lebih sering di sebabkan oleh parasit protozoa Trichomonas vaginalis. Gejalanya termasuk keputihan berwarna hijau atau kuning, bau yang tidak sedap, dan rasa gatal atau terbakar. Untuk diagnosis kondisi ini bisa melibatkan pemeriksaan mikroskopis dan tes laboratorium.

Sedangkan pengobatannya, akan melibatkan antibiotik tertentu yang hampir sama dengan penanganan penyakit menular seksual (PMS). Lebih lanjut, praktik seks yang aman dan setia pada pasangan yang bebas dari infeksi adalah bagian dari langlah pencegahan infeksi vaginitis wanita ini.

Vaginitis Wanita 2Perbandingan dan Perbedaan

Dari setiap kondisi infeksi vaginitis wanita yang telah di jelaskan, ada berapa aspek yang perlu di garis bawahi yaitu tentang perbandingan dan perbedaannya antara lain mencakup:

1. Gejala

Infeksi jamur memiliki keputihan seperti keju, sementara bakterial vaginosis dan trikomoniasis menyebabkan bau yang tidak sedap.

2. Penyebab

Jamur Candida menyebabkan infeksi jamur, bakterial vaginosis melibatkan ketidakseimbangan bakteri, sementara trikomoniasis di sebabkan oleh parasit.

3. Pengobatan

Antijamur di gunakan untuk infeksi jamur, antibiotik untuk bakterial vaginosis, dan antibiotik khusus pada kasus vaginitis wanita jenis trikomoniasis.

Baca Juga: Cara Tahu Vaginitis Kronis dari Bakteri yang Terlibat!

Pengobatan Vaginitis Wanita di Klinik Kelamin Jakarta

Sebagai Klinik Kelamin terkemuka di Jakarta, dokter ahli berkompeten Klinik Utama Sentosa memahami perbedaan antara infeksi jamur, bakteri, dan parasit pada vaginitis wanita. Sehingga kunci untuk diagnosis dan pengobatan yang efektif bisa di dapatkan pasien secara lebih optimal.

Setiap wanita harus selalu mencari bantuan profesional medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi spesifik mereka. Dengan di tunjang dengan fasilitas medis berteknologi modern, Klinik kami memberikan pelayanan terpadu untuk prioritas kesembuhan terbaik dan hasil yang teruji. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Kami sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang di berikan. Kami berupaya memberikan layanan medis yang dapat di jangkau secara luas oleh setiap kalangan, sehingga biaya juga lebih bersifat terjangkau.

Jangan tunda keluhan sampai parah! Tanyakan pada dokter ahli kami melalui chat online atau WA. Klik link untuk terhubung dengan layanan konsultasi gratis 24 jam, sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta