Pemeriksaan Radang Testis di Dokter Andrologi

Pemeriksaan Radang Testis di Dokter Andrologi

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pemeriksaan radang testis memiliki tujuan agar dokter tidak salah mendiagnosa dalam menentukan pengobatan.

Baca Juga : Bahaya Komplikasi Orkitis pada Pria

Selain itu, penyakit orkitis bisa berkembang menjadi epididimitis, yakni peradangan di saluran sperma yang letaknya berada di belakang testis.

Cara Dokter Melakukan Pemeriksaan untuk Radang Testis

Pemeriksaan radang testis adalah suatu proses evaluasi medis untuk mengidentifikasi atau mengkonfirmasi adanya peradangan pada salah satu atau kedua testis.

Organ reproduksi pria yang berfungsi untuk menghasilkan sperma dan hormon testosteron.

Radang testis, atau orkitis, biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus, dan dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan pada skrotum (kantung yang menyelubungi testis).

Berikut adalah beberapa langkah pemeriksaan radang testis yang mungkin tenaga medis lakukan:

1. Anamnesis (Wawancara)

Dokter akan mengambil riwayat medis lengkap pasien, termasuk gejala yang di alami, riwayat kesehatan seksual, riwayat penyakit menular seksual (PMS), dan lain sebagainya.

2. Pemeriksaan fisik

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan pada skrotum, testis, dan daerah sekitarnya.

Untuk mencari tanda-tanda peradangan seperti nyeri, bengkak, kemerahan, atau kelainan pada bentuk dan konsistensi testis.

3. Pemeriksaan penunjang

Dokter mungkin akan merujuk pasien untuk menjalani tes penunjang seperti tes darah untuk mengidentifikasi adanya infeksi.

Dan juga tes pencitraan seperti ultrasonografi skrotum untuk melihat kondisi internal testis dengan lebih jelas.

4. Pemeriksaan tambahan

Jika mencurigai adanya infeksi, dokter mungkin akan mengambil sampel cairan dari testis atau skrotum. Untuk di periksa di laboratorium guna mengidentifikasi jenis mikroorganisme penyebab infeksi.

Kapan Waktu yang Tepat Mengunjungi Dokter Radang Testis

Jika Anda mengalami gejala yang mengarah ke radang testis seperti nyeri, bengkak, kemerahan pada skrotum, demam, sakit kepala, atau gejala lainnya yang menyertai. Maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Peradangan pada testis dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, dan jika tidak terobati, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti abses, infertilitas, atau kerusakan permanen pada jaringan testis.

Oleh karena itu, penting untuk segera mencari perawatan medis jika Anda mengalami gejala tersebut.

Penting untuk mengingatnya bahwa semakin cepat kondisi Anda terdiagnosis dan di obati, semakin besar peluang pemulihan dan mencegah komplikasi yang lebih serius.

Jangan ragu untuk mengunjungi dokter jika Anda mengalami gejala radang testis atau masalah kesehatan lainnya terkait organ reproduksi pria.

Pemeriksaan radang testis adalah suatu proses evaluasi medis yang dilakukan untuk mengidentifikasi atau mengkonfirmasi adanya peradangan pada salah satu atau kedua testis.

Organ reproduksi pria yang berfungsi untuk menghasilkan sperma dan hormon testosteron.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Orkitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Mengenal Penyakit Orkitis atau Radang Testis

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta