Mengenal Penyakit Orkitis atau Radang Testis

Mengenal Penyakit Orkitis atau Radang Testis

Adanya kemauan untuk mengenal penyakit orkitis atau radang testis dari dokter ahli, merupakan hal yang baik. Pengetahuan tentang penyakit dapat membantu kita mencegah terjadinya penyakit.

Dengan menghindari faktor risiko atau melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Dapat membuat kita memahami lebih baik tentang kesehatan dan sistem kesehatan.

Baca Juga : Penyebab Orkitis yang Dapat Timbul

Mengenal Penyakit Orkitis

Radang testis atau orkitis adalah kondisi medis dimana testis mengalami peradangan. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi virus atau bakteri.

Beberapa virus yang dapat menyebabkan orkitis. Meliputi virus penyebab gondongan, virus campak, dan virus rubella. Sedangkan bakteri yang dapat menyebabkan orchitis antara lain Neisseria gonorrhoeae, Chlamydia trachomatis, dan Escherichia coli.

Gangguan orkitis yang disebabkan oleh bakteri atau jamur biasanya terjadi sebagai akibat dari infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual.

Gejalala Orkitis

Gejala yang biasanya muncul pada penderita orkitis, meliputi:

  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada salah satu atau kedua testis
  • Pembengkakan pada salah satu atau kedua testis
  • Demam
  • Mual atau muntah
  • Sakit kepala

Pada beberapa kasus, gejala orkitis juga dapat disertai dengan gejala infeksi saluran kemih. Seperti sering buang air kecil, rasa sakit saat buang air kecil, dan urine berbau menyengat.

Pencegahan Orkitis

Beberapa cara untuk mencegah penyakit orkitis antara lain:

  • Vaksinasi
  • Hindari paparan virus dan bakteri
  • Menjaga kebersihan dengan mandi, mencuci tangan sebelum makan, dan membersihkan lingkungan sekitar.
  • Hindari cidera pada area testis
  • Jaga sistem kekebalan tubuh dengan menjaga pola makan sehat, tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres yang berlebihan.
Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit pada testis yang terinfeksi.
Baik untuk mengenal penyakit orkitis atau radang panggul yang dialami oleh pria.

Mengobati Orkitis

Untuk mengobati orkitis, dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik jika penyebabnya adalah infeksi bakteri. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit pada testis yang terinfeksi.

Jika orkitis disebabkan oleh virus, maka pengobatannya biasanya adalah pemberian obat pereda nyeri dan istirahat yang cukup.

Baca Juga : Ini Dia Langkah Mengobati Orkitis (Radang Testis)

Bagi Anda yang mengalami gejala orkitis, segera berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Pengobatan biasanya melibatkan antibiotik atau antijamur, tergantung pada penyebab orkitis.

Kalau tidak segera mendapat penanganan, orkitis dapat menyebabkan infertilitas atau kerusakan permanen pada testis. Oleh sebab itu, Anda dapat pergi ke Klinik Utama Sentosa yang memiliki dokter spesialis penyakit kelamin.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta