Pencegahan dan Obat Infeksi Saluran Kencing

Informasi pencegahan dan pengobatan infeksi saluran kemih

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi saluran kencing atau ISK adalah infeksi umum yang lebih sering menyerang orang dengan uretra pendek.

ISK dapat di obati dengan cepat dan efektif dengan pengobatan antibiotik. Namun, tidak semua ISK dapat di obati dengan cepat dan beberapa ISK bahkan tidak teridentifikasi, terutama pada orang yang memiliki sensasi terbatas.

Fakta Umum Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing yang tidak di obati dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan lebih banyak penyakit. Hal ini juga dapat menyebabkan sepsis. 

Seperti stroke atau serangan jantung, sepsis adalah keadaan darurat medis yang memerlukan diagnosis dan obat untuk infeksi kelamin saluran kencing yang cepat.

ISK tidak terlalu parah, namun jika sepsis mulai mengambil alih dan berkembang menjadi sepsis berat dan kemudian syok septik, inilah yang bisa terjadi. ISK menyebabkan lebih dari setengah kasus urosepsis di antara orang dewasa.

Sepsis dan syok septik dapat terjadi akibat infeksi di bagian tubuh mana pun, seperti pneumonia, influenza atau infeksi saluran kencing.

Pada kebanyakan orang yang mengalami sepsis maka akan mengalami beberapa gangguan pada dirinya, seperti gangguan stress pascatrauma (PTSD), nyeri kronis dan kelelahan, disfungsi organ (organ tidak berfungsi dengan baik) atau amputasi.

Ketahui Penyebab ISK Secara Umum

Infeksi saluran kencing merupakan infeksi pada saluran yang berjalan dari ginjal melalui ureter, kandung kemih dan keluar melalui uretra.

ISK sangat umum mudah untuk di obati. ISK bagian bawah adalah jenis yang lebih umum yang dapat mempengaruhi bagian bawah saluran kemih, uretra dan kandung kemih. Infeksi uretra disebut urethritis dan kandung kemih disebut sistitis.

Jika ginjal terinfeksi disebut pielonefritis, ini adalah ISK bagian atas, karena ginjal adalah bagian tertinggi dari saluran kemih.

ISK dapat disebabkan oleh bakteri (jenis infeksi yang paling umum) atau jamur. Tubuh seseorang tidak sulit terkena ISK bakteri, karena infeksinya berasal dari luar, melalui saluran kencing.

Bakteri di area genital dapat masuk ke uretra dan saluran kemih, baik karena menyeka setelah kencing, aktifitas seksual atau kondisi yang tidak bersih. Setelah bakteri memasuki uretra, tubuh mencoba melawannya, tetapi terkadang bakteri berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Dalam kasus infeksi jamur, biasanya jamur masuk ke saluran kemih melalui aliran darah. Mereka yang mengembangkan jenis infeksi ini biasanya sakit dengan penyakit yang dapat mengganggu sistem kekebalan seperti AIDS.

Secara umum, seseorang dengan uretra lebih pendek dapat terinfeksi lebih banyak ISK dan meningkat seiring bertambahnya usia.

Ilustrasi Pencegahan Penyakit Kelamin – Credit Image: sentosaklinik.com

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Pada tahap awal ISK bagian bawah kemungkinan akan merasakan:

  • Dorongan yang secara tiba-tiba dan ekstrim untuk berkemih (kencing).
  • Desakan yang sering untuk berkemih.
  • Terasa terbakar, iritasi atau nyeri saat berkemih.
  • Perasaan yang tidak enak di sekitar kandung kemih.
  • Perasaan tertekan di perut atau di punggung bagian bawah.
  • Urine kental atau urine keruh yang kemungkinan mengandung darah.

Saat infeksi ini berkembang kemungkinan akan mengalami:

  • Demam
  • Nyeri di panggul bawah, nyeri di bagian belakang area ginjal berada
  • Mual dan muntah
  • Kelelahan

Pada lansia kemungkinan tidak menunjukkan tanda-tanda ini dan gejala yang biasa ditimbulkan adalah perilaku pikun maupun tingkah yang secara tiba-tiba aneh. Hal tersebut bisa terdiagnosis infeksi saluran kencing.

Obat Untuk Infeksi Saluran Kencing

Jika mengetahui gejala awal dari infeksi saluran kencing maka cukup mudah untuk mengobati. Setelah memastikan bahwa memang memiliki infeksi (biasanya melalui pemeriksaan sampel urine sederhana) kemungkinan akan mendapatkan pengobatan antibiotik untuk melawan bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi.

Di samping itu, juga harus minum banyak air untuk membantu menghilangkan infeksi. Jika dokter mencurigai bahwa infeksi telah menyebar ke bagian yang lain maka memerlukan tes tambahan, termasuk tes darah, scan ginjal atau USG.

Sangat penting untuk melakukan pengobatan infeksi saluran kencing secara menyeluruh dan lengkap serta pemberian antibiotik. Bahkan jika gejala nya hilang, bakteri akan tetap ada untuk sementara waktu dan membutuhkan pengobatan antibiotik secara bertahap dan berlanjut.

Jika pengobatan infeksi saluran kencing tidak maksimal maka kemungkinan besar bakteri yang tertinggal akan tumbuh lagi dan menyebabkan infeksi lain dan menjadi kebal terhadap pengobatan antibiotik yang awalnya di gunakan.

Pencegahan Untuk Infeksi Saluran Kencing

Dalam banyak kasus dapat mencegah infeksi saluran kencing dengan mudah.

  • Jika telah buang air besar (BAB) maka harus menyeka dari area depan ke area belakang, untuk mengurangi kemungkinan tinja menyentuh pintu masuk uretra.
  • Setelah berhubungan seksual, selalu bersihkan area genital karena tindakan seks dapat mendorong bakteri ke dalam uretra.
  • Jika memiliki kateter atau tabung yang mengalirkan urine dari kandung kemih makamemasukkan kateter harus di lingkungan yang steril atau sebersih mungkin. Selain itu, area uretra harus di jaga kebersihannya, terutama dari feses. Kateter urine tidak boleh di masukkan lebih lama dari yang di perlukan.

Jika sering mengalami infeksi saluran kencing, ada beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk mengurangi jumlah infeksi yang terjadi, yaitu:

  • Minum banyak air setiap hari untuk membantu membilas saluran kencing.
  • Jangan menahan air seni. Kosongkan kandung kemih sesering mungkin dan realistis.
  • Usahakan menyeka dari area depan ke area belakang dan membersihkan dengan baik setelah berhubungan seksual.

Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta